Makeup

5 Kesalahan Paling Sering Terjadi Saat Pakai Foundasion

Foundasion jadi makeup yang menentukan hasil akhir, ini digunakan sebagai dasar sebelum aplikasi makeup lainnya. Namun tidak semua orang bisa menggunakan dengan baik, sehingga hasilnya tidak sesuai keinginan. Riasan sempurna, memang bisa dihasilkan dengan bantuan foundation, namun harus ketahui dahulu, jenis dan penggunaannya.

Hasil aplikasi makeup terbaik, memang tidak perlu menggunakan terlalu banyak produk. Apalagi jika sudah  ditambahkan banyak kosmetik, maka kulit tidak akan bernapas dengan baik. Akibatnya, muncul masalah wajah menyebalkan seperti jerawat. Bukan itu saja, makeup juga jadi aneh dan terlihat tidak natural, ini tentu membuat rasa percaya diri menurun bukan.

Maka dari itu, pahami terlebih dahulu penggunaan foundasion, sebelum membeli, memakai dan menggunakan bersama makeup lainnya. Banyak pengguna pemula salah pilih foundation, hasilnya makeup terkesan dipaksakan dan aneh, coba ikuti panduan mudah di bawah ini agar mendapatkan riasan sesuai keinginan.

5 Kesalahan Penggunaan Foundasion Tanpa Disadari

cara pakai foundasion

Sumber : beautyheaven.com.au

  1. Tidak Menggunakan Primer

    Ternyata bukan foundation yang menjadi dasar utama makeup, melainkan primer. Ini akan mempersiapkan wajah dan bisa membuat foundasion menempel sempurna. Apalagi jika kulit wajah dalam kondisi tidak sehat, muncul jerawat, komedo membandel hingga tidak rata, maka tidak bisa mengaplikasikan foundation dengan maksimal.

    Pastikan menggunakan primer terlebih dahulu, apalagi untuk mengatasi pori-pori membesar. Ini akan mengurangi dampak buruk, bahkan cocok untuk cover ringan. Banyak wanita kantoran lebih memilih menggunakan primer untuk riasan sehari-hari. Teksturnya lebih ringan, tidak menutup pori secara keseluruhan dan bisa dibersihkan dengan air saja.

  2. Gunakan Aplikator

    Banyak merk foundation tidak memberikan aplikator dalam penggunaan, sehingga langsung akan menggunakan tangan. Padahal ini salah besar, jangan menggunakan hari tangan dalam penggunaan secara langsung. Ini akan menimbulkan efek jangka panjang yang kurang bagus, pertama karena jari menjadi kotor dan produk tidak lagi higienis.

    Ada baiknya menggunakan sponge, ini memberikan hasil yang lebih baik, merata dan tidak menggunakan produk terlalu banyak. Selain itu, sponge juga bisa membuat aplikasi menjadi lebih cepat. Bisa juga menggunakan brush, namun pastikan tidak digunakan untuk makeup lainnya. Hanya gunakan untuk foundasion saja, jika tidak hasilnya tidak sesuai keinginan.

  3. Penggunaan Terlalu Tebal

    Dalam penggunaan makeup, jangan terlalu bernapsu sehingga mengambil terlalu banyak. Ini akan memberikan efek terlalu tebal, alih-alih hasilnya bagus. Ini akan memperlihatkan makeup seperti dempulan, sehingga tida akan terlihat natural. Namun ada cara untuk mensiasatinya, coba gunakan concealer.

    pemilihan foundasion

    Sumber : glamlipstick.com

    Ini akan memberikan layer, sehingga foundasion yang digunakan tidak terlihat sangat tebal. Selain itu, bagus untuk kulit. Pasalnya akan lebih sehat dengan pori-pori tidak tertutupi, ini akan mengurangi jerawat yang muncul secara bersamaan nantinya. Coba untuk menghindari pori-pori besar dalam penggunaan makeup, sehingga tidak akan mengganggu produksi minyak.

  4. Fondasion Tidak Merata

    Sudah jelas, setelah penggunaan foundation akan ada produk lainnya. Namun bencana jika semua produk tidak membaur dengan sempurna, hasilnya makeup terlihat aneh dan membuat penggunanya malu sendiri. Ada baiknya dalam aplikasi foundation, sebaiknya memperhatikan bagian area leher dan rahang, ini sering terlewatkan karena tertutupi wajah.

    Baca juga : 5 Rekomendasi Lipstik Warna Nude Brand Lokal Terbaik

    Namun foundation sering menumpuk di bagian tersebut, sehingga akan menimbulkan belang. Pastikan leher, wajah dan rahang bisa terlihat sama, minimal dalam satu gradasi serupa. Sehingga makeup tidak terlihat sangat menonjol di bagian wajah, pastikan juga memilih dengan shade warna yang tepat. Jangan memaksakan menggunakan warna terang, karena bisa terlihat sangat putih.

  5. Pilih Formula Tepat

    Banyak wanita memilih kosmetik, makeup dan skin care karena sedang booming atau banyak digunakan beauty vlogger. Lihat lagi, apa jenis kulit yang Anda miliki. Ini akan memudahkan dalam memilih produk, karena kulit berminyak berbeda dengan kulit kering. Ada baiknya memilih formula yang tepat, jika bisa konsultasi pada dokter kecantikan terlebih dahulu.

    Rekomendasi saja, untuk kulit berminyak sebaiknya memilih foundasion dengan kandungan oil yang minimal, bahkan jika bisa tanpa kandungan oil. Sedangkan untuk kulit kering, hindari dengan formulasi oksidasi, ini akan membuat wajah terlihat lebih gelap dan foundation akan mengalami perubahan warna, pastikan memilih yang tepat.

Ternyata kebodohan kecil dengan salah pilih foundasion sangat fatal bukan, pastikan mengikuti tahapan makeup yang benar. Ini akan membuat wajah terlihat menonjol, namun tetap natural. Tidak ada wanita yang ingin terlihat cantik hanya bantuan makeup bukan, pastikan percaya diri dan menonjolkan inner beauty yang ada dalam diri setiap wanita.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Produk Skin Dewi Khusus Untuk Kulit Berjerawat

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply