Body & Skin Care

5 Makanan Penyebab Datangnya Jerawat Membandel

Jerawat jadi hal menyebalkan dan sayangnya akan selalu muncul setiap bulannya, banyak wanita melakukan langkah pencegahan agar jerawat membandel tidak lagi muncul. Pasalnya akan sangat sulit menghilangkan, apalagi soal flek hitam sisa jerawat. Tahukah Anda jika jerawat bisa datang karena makanan?.

Hal ini ternyata luput dari perhatian, pasalnya Anda hanya akan menghindari makanan yang mitosnya jadi penyebab jerawat seperti kacang. Padahal tidak semua jerawat muncul karena konsumsi kacang, kecuali dalam jumlah berlebih. Inilah yang perlu dirubah, dimana perawatan wajah jadi yang utama. coba pilih acne spot treatment, ini khusus untuk kulit yang mudah berjerawat.

Namun jika sudah melakukan perawatan jika bisa menjaga konsumsi makanan dengan benar, maka jerawat membandel akan kembali lagi. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk menghindari bahkan jangan lagi konsumsi makanan yang memicu timbul jerawat, ternyata ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari.

5 Jenis Makanan Memicu Jerawat Membandel

makanan penyebab jerawat membandel

Sumber : thirzaskin.com

  1. Junk Food

    Semua orang suka dengan makan cepat saji, apalagi di konsumsi saat panas dan sedang dalam kondisi lapar, bisa jadi dua porsi akan Anda habiskan sendiri. Tapi sadarkan Anda, selain bisa membuat tubuh obesitas, ternyata junk food turut andil dalam munculnya jerawat di wajah, kenapa bisa demikian? Karena terdapat banyak kandungan lemak.

    Menurut studi dari Journal of Academy of Nutrition and Dietetics pada 2014 lalu, dimana untuk mengurangi jerawat, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak berlebih. Apalagi dengan lemak jenuh, ini merupakan faktor utama pertumbuhan jerawat membandel, apalagi mendekati masa menstruasi  dimana terjadi perubahan produksi hormon secara berlebih.

  2. Makanan Pedas

    Pencinta sambal harus mulai hati-hati, karena ternyata makanan pedas dapat turut andil adanya jerawat di wajah. Kenapa bisa? Padahal cabai yang digunakan mengandung banyak vitamin C, ini sangat baik untuk kulit bukan. Namun ini terjadi pada makanan pedas bukan sambal, karena dapat menyebabkan peradangan.

    Baca juga : 3 Mitos Kecantikan Yang Harus Mulai Dilupakan

    Hal ini terjadi karena saat makan masakan pedas terjadi perubahan suhu dalam tubuh, sehingga memicu produksi keringat berlebih. Saat banjir keringat inilah jerawat membandel bisa muncul, pasalnya keringat akan menutupi pori-pori dan membuat kotoran terperangkap. Selain itu bakteri juga bisa menyebabkan jerawat, ini semua disebabkan keringat berlebih.

  3. Makanan Manis

    Suka camilan manis, ini bukan saja bikin gendut namun bisa menyebabkan jerawat membandel datang menjadi mimpi buruk. Bagaimana tidak, kandungan gula memang jadi sumber energi namun saat tidak digunakan akan merusak kesehatan kulit, terutama wajah.

    makan manis penyebab jerawat membandel

    Sumber : pegipegi.com

    Hal ini karena gula akan membuat elastisitas kulit menurun, disebabkan terjadinya penurunan produksi kolagen dalam kulit. Gula juga memiliki tingkatan inflamasi yang cukup tinggi, sehingga bisa memicu jerawat. Contoh paling mudah adalah konsumsi minuman soda, dimana tinggi kandungan gula yang cepat diserap tubuh. Akibatnya terjadi lonjakan produksi insulin, sehingga bisa merangsang produksi sebum di wajah.

  4. Refined Grain

    Ini merupakan biji-bijian dengan pengolahan di giling. Seperti beras, tepung terigu dan biji-bijian lainnya yang harus melakukan proses penggilingan sebelum di konsumsi. Ini dapat memicu jerawat membandel setelah mengalami pengolahan, seperti setelah jadi roti, kue hingga biskuit. Padahal ini merupakan camilan enak yang di konsumsi pagi dan sore hari.

    Ternyata refined grain memiliki kandungan endosperm yang tinggi, dimana bisa memberikan kalori dan karbohidrat tinggi, namun sangat sedikit protein. Akibatnya membuat kadar gula cepat meningkat dan memicu munculnya jerawat. Selain itu, dapat juga merangsang produksi sebum berlebih, ini sangat tidak baik untuk pemilik kulit berminyak.

  5. Makanan Produk Susu

    Banyak wanita mulai menghindari produk olahan susu, pasalnya sudah jelas akan menyebabkan jerawat membandel. Namun bagaimana jika tubuh membutuhkan kandungan susu, misalkan untuk pertumbuhan. Ini masih aman jika di konsumsi dalam jumlah cukup, namun konsumsi susu berlebihan akan meningkatkan produksi insulin yang menyebabkan produksi minyak berlebih.

    Susu juga mengandung hormon dengan kadar pertumbuhan cukup tinggi, bahkan setelah masuk dalam produk pasteurisasi. Hormon pertumbuhan memang bagus untuk anak-anak, namun ini akan memicu produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, membuat penumpukan sel kulit mati hingga nantinya timbul komedo hingga jerawat membandel.

Bukan berarti mulai sekarang harus menghindari semua jenis makanan di atas agar tidak mendapati adanya jerawat membandel, namun Anda harus pasti konsumsi makanan tersebut cukup dan tidak berlebihan. Ini semua akan memberikan keseimbangan dalam tubuh, namun tenang saja muncul satu jerawat setiap bulan itu normal asalkan tidak menyebar sesudahnya.

Baca Juga:  5 Pilihan Serum untuk Mengatasi Bekas Jerawat yang Membandel

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply