Body & Skin Care

5 Masker Alami Efektif Merawat Semua Jenis Wajah

Perawatan wajah dengan skin care memang perlu, karena kulit butuh makan. Namun kini banyak wanita lebih suka menggunakan bahan alami, memang hasilnya akan terlihat lebih lama tapi bisa memberikan hasil lebih bagus. Kini sudah ada banyak masker alami yang bisa dibuat sendiri atau di jual dalam kemasan ekonomis.

Masker ini memang di sukai banyak wanita, pasalnya terbuat dari bahan dapur dengan masa penggunaan cukup cepat. Sehingga tidak ada bahan pengawet sama sekali, bahkan beberapa wanita sengaja membuat ramuan masker sendiri, sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Bisa menggunakan buah-buahan atau sayur, ini sangat murah meriah dan jadi me time bermanfaat.

Mau coba perawatan wajah dengan masker alami, tenang tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, cukup lihat saja apa bahan yang tersedia di dapur dan bisa langsung membuat masker sendiri. Ini akan jadi waktu relaksasi di sore hari setelah seharian beraktivitas, bahkan membuat kulit wajah bisa bernapas dengan tenang.

5 Jenis Masker Alami Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

masker alami mentimun

Sumber : bp-guide.id

  1. Masker Mentimun

    Sudah tidak diragukan lagi, masker mentimun memberikan efek positif bagi kulit. Ini bahkan digunakan nenek moyang sejak dahulu kala, bermanfaat untuk membuat kulit lebih halus karena dalam menghidrasi secara maksimal. Maklum saja, mentimun memiliki kandungan air cukup banyak dan terasa sangat segar di kulit, ini akan mengatasi polusi paparan sinar matahari.

    Caranya, jika tidak ingin ribet, potong tipis mentimun dan langsung tempelkan di seluruh bagian kulit. Tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin, ini akan memberikan efek wajah terlihat lebih segar dan halus. Lebih bagus lagi di buat dalam bentuk masker, hancurkan langsung saja dengan tangan, oleskan ke seluruh bagian wajah. Ini bahkan bisa meredakan mata membengkak dan mata panda di pagi hari.

  2. Masker Oatmeal

    Ini buah hanya sebagai sarapan sehat dan cepat di pagi hari, gunakan sisa oatmeal untuk masker, namun pastikan tidak mendapatkan tambahan apapun. Oatmeal merupakan masker alami yang bermanfaat saat akan menstruasi dan setelahnya, hal ini karena bisa meredakan sensitif akibat kulit kemerahan saat produksi hormon berlebih.

    Bahkan aman digunakan saat iritasi akibat jerawat, paling cocok untuk jenis kulit berminyak sehingga mengontrol produksi minyak berlebih. Caranya, buat sendiri masker oatmeal di rumah, cukup gunakan sedikit oatmeal dengan tambahan air, gunakan sebagai masker. Tunggu hingga mengering, kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air dingin, hasil lebih bagus jika menambahkan susu vanila tanpa tambahan rasa.

  3. Masker Alpukat

    Buah yang memberikan banyak manfaat untuk kulit, memang alpukat. Kaya akan kandungan vitamin A B, D dan E, sehingga sangat bagus untuk kulit. Bukan itu saja, alpukat juga memiliki kandungan potasium yang banyak dikenal sebagai the mineral of youthfulness, bahkan juga ada kandungan antioksidan untuk mencegah penunaan dini.

    masker alami alpukat

    Sumber : alodokter.com

    Sehingga alpukat jadi masker alami terbaik dan cocok digunakan semua jenis kulit, masker alpukat juga diyakini bisa jadi anti aging alami untuk mencegah penunaan dini. Caranya, hancurkan alpukat dan oleskan pada seluruh bagian wajah, tidak perlu menambahkan bahan apapun, bahkan jika bisa tanpa tambahan air. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air dingin, ini akan membuat kulit menjadi lebih lembut, halus dan cerah alami.

  4. Masker Kopi

    Jangan membuang ampas kopi setelah menyeduhkan, gunakan ini sebagai masker alami yang memberikan banyak manfaat untuk kulit. Dimana beberapa salon kecantikan, sudah mengembangkan masker kopi sebagai detoks yang bisa menyerap racun secara efektif, sehingga kulit akan terasa lebih kencang dan sehat.

    Baca juga : Mau Memanjangkan Rambut Dengan Cepat, Ini Caranya!

    Ini bahkan jadi masker favorit banyak wanita, aromanya menenangkan dan membuat rasa percaya diri semakin meningkat, pasalnya wajah juga akan menyerap aroma kopi tersebut. Kafein ternyata memiliki kandungan anti inflamasi, sehingga bisa mengencangkan sekaligus mencegah penuaan dini. Caranya, cukup gunakan ampas kopi dan oleskan ke seluruh wajah, tunggu hingga kering dan bilas dengan air dingin.

  5. Masker Madu

    Bahan alami dari alam ini memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, bahkan rasanya manis dan langsung bisa di konsumsi tanpa di olah. Ini cara makan madu terbaik, sehingga mendapatkan semua mineral dan nutrisi di dalamnya. Madu memiliki kandungan anti bakteri, ini dapat mencegah masalah kulit, sekaligus melembutkan.

    Saat mengalami luka, seperti iritasi akibat jerawat, luka bakar atau pigmentasi parah, bisa langsung diatasi dengan madu. Cukup dioleskan saja ke seluruh bagian wajah, tunggu hingga kering dan bilas dengan air dingin. Ini akan memberikan efek wajah lebih segar, lembut dan bersinar seperti terlahir kembali.

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa dijadikan masker untuk merawat wajah, beberapa rekomendasi masker alami di atas jadi pilihan tepat. Tenang saja, ini cocok untuk semua jenis kulit, namun karena bahan alami jadi harus digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Tidak perlu setiap hari, minimal 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga:  4 Kebiasan Sehari-hari Menyebabkan Kerusakan Rambut

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply