5 Alternatif Pemanis Alami Pengganti Gula, Nggak Kalah Enak!
Culinary

5 Alternatif Pemanis Alami Pengganti Gula, Nggak Kalah Enak!

Beragam alternatif pemanis alami sebagai pengganti gula mulai banyak digunakan. Guna mengurangi pemakaian gula berlebih, kebanyakan wanita memilih bahan manis lainnya. Hal ini sangat wajar dilakukan mengingat penyakit diabetes pun rentan menyerang siapa saja.

Kalau kamu sedang ingin mengurangi konsumsi makanan manis, coba deh beberapa pemanis alami pengganti gula berikut. Bahan-bahan ini cukup untuk melepaskan kerinduanmu akan hal manis tanpa perlu takut terkena diabetes. Rasanya tetap manis dan enak!

Madu

Madu

sumber: Pexels

Siapa sih yang nggak kenal madu? Pemanis alami pengganti gula ini bisa dibilang paling banyak diminati semua orang. Bukan hanya rasanya yang enak dan manis, madu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, serta antioksidan.

Konsumsi saja madu jika kamu tengah menjalani diet gula. Kamu bisa campurkan madu pada makanan atau minuman yang biasa kamu konsumsi. Namun, perhatikan pula untuk memilih madu alami tanpa pemanis buatan ya.

Kurma

Kurma

sumber: Pexels

Buah ini biasanya memang paling banyak dicari saat bulan Ramadhan. Padahal, kurma sendiri akan jauh lebih baik jika rutin kamu konsumsi loh. Kurma mengandung banyak serat alami yang pastinya sangat bermanfaat untuk pencernaanmu.

Kamu bisa membuat pasta kurma dengan menghaluskan satu cangkir kurma dan tambahkan ¾ gelas air hangat. Tambahkan ½ sendok teh ekstrak vanila agar makin nikmat. Nah, pasta kurma ini bisa kamu campurkan ke minuman hangat kesukaanmu, misalnya teh.

Baca Juga:  Deretan Menu Favorit Kuliner Geprek Bensu yang Lagi Heboh

Monk Fruit

Monk Fruit

sumber: Ingredients Network

Pemanis alami pengganti gula berikutnya adalah monk fruit. Buah ini juga dikenal dengan nama luo han kuo dan lebih banyak ditemukan di Tiongkok. Rasa buah ini memang manis, terutama saat sudah dikeringkan.

Meski punya kadar kemanisan 100 kali lebih manis daripada gula, kalori dari monk fruit ini jauh lebih rendah. Jadi, cukup aman untuk dikonsumsi sebagai alternatif pengganti gula. Monk fruit juga dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan, seperti radang tenggorokan hingga flu.

Molase

Molase

sumber: The Spruceeats

Bahan dari rebusan tebu ini cukup diminati juga sebagai pemanis alami pengganti gula. Tekstur dari molase ini menyerupai sirup yang agak kental. Kandungan di dalam molase meliputi vitamin, mineral, hingga antioksidan.

Molase ini juga cocok untuk kamu gunakan sebagai pengganti selai untuk roti tawar. Sayangnya, kandungan gula pada molase ini masih cukup tinggi. Jadi, mau tidak mau kamu harus sebisa mungkin mengatur penggunaannya.

Stevia

Stevia

sumber: Medical News Today

Pernahkah kamu mendengar tentang tumbuhan stevia? Pemanis ini merupakan hasil ekstraksi tanaman liar bernama stevia rebaudiana. Hasil ekstraksi dari tanaman ini punya kalori nol dengan kadar kemanisan hampir 300 kali lebih besar daripada gula.

Baca Juga:  Mau Minum Anggur Tanpa Merusak Gigi, Ini Caranya

Bagi sebagian orang, rasa manis dari stevia ini memang agak aneh dibandingkan pemanis alami lainnya. Stevia sendiri juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, gula darah, hingga kadar insulin. Mungkin cocok dicoba bagi penderita diabetes ya.

Itulah beberapa bahan pemanis alami pengganti gula yang bisa kamu konsumsi. Ada baiknya kamu tetap konsultasikan ke dokter untuk memastikan penggunaannya sehari-hari ya.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply