Relationship

5 Rekomendasi Isi Seserahan Penuh Makna Favorit Wanita

Jelang pernikahan, tentu akan memilih menggunakan adat tradisional daerah masing-masing atau memilih cara modern. Kebanyakan kini anak muda mulai mengerti makna dari pernikahan adat, sehingga tetap menjalankan seperti yang dilakukan orang tua saat menikah. Tentunya nanti akan membuat hantaran, ternyata isi seserahan memberikan makna tersendiri.

Ternyata seserahan yang diberikan pada calon pengantin wanita, bukan sekadar barang yang diminta atau disukai, ada makna tersendiri. Terselip doa dan harapan untuk pernikahan nantinya, bahkan memberikan doa tulus untuk kelanggengan hubungan tersebut. Ini sering kali diabaikan anak milenial masa kini, dimana sering mengubah isi hantaran sesuai keinginan wanitanya.

Jika ingin mendapatkan doa yang tidak terdengar dari mulut namun terselipkan dengan tulus lewat barang yang dibawa sebagai hantaran. Ada beberapa rekomendasi isi seserahan yang memberikan makna mendalam, dalam adat jawa ini akan memberikan kemudahan dalam membina rumah tangga baru, sekaligus doa dari calon mertua untuk menyambut keluarga baru.

5 Rekomendasi Isi Seserahan Memberikan Makna Mendalam

makeup isi seserahan

Sumber : hipwee.com

  1. Set Cincin Pernikahan

    Pria memang tabu menggunakan emas, namun bisa menggantikan dengan perak atau jenis batu lainnya, sehingga suami istri tetap menggunakan cincin pernikahan yang sama. Ini bukan sekadar seremonial saja, melainkan pengingat jika sudah menyandang status baru. Bahkan bisa jadi pengenal, jika bukan lagi pria dan wanita single untuk orang lain yang melihatnya.

    Pilih cincin yang benar-benar di sukai keduanya, jangan hanya wanita yang mementingkan berlian atau keindahan perhiasan tersebut. Sehingga mau menggunakan kapan saja, saat bekerja juga tidak ada persyaratan melepaskan cincin kawin, ini sebagai pengingat jika akan berbuat curang dalam pernikahan. Sebaiknya pria juga menggunakannya, sebagai tanda kesetiaan pada pasangan, jangan hanya wanita saja.

  2. Set Pakaian

    Ini hal wajar yang ada dalam isi seserahan, biasanya permintaan sang calon mempelai wanita. Bisa setelan kantor kalau memang bekerja kantor, setelan baju yang di sukai seperti baju pesta dalam bentuk kain atau pakaian jadi dengan merk yang diinginkan. Tapi ada juga pasangan yang memberikan set pakain dalam, ini bukan hanya lelucon namun memberikan makna tersendiri.

    Dalam adat jawa, pemberian pakaian dalam seserahan mengandung makna agar pasangan menjadi rahasia dalam rumah tangga, seperti aib atau keburukan yang terjadi. Ini akan jadi kunci keharmonisan rumah tangga, apa yang terjadi di rumah maka sebaiknya tidak sampai keluar, bahkan diketahui keluarga masing-masing. Ini biasanya diberikan dalam bentuk kain batik atau kebaya.

  3. Set Perhiasan

    Menunjukkan kemakmuran dengan memberikan perhiasan, ini isi seserahan wajib banyak pasangan. Bahkan bisa menunjukkan pada calon mertua, jika mampu dan cukup memberikan kehidupan yang layak untuk putrinya. Memang dalam seserahan sudah diberikan cincin pernikahan, tapi ada juga yang diberikan perhiasan tambahan.

    set perhiasan isi seserahan

    Sumber : idntimes.com

    Barang berkilau ini biasanya dipilihkan langsung oleh ibu dari mempelai pria, bahkan diberikan langsung pada calon menantunya. Ada juga yang memberikan set perhiasan saat melamar, tujuannya sebagai pengikat. Dapat berupa gelang, kalung atau perhiasan lainnya. Bahkan ada juga yang memberikan mahkota, sebagai simbol menjadi ratu di rumah tangganya kelak.

  4. Set Makeup dan Skin Care

    Wanita tanpa makeup itu, bagai sayur tanpa garam. Maka bukan hal baru jika mendapati isi seserahan berupa makeup dan ada juga tambahan skin care. Bahkan jumlah, ukuran dan merk di sesuaikan keinginan pengantin wanita, ini memang disesuaikan dengan apa yang digunakan setiap hari, tujuannya agar selalu cantik di depan suami.

    Baca juga : 5 Rahasia Aman Disembunyikan Dari Pacar

    Namun dalam adat jawa, memberikan makeup pada calon istri akan memberikan makna, tanda perhatian dan kasih sayang. Dimana memberikan perhatian pada pasangan, agar mempertahankan kecantikan, bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk keluarga, teman-teman dan tetangga, jika kehidupan berumah tangga seperti halnya saat melajang.

  5. Daun Sirih

    Hal yang masih sangat tradisional, namun tetap dilestarikan dalam adat jawa, ini bahkan bukan kebutuhan dasar perempuan, tapi selalu ada dan selalu diperhatikan hingga sekarang. Ternyata ini memberikan makna mendalam dalam pernikahan, bahkan jadi doa yang terselip dalam adat jawa yang kental hingga sekarang.

    Ternyata ini memberikan makna sekaligus doa, dimana pernikahan diberikan kebahagiaan, keselamatan, kesenangan dan membahagiakan, bukan hanya untuk pengantin berdua, namun juga keluarga besar. Ini kado terindah dan tidak ternilai dari calon mempelai wanita, dimana kedatangannya dinantikan, ditunggu dan akan dimulaikan. Berbahagialah wanita yang mendapatkan daun sirih sebagai isi seserahan, ini juga bermanfaat untuk malam pengantin nantinya.

Ternyata tidak semua isi seserahan harus ditebus dengan harga mahal, hantaran itu bukan berarti barang yang dibutuhkan saja, seperti pakaian dan perhiasan. Namun ada benda yang memberikan makna berupa doa dan harapan agar rumah tangga berjalan lancar, hingga maut yang bisa memisahkan keduanya.

Baca Juga:  5 Kegiatan Selingkuh Kecil, Nggak Marah Tapi Bikin Baper

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply