Makanan Manis Pengganti Gula
Culinary

5 Rekomendasi Makanan Manis Lebih Sehat Pengganti Gula

Makanan manis sering kali dihindari para wanita, pasalnya jadi biang keladi kenaikan berat badan. Tapi ada beberapa makanan enak yang bisa jadi pengganti gula, pasalnya ini merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh. Dimana karbohidrat yang akan dirubah menjadi energi, tapi makan gula terlalu banyak memberikan efek buruk untuk tubuh.

Bahkan sebaiknya hanya makan gula tidak lebih empat sendok makan setiap harinya, tapi apa yang terjadi. Hampir semua orang konsumsi gula lebih banyak dari normalnya. Padahal ini memberikan dampak negatif pada tubuh, sudah jelas ancaman diabetes apalagi dengan keturunan genetika. Ternyata gula juga bisa meningkatkan masalah inflamasi.

Bagaimana cara konsumsi gula setiap harinya, tidak mungkin membatasinya secara langsung bukan. Ada baiknya menggantikan gula dengan makanan manis saja, ini akan tetap sehat mendapatkan kebutuhan tubuh dan enak di konsumsi. Berikut ini beberapa rekomendasi kudapan manis yang enak dan memberikan banyak manfaat.

5 Makanan Manis Bisa Jadi Pengganti Gula

Apple Juice For Replace Sugar

Sumber : organicfacts.net

  1. Madu

    Salah satu pemanis alami yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, bahkan menyembuhkan penyakit ringan. Disarankan setiap harinya di konsumsi, minimal satu sendok makan. Dimana madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa lebih rendah dari gula pasir, ini sangat baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

    Sehingga disarankan lebih baik konsumsi madu dari gula, coba mulai gantikan fungsi gula dengan madu. Rasanya akan tetap manis, enak dan bisa langsung di konsumsi. Tapi ada baiknya di memanaskan madu, karena akan mengurangi manfaatnya, langsung makan begitu saja, biasanya memang ditambahkan sebagai toping.

  2. Jus Apel

    Mau minuman segar yang manis alami tanpa tambahan gula, bisa konsumsi jus apel. Ini merupakan minuman sehat yang bisa di konsumsi kapan saja, banyak orang yang malas mengunyah dan makan buah, sehingga sengaja dibuat dalam bentuk jus, sehingga langsung minum saja dan dapatkan semua manfaatnya.

    Ternyata jus apel memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan bisa sesuai kebutuhan tubuh, bahkan jadi makanan manis yang bisa menggantikan kebutuhan gula setiap harinya. Tapi kandungan kalori lebih rendah dengan serat tinggi, ini akan membuat tubuh lebih sehat dari pada konsumsi gula pasir setiap harinya.

  3. Sirup Marple

    Banyak makanan manis yang menambahkan toping sirup, ada juga yang memberikan sirup marple. Ini jauh lebih bagus, pasalnya rasanya manis namun tidak mengandung gula. Beberapa penelitian menyebutkan, jika sirup marple memang cocok sebagai pengganti gula, pasalnya rasanya manis namun tidak menimbulkan kenaikan berat badan dan ramah untuk penderita diabetes.

    Sirup Marple Makanan Manis Pengganti Gula

    Sumber : healthline.com

    Pasalnya sirup marple jauh lebih sehat karena memiliki kandungan zat besi, kalium, kalsium dan antioksidan. Sangat ramah untuk menderita kadar gula, menjaga gula darah dan mengembalikan pola hidup sehat. Ini disarankan sejak awal, sehingga tidak akan terkena penyakit komplikasi atau yang berhubungan dengan gula.

  4. Susu

    Bukan hanya pelengkap makanan sehat setiap harinya, ternyata susu juga bisa menjadi makanan manis pengganti gula. Bukan hanya memiliki kandungan kalsium yang tinggi, melainkan punya nutrisi yang cukup lengkap dan sesuai kebutuhan tubuh. Bahkan tidak perlu takut jika konsumsi susu dalam kondisi hangat, bisa kok di hangatkan, namun jangan sampai hingga suhu terlalu tinggi.

    Baca juga :Camilan Hentikan Nafsu Makan, Cocok Jadi Program Diet

    Kenapa tidak boleh memanaskan susu hingga suhu tinggi, karena khawatir kadar lemak akan meningkat dan tidak bisa dicerna dengan baik pada tubuh, sehingga akan menimbulkan masalah pencernaan nantinya. Ada baiknya, minum susu setiap pagi dari pada teh dengan tambahan gula pasir. Ini sudah bisa menjadi sumber energi.

  5. Buah-Buahan

    Jika ingin mendapatkan kandungan gula yang aman untuk tubuh, makanan manis seperti buah-buahan segar sangat bagus dan memberikan banyak kebaikan. Buah segar seperti semangka, mangga, pisang, kurma hingga nanas. Ini akan menjadi makanan pengganti gula, sehat dan bisa langsung di makan tanpa diolah.

    Ini jadi alternatif makanan sehat yang tetap manis dan bisa di makan kapan saja, bahkan jadi rekomendasi camilan sehat. Apalagi sekarang ini banyak salad buah, tanpa olahan dan ditambahkan dengan yoghurt. Ini cocok sebagai camilan sehat pendukung sistem pencernaan dan mengurangi berat badan tanpa olahraga.

Silakan pilih sendiri, mana makanan manis yang paling enak di konsumsi. Mana yang memberikan banyak manfaat, namun semua makanan di atas rasanya manis dan memberikan banyak kebaikan. Ada baiknya memilih buah-buahan untuk pengganti gula, ini sangat bagus mencegah diabetes, apalagi jika punya sifat menurun secara genetika.

Baca Juga:  5 Alternatif Pemanis Alami Pengganti Gula, Nggak Kalah Enak!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply