Body & Skin Care

5 Tips Mudah Cegah Keriput Dan Kerutan Di Leher

Tanda penunaan memang banyak terlihat di wajah, apalagi untuk area mata. Namun wanita sering kali mengabaikan tanda yang terlihat di bagian yang tertutup, seperti mulai munculnya keriput dan kerutan di leher. Ini memang tertutupi dengan baik, apalagi untuk wanita berhijab. Tapi ini bukan solusi untuk masalah penunaan dini.

Munculnya gelambir di area leher juga tanda penunaan, ini bukan hanya tanda lemak yang mulai bergelambir. Tentu akan membuat semua wanita tidak percaya diri menggunakan jauh dengan potongan leher rendah, padahal tidak mungkin menggunakan dress dengan leher tertutup, apalagi untuk gaun malam.

Maka dari itu, harus bisa mencegah penunaan dini lewat keriput dan kerutan di leher, caranya cukup mudah. Lakukan perawatan secara rutin, tanpa menimbulkan efek samping dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Ini hanya kegiatan kecil yang memberikan dampak besar, namun sering kali diabaikan.

5 Cara Cegah Penunaan Dini dari Keriput dan Kerutan di Leher

cegah keriput dan kerutan di leher

Sumber : lifestyle.okezone.com

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung

    Penuaan dini terjadi karena terlalu banyak terkena paparan sinar matahari langsung, baik UVA dan UVB. Ini akan membuat kulit mengalami penunaan dini. Ada baiknya mendapatkan manfaat positif sinar matahari dengan merasakan di pagi hari, sebelum jam 9 pagi. Untuk mencegah itu semua, coba gunakan sunscreen setiap harinya.

    Ini akan melindungi dari radikal bebas, menghindarikan kulit dari penunaan dini. Banyak wanita kurang mengetahui, jika leher jadi bagian yang cukup sensitif dan cukup cepat mengalami penunaan dini. Jika memang belum mendapatkan sunscreen yang tepat, bisa menggunakan pelembap wajah terlebih dahulu, sehingga membuat kulit tetap dalam kondisi lembap.

  2. Hilangkan Kebiasaan Minum Alkohol Dan Merokok

    Ini dua kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan perempuan, lebih banyak kerugian dari kesenangan sesaat tersebut. ini akan merusak organ dalam secara cepat tanpa diketahui, bahkan menimbun racun dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan tubuh, hal ini juga memberikan pengaruh besar pada kulit, sehingga berkaitan dengan penunaan dini.

    Ini akan membuat kulit sulit memproduksi kolagen, bahkan tidak bisa menyerap kolagen dalam makanan dengan baik. Akibatnya, kulit terasa lebih kasar, bergelambir dan kurangnya elastisitas. Jelas, racun dalam alkohol berlebih dan nikotin sangat merusak tubuh dan kulit, apalagi di bagian leher. Awalnya hanya muncul garis halus yang bermuara pada kerutan di leher hingga terlihat adanya gelambir.

  3. Tidur Tanpa Bantal

    Memang lebih nyaman jika tidur dengan bantal yang empuk, namun jika diperhatikan, sekarang ini banyak orang dewasa memiliki menggunakan bantal agak tinggi, berdalih untuk memperlancar aliran darah. Padahal ini salah besar, kebiasaan kecil yang dilakukan terus menerus setiap malam hari akan membuat leher terlihat dan mulai muncul kerutan di leher.

    hilangkan keriput dan kerutan di leher

    Sumber : grid.id

    Hal ini terjadi karena leher terdesak, posisi yang terlalu tinggi dan membuat kepala mendongak, ini akan membuat saraf di bagian leher bisa tertarik dan menyebabkan stroke atau muncul gangguan lebih lanjut. Disarankan, saat tidur tidak perlu menggunakan bantal, tempatkan bantal di bagian kaki saja, ini cara benar untuk membuat peredaran darah semakin lancar.

  4. Masker Kentang

    Ada juga cara alami untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah keriput dan kerutan di leher, jika sudah melakukan beberapa aktivitas di atas namun tidak memberikan hasil cepat. Coba cari kentang dan buatlah masker alami, ini akan menjadi detoks bagi kulit, sehingga efektif mengeluarkan semua racun secara maksimal.

    Baca juga : 3 Kebiasaan Sehari-Hari Dapat Merusakan Kecantikan Wajah

    Mulai itu saja, masker kentang bisa mengembalikan kekencangan kulit, apalagi untuk usia 40 tahun dan menjaga kelembapan kulit. Caranya, parut halus satu buah kentang ukuran sedang (kupas kulitnya terlebih dahulu), balurkan secara menyeluruh di bagian leher, tipis saja dan diamkan kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan sebelum mandi di sore hari, ini akan memberikan manfaat positif jika dilakukan minimal seminggu secara rutin.

  5. Olahraga

    Kegiatan mengeluarkan keringat yang tidak disukai banyak wanita, pasalnya ini akan membuat lelah, riasan wajah luntur dan menyebabkan kantuk. Padahal ada banyak manfaat untuk tubuh, menyempatkan 30 menit berolahraga setiap pagi hari. Ini cara terbaik untuk membuang racun dalam tubuh, sekaligus menjaga kekencangan kulit.

    Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau push up, sebelum mandi. Ini akan membuat tumpukan lemak di leher berkurang, bukan itu saja olahraga dalam merangsang produksi kolagen semakin aktif dan memperbaiki kondisi kulit. Cobalah menyempatkan waktu khusus untuk mengeluarkan keringat, keluarnya keringat membuat racun tubuh menghilang.

Selain itu, ada juga cara mudah menghilangkan keriput dan kerutan pada leher, cukup minum air putih lebih banyak setiap harinya. Jika pada panduan sehat hanya perlu 2 liter setiap harinya, cobalah minum lebih banyak. Misalkan sebelum tidur minum satu gelas, setelah bangun tidur melakukan hal serupa. Ini akan merangsang lemak ikut hanyut saat pembuangan, apalagi jika sering melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Superfood Dapat Mencegah Penuaan Diri

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply