rambut susah diatur
Body & Skin Care

5 Tips Mudah Atasi Rambut Susah Diatur

Rambut susah diatur adalah masalah para wanita yang memiliki rambut panjang, mahkota wanita memang diinginkan bisa terlihat sehat, kuat sehingga akan dengan mudah diatur. Namun tidak banyak perempuan punya waktu lebih untuk merawat rambut, padahal ini bisa menunjang penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

Kebanyakan wanita memilih memiliki rambut panjang, ini akan memperlihatkan sisi feminim, lebih anggun dan lebih cantik. Namun saat musim kemarau dan hujan, kondisi kulit kepala akan mengalami perubahan, sehingga membuat kondisi kesehatan rambut terganggu. Terlebih jika Anda terlalu sering mengkreasikan rambut, misalkan di kuncir, di spray dan penataan rambut dengan tambahan ekstra lainnya.

rambut susah diatur

Kenapa tidak melakukan perawatan rambut untuk menjaga kesehatan, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk pergi ke salon. Kini banyak perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah, ini akan sangat menguntungkan dari segi finansial dan waktu. Bahkan bisa jadi ‘me time’ yang menyenangkan, cobalah ikuti perawatan rambut yang tepat.

5 Cara Perawatan Untuk Rambut Susah Diatur

  1. Gunakan Produk Sesuai Jenis Rambut

    Anda mungkin jadi salah satu yang tergoda dengan iklan di layar televisi atau media massa dalam menentukan jenis perawatan rambut tanpa memperhatikan jenis kulit kepala dan rambut itu sendiri, ini kesalahan besar yang terjadi berulang kali. Jangan memilih berdasarkan iklan, harga dan rekomendasi teman, karena belum tentu cocok.

    Perawatan rambut harus yang sesuai jenis rambut, jangan gunakan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Lebih baik memilih bahan organik memang harganya jauh lebih mahal namun memberikan kondisi terbaik, rasanya lebih nyaman, tidak gatal dan tidak akan terpengaruh dalam perubahan iklim dan cuaca.

    Baca juga : Yuk, Intip Perawatan Rumahan Berikut Ini untuk Kulit Wajah yang Lebih Sehat

  2. Nutrisi Rambut Sesuai Kebutuhan

    Anda tentu ingin memberikan yang terbaik, apalagi jika memiliki rambut hitam dan lebat. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri, selain itu mahkota di kepala tersebut akan membuat kecantikan wanita semakin terpancar. Tidak salah memang memberikan nutrisi tambahan untuk rambut, seperti pemberian serum namun sebaiknya tidak terlalu berlebihan.

    Misalkan Anda sudah memberikan nutrisi tambahan pada rambut susah diatur, setelah mandi menggunakan kondisioner, maka bisa jadi tidak perlu tambahan serum. Karena ini akan membuat kulit menjadi kebal dan menimbulkan masalah baru, jangan sampai uang ekstra yang dikeluarkan malahan membuat rambut semakin buruk.

  3. Jangan Terlalu Sering Keramas

    Mencuci rambut adalah tindakan tepat untuk menjaga kebersihan sekaligus memberikan nutrisi tambahan bagi rambut, jangan sampai membuat rambut menjadi terlihat lepek dan berminyak karena sudah terlalu lama tidak keramas. Idealnya untuk pemilik rambut berminyak, disarankan untuk keramas dua hingga tiga hari sekali saja, sedangkan untuk jenis rambut kering bisa 1 hingga 2 hari sekali saja.

    Karena terlalu sering keramas bisa membuat folikel rambut menjadi rusak, ini akan menyebabkan masalah kerontokan rambut, bahkan bisa membuat rambut normal menjadi kering. Maka dari itu, jangan terlalu sering keramas, jika bisa tambahan kondisioner sehingga membuat rambut menjadi lebih halus.

  4. Tambahkan Hair Oil

    Ini tambahan perawatan untuk rambut susah diatur, dimana dengan menggunakan hair oil bisa membuat rambut lebih mudah diatur. Paling bagus untuk menggunakan minyak zaitun sebagai hair oil, pasalnya kaya kandungan vitamin E dan anti oksidan, sehingga sangat bagus untuk melembabkan rambut kering.

    Untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut kering, sebaiknya gunakan minyak zaitun setiap dua hingga tiga kali seminggu. Selain diusapkan pada rambut, berikan pijatan ringan hingga 15 menit agar meresap di semua bagian kulit kepala. Hasilnya selamat tinggal rambut kusut dan sulit diatur, karena rambut akan lebih lembut, hitam dan mudah diatur.

  5. Perhatikan Pola Makan

    Bukan hanya memberikan nutrisi dari luar, namun bisa langsung menutrisi rambut dari dalam dengan konsumsi makanan sehat. Dimana rambut kusut dan kering sering kali mengalami kekurangan vitamin dan mineral, ini bisa diberikan pada makanan.

    Misalkan protein hewan, mulai dari ayam, ikan hingga telur. Selain itu, tetap konsumsi buah dan sayur yang memberikan dukungan lebih. Mulai dari bayam, kacang-kacangan, brokoli hingga bisa menambahkan daging merah tanpa lemak, sehingga rambut akan terlihat lebih sehat dan segar.

Sebaiknya Anda perhatikan jangan memaksakan menatap rambut susah diatur sehingga menyebabkan kerontokan besar, ini akan sangat menyakitkan dan bisa menyebabkan kebotakan dini. Maka dari itu, lakukan perawatan rambut yang cukup, untuk bisa mengembalikan kesehatan rambut dan menjadi semakin indah.

You Might Also Like...

2 Comments

Leave a Reply