cara perawatan wajah setelah facial
Body & Skin Care

5 Tips Perawatan Wajah Setelah Facial, Terutama Cuci Muka!

Penting sekali untuk melakukan perawatan wajah setelah facial, ini saran semua ahli kecantikan untuk membersihkan seluruh wajah dengan mengeluarkan semua kotoran. Namun saat facial pori-pori wajah akan membesar, akibatnya debu dan kotoran bisa masuk dan menyebabkan masalah kulit semakin buruk.

Apa yang harus dilakukan agar perawatan wajah yang paling menyakitkan ini memberikan hasil terbaik? Ada baiknya melakukan perawatan, sehingga masalah jerawat dengan mengeluarkan penyebabnya, komedo membandel hingga membersihkan pori bisa memberikan hasil maksimal. Ini membuat wajah terlihat segar, bersih dan lebih bersinar.

Disarankan untuk melakukan perawatan wajah setelah facial, tidak perlu merogoh kantong lebih dalam lagi, pasalnya ini bisa dilakukan di rumah. Dalam rangka recovery dari facial itu sendiri, biasanya setiap orang akan merasakan dampak berbeda, apalagi jika rajin membersihkan wajah, maka tidak akan merasakan sakit saat facial.

5 Perawatan Wajah Setelah Facial Terutama Saat Cuci Muka

perawatan wajah setelah facial

Sumber : saigonheraspa.com

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

    Banyak ahli kecantikan mengatakan, waktu facial yang baik di pagi hari atau malam hari, ini karena pori-pori dalam kondisi membuka, sehingga lebih mudah membersihkan wajah. Namun masalahnya selesai facial, dimana paparan sinar matahari akan membuat proses regenerasi kulit terganggu, ini akan membuat prosesnya semakin lama.

    Padahal saat facial, lapisan kulit menjadi sangat tipis karena terangkap sisa makeup, kotoran dan minyak. Hal ini bisa terlihat karena wajah menjadi lebih merah, terasa sakit jika tersentuh bahkan lebih sensitif. Sinar UVA dan UVB akan membakar kulit, selain itu bisa menyebabkan kerusakan kulit lainnya, sehingga jangan sampai terkena paparan sinar matahari langsung.

  2. Hindari Makeup

    Lapisan kulit yang terlalu tipis, sebaiknya tidak menggunakan makeup terlebih dahulu, ini akan mempercepat masa recovery kulit. Dimana makeup hanya akan menyumbat pori-pori kulit, padahal sedang terbuka lebar, ini bisa mengakibatkan iritasi dan komplikasi nantinya, bahkan ada beberapa wanita mengalami luka bakar.

    Disarankan, setelah facial menghindari penggunaan makeup terlebih dahulu, minimal 3 hari. Sehingga pori-pori sudah kembali normal, facial bisa memberikan hasil terbaik. Jika ingin melakukan facial secara rutin, minimal berikan jeda 6 hingga 10 hari. Sehingga kulit bisa melakukan regenerasi terlebih dahulu, apalagi lukanya terkadang terbuka cukup lebar.

  3. Cuci Muka Hanya Dengan Air

    Perawatan wajah setelah facial, khusus untuk cuci muka, sebaiknya jangan gunakan sabun apapun, hanya air saja. Bahkan jika bisa, gunakan air bersih atau air kemasan dengan kandungan yang cukup aman dari bahan kimia. Biasanya air yang ada, sudah diberikan zat kimia untuk menghilangkan bau dan terlihat lebih jernih.

    tips perawatan wajah setelah facial

    Sumber : edenspas.com.au

    Maka dari itu, disarankan untuk cuci muka dengan air kemasan saja dari pada air sumur. Selain itu, jauhkan dari air hujan, karena rasanya lebih asin, ini akan membuat kulit menjadi lebih pedih dan masa regenerasi kulit semakin lama. Hindari juga air, jika dibasuhkan menjadi terasa pedih atau semakin perih, ini akan menghambat proses penyembuhan.

  4. Pastikan Kondisi Kulit Selalu Lembab

    Ada baiknya perawatan wajah setelah facial dalam kondisi kulit lembab, ini bisa dilakukan dengan cara rajin cuci muka hanya dengan air saja. Bisa juga karena aktivitas yang dapat, semprotkan air secara rutin, maksimal 3 jam sekali. Ini akan menghilangkan kotoran dan sisa minyak berlebih, sehingga pori-pori yang sedang terbuka tidak kemasukan benda lain yang bisa menyebabkan jerawat.

    Baca juga : 5 Produk Bali Alus Untuk Perawatan Tubuh Alami

    Memang wajah setelah facial akan terlihat kemerahan, ini wajah dan normal, tidak perlu panik hingga datang ke dokter kulit. Ini normal jika terjadi tidak lebih dari 3 hari, namun setelah itu masih terlihat merah dan sangat sensitif, bisa jadi tidak cocok dengan treatment facial. Beberapa wanita memaksakan treatment tertentu, dimana setiap jenis facial akan menimbulkan efek berbeda.

  5. Minum Air Putih Lebih Banyak

    Cara paling mudah untuk membuat kulit dalam kondisi lembab, minum air putih lebih banyak. Pasalnya facial menghilangkan semua produksi minyak, kulit menjadi lebih sering sehingga rentan dehidrasi. Lebih baik minum air minimal satu jam sekali, ini akan membuat wajah terlihat lebih segar, wajah lembab dan tidak terasa gatal.

    Biasanya perawatan wajah setelah facial akan mengalami gatal, sehingga ingin di garuk. Jangan lakukan ini dengan tangan telanjang atau secara langsung, karena jari tangan menjadi sarang kuman. Lebih banyak tenangkan diri, coba minum air putih lebih banyak, sehingga wajah akan cepat regenerasi dan kembali seperti sediakala.

Ada banyak cara mudah perawatan wajah setelah facial, pastikan tidak menggunakan makeup atau skin care tanpa saran dokter. Ini akan membuat kondisi wajah semakin buruk, apalagi untuk pemilik kulit sensitif. Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu, apa jenis facial yang tepat, karena setiap kulit memiliki hasil akhir berbeda.

Baca Juga:  5 Jenis Treatment Kecantikan Baru Dan Unik, Patut Diketahui

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply