gila belanja
Lifestyle

5 Tips Terbebas Dari Jeratan Kebiasaan Gila Belanja

Gila belanja adalah sebuah hal yang banyak dialami para wanita, apalagi jika sudah melihat adanya tanda ‘diskon’ atau ‘super sale’. Semua barang akan jadi penting, meskipun tidak dibutuhkan sekarang ini. Sudah jelas, saat itu Anda tidak akan memikirkan akibatnya dan asyik berbelanja, tanpa diketahui uang sudah masuk dalam gerbang ‘limit’.

Penyesalan sudah pasti akan datang terlambat, hal ini Anda sadari setelah usai berbelanja dan melihat barang belanjaan. Ternyata tidak semua di kantung belanjaan dibutuhkan, apa yang harus dilakukan? Sudah tidak ada lagi yang bisa Anda perbuat, kecuali melakukan pencegahan sebelum sindrom tersebut muncul.

Apakah bisa mengatasi sindrom gila belanja? Padahal ini godaan yang sangat hebat, apalagi setelah gajian. Ternyata bukan hanya satu dua wanita saja yang terjebak dalam kebiasaan belanja impulsif, ada jutaan wanita di luar sana yang menyesal setelah belanja. Bagaimana cara mengatasinya? Mulai dengan membuat batasan.

5 Cara Untuk Bebas Dari Sindrom Gila Belanja

wanita gila belanja

Sumber : uncommongiftideas.com

  1. Pikir Berulang Kali Sebelum Membeli

    Rubah kebiasaan untuk ambil barang dan langsung bayar, ini adalah cara konsumtif karena tidak berpikir kembali apakah membutuhkan barang tersebut. Jangan melihat dari tampilan dan harganya, namun pikirkan kembali apakah ini barang yang dibutuhkan saat ini atau bisa digantikan dengan barang lain yang sudah tersedia.

    Cara ini memang terbilang cukup efektif, mengingat wanita akan sulit sekali digoyahkan jika berkaitan dengan belanja. Apalagi untuk hal lucu dan bagus, sebaiknya pengendalian diri datang dari diri sendiri. Orang lain hanya bisa mengingatkan, keputusan akhir ada pada Anda.

  2. Jangan Sampai Beli Barang Sama

    Kebanyakan wanita akan membeli item fashion atau makeup yang sama, awalnya karena memang lucu dan bagus, namun ternyata sudah punya di rumah. Ini akan jadi penyesalan, meskipun itu barang favorit. Pasalnya ada dua barang yang sama, dimana barang lama masih digunakan dan dalam kondisi bagus.

    Baca juga : Tips Traveling Anti Boros, Ini Cara Milenial Liburan Tanpa Menguras Tabungan

    Ada baiknya sebelum belanja, lihat dahulu seisi rumah, mulai dari lemari dan kamar tentunya. Buat list dahulu barang apa saja yang habis dan harus dibeli, sehingga tidak akan membeli barang yang sama. Misalkan harus membeli satu barang baru, pastikan ini sangat dibutuhkan dan akan digunakan dalam jangka dekat.

  3. Kurangi Belanja Online

    Anda tentu sudah pernah mencoba asyiknya berbelanja online, dimana ada ribuan situs online shop yang menjual barang kebutuhan. Mulai dari kosmetik, skin care, pakaian hingga kebutuhan rumah tangga. Kenapa wanita bisa gila belanja online? Karena sangat praktis dan mudah. Anda hanya tinggal bertransaksi via mobile banking dan barang akan sampai di rumah, bahkan sebelum Anda  pulang.

    Ini jauh lebih praktis dan menguntungkan, namun ada sisi negatifnya. Anda menjadi lebih konsumtif karena melihat semua barang baru, maka dari itu hentikan kebiasaan untuk membuka situs online shop atau platform belanja online. Boleh belanja, namun ingat sesuai kebutuhan saja, jangan mudah tergiur dengan penawaran baru yang lebih menguntungkan.

  4. Dapatkan Mood Dengan Belanja

    Banyak wanita melampiaskan kemarahan dengan belanja, ini memang efektif membuat Anda senang namun menimbulkan masalah yang lebih besar. Saat Anda dalam masalah, lebih baik untuk menyelesaikan atau berdiam diri dan memikirkan dengan matang, bukan belanja yang menghabiskan uang.

    wanita gila belanja

    Sumber : niksalehi.com

    Hal ini banyak dilakukan wanita dan terjadi berulang-ulang, seakan menganggap ini bukan sebuah kesalahan dan bisa dimaafkan kapan saja. Jika Anda sedang sendiri itu tidak masalah, namun bagaimana jadinya jika sudah berkeluarga. Ada orang lain yang membutuhkan uang tersebut, jadi lebih baik pikir panjang sebelum menelurkan sindrom gila belanja di mall.

  5. Belanja Untuk Orang Lain

    Jangan sampai tergiur dengan godaan gila belanja, ada baiknya saat berada di mall dan melihat sesuatu yang lucu, pikirkan orang terdekat Anda. Kenapa tidak membeli barang yang dibutuhkan orang tua, saudara bahkan pasangan. Ini akan jadi kado yang menyenangkan, bukan berarti memberikan sesuatu di hari penting saja.

    Banyak orang keliru akan hal tersebut, waktu yang tepat untuk memberikan kado atau sesuatu pada orang lain adalah saat membutuhkan. Ini akan jadi momen yang tidak terlupakan, dimana Anda akan menjadi penolongnya, bahkan akan mendapatkan balasan di saat yang sama nantinya. Hal ini tentu akan menghindarkan penumpukan barang yang tidak perlu hanya karena rasa ingin berbelanja berlebih.

Jadi jangan mudah tergiur dengan penawaran menarik, harga spesial, diskon besar-besaran bahkan midnight sale. Sebenarnya ini memancing konsumen untuk gila belanja, sekalipun awalnya datang bukan untuk berbelanja. Ada sesuatu adiktif yang membuat Anda tertarik dan akhirnya membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply