Lifestyle

5 Trik Cerdas Menghindari Jadi Tukang Sibuk Di Kantor

Kerja memang bisa menjadi penyebab utama Anda mengalami tekanan hingga stres, apalagi jika jadi tukang sibuk di kantor. Dimana harus mengerjakan job yang bukan jobdesk, ini tentu sangat melelahkan dan bodoh jika masih mengulang hal tersebut kembali. Hal ini memang dialami beberapa orang, apalagi jika punya sifat ‘tidak tegaan’ yang besar.

Anda akhirnya akan sibuk sendiri tanpa menghasilkan apapun, dimana harus mengerjakan dua pekerjaan atau lebih, sehingga terlalu multitasking. Jika dilakukan satu dua kali saja tidak masalah, namun permasalahannya, jika terjadi terus menerus sehingga Anda akan merasa lelah tapi tidak akan mendapatkan jabatan yang diinginkan.

Jangan sampai dimanfaatkan oleh teman-teman sendiri, Anda hanya perlu mengerjakan jobdesk tidak lebih dan kurang. Jangan sampai terus menerus menjadi tukang sibuk di kantor, padahal tidak mendapatkan keuntungan apapun. Maka dari itu, mulai sekarang rubahkan dengan melakukan 5 hal berikut ini.

5 Trik Khusus Untuk Menghindari Sebagai Tukang Sibuk Di Kantor

tukang sibuk di kantor

Sumber : nypost.com

  1. Cobalah Jadi Sok Sibuk

    Semua orang di kantor punya bagian masing-masing dan tentu saja akan sibuk, siapa yang mengerjakan semua tugas dengan baik dan benar, maka  akan cepat selesai. Anda boleh jadi lebih suka menyelesaikan semua tugas baru bersantai, namun apakah teman-teman melakukan hal serupa? Jangan sampai Anda mendapatkan terlalu banyak tugas tambahan.

    Misalkan melihat teman mengalami kesulitan dengan pekerjaannya, Anda membantu itu hal baik. Namun lihat lagi apakah pekerjaan Anda sendiri sudah selesai atau belum. Ini akan membuat atasan marah, dimana bisa menyelesaikan masalah orang lain namun tidak bisa menyelesaikan tugasnya sendiri. sekali-kali jadi sok sibuk tidak masalah, supaya orang lain enggan meminta pertolongan terus menerus.

  2. Jangan Segan Meminta Bantuan Orang Lain

    Jika Anda selama ini segan untuk meminta bantuan orang lain, padahal lebih banyak membantu orang sekitar. Cobalah untuk meminta bantuan orang lain, hal ini membuktikan Anda bukan karyawan sempurna dan sebaiknya tidak jadi tukang sibuk di kantor. Memperlihatkan sisi kekurangan dan ingin orang lain melengkapinya, sehingga tidak dimanfaatkan.

    Baca juga : Masih Jomblo Sampai Sekarang? Ini 5 Alasan Jujur Para Wanita

    Awalnya coba untuk meminta bantuan kecil, lama kelamaan teman-teman juga akan mengerti jika tidak selalu meminta bantuan Anda setiap saat. Maka dari itu, semua pekerjaan akan selesai tepat waktu, inilah yang diinginkan semua perusahaan. Bahkan atasan tidak akan pernah marah-marah dan banyak memberikan bonus pada anak buah.

  3. Ambil Jeda Untuk Perawatan Tubuh

    Wanita tentu paling suka melakukan perawatan tubuh, kenapa harus jadi tukang sibuk di kantor dan membuat Anda menjadi tidak terawat. Saat pekerjaan sudah selesai, pulang awal dan langsung ke pusat perawatan tubuh, ini akan jadi ‘me time’ yang sangat menyenangkan. Bahkan keesokan harinya masuk kantor lebih semangat.

    Jika memang tidak ingin merawat tubuh, coba tampil beda dengan potongan rambut atau makeup. Pergi ke salon dengan teman-teman jadi pilihan bagus dari pada harus membusuk di kantor dengan lembur, ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama bahkan sendirian saja. Ada baiknya, Anda mencoba untuk melakukannya, bisa di awal bulan saat baru gajian.

  4. Jangan Sok Berlagak Pahlawan

    Semua orang ingin tampil sempurna di depan atasan bukan, selain bisa mendapatkan pujian, tentu ingin mendapatkan rekomendasi agar bisa naik jabatan lebih tinggi. Namun beberapa orang sering kali tidak percaya diri dengan hasil pekerjaan dan bertanya pada orang lain, Anda boleh memberikan saran namun tidak memperbaiki kesalahannya.

    Banyak orang masih terjebak dengan sindrom ‘jadi pahlawan’ untuk orang lain, namun melupakan diri sendiri. Ini hal bodoh yang sebaiknya mulai di tinggalkan, namun tukang sibuk di kantor selalu ingin mendapatkan pujian dari orang lain, meskipun merugikan untuknya. Memberikan kebaikan boleh saja, namun jangan sampai di manfaatkan.

  5. Cobalah untuk Berkata ‘Tidak’

    Inilah yang tidak berani bahkan ‘enak’ dikatakan tukang sibuk di kantor, dimana tidak enak untuk menolak permintaan atau minta tolong dari temannya. Jika ini berkaitan langsung dengan bos, bisa jadi Anda akan mentolerir, karena ini atasan yang harus Anda hormati dan sulit untuk menolaknya, namun teman sendiri kenapa tidak.

    Cobalah untuk memberikan arahan saja, bagaimana cara memperbaiki kesalahan dan hindarkan dari memberikan peluang untuk meminta tolong lebih. Jangan sampai orang lain sudah istirahat atau jalan pulang, namun Anda harus mengerjakan pekerjaannya, ini hal yang sudah tidak bisa dibiarkan dan membuat Anda sangat kelelahan.

Jangan sampai terjebak dalam lingkaran tukang sibuk di kantor, apalagi jika harus lembur hingga setiap malamnya. Beberapa orang mengalami hal tersebut, namun tidak mendapatkan kebaikan apapun, bahkan harus mengalami penyakit yang tidak disangka saat usia mulai 30an. Jangan sampai kebaikan membuat Anda mengalami keburukan nantinya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply