Lifestyle

5 Trik Mengelola Gaji Supaya Tidak Numpang Lewat Setiap Bulannya

Mengelola gaji sendiri memang bisa dibilang gampang gampang susah, pasalnya Anda yang mengatur kendali. Namun jika tidak dikelola dengan baik, bisa jadi gaji bulanan hanya akan numpang lewat saja. Anda akan merasa capek kerja selama sebulan namun tanpa ada hasil, ini dapat memicu stres di usia muda.

Namun kebanyakan gaya hidup modern membuat anak muda menghabiskan gaji sekaligus, terkesan boros memang namun inilah lifestyle yang terjadi sekarang ini. Sehingga jangan heran, jika banyak anak muda yang berani mengambil utang. Bukan karena terpaksa karena mengalami hal berat, melainkan untuk menyambung hidup.

Sehingga mengikuti aturan utang, gali lobang tutup lobang. Setiap kali gajian, maka hanya akan numpang lewat saja. Untuk itu, mulai sekarang coba untuk mengelola gaji sendiri. Jangan hanya pintar mengelola uang perusahaan, namun uang Anda sendiri entah ada dimana. Ini sangat penting, apalagi jika usia sudah mulai menginjak 30 tahun.

5 Cara Mengelola Uang Biar Anti Numpang Lewat

mulai mengelola gaji

Sumber : moneysmart.id

  1. Perencanaan Matang

    Sebelum memulai mengelola uang gaji bulanan, buatlah perencanaan keuangan terlebih dahulu. Ini wajib Anda lakukan di akhir bulan, sehingga saat penerimaan gaji tinggal mengikuti aturan yang sudah Anda buat sebelumnya. Susun rencana keuangan dari hal yang paling penting, misalkan membayar angsuran atau kewajiban bulanan.

    Jangan sampai pembayaran bulanan seperti listrik, air, telepon dan internet terhambat, karena akan memengaruhi kehidupan. Selain itu, pastikan sudah membayar cicilan utang tepat pada tanggalnya agar tidak terkena utang. Setelah itu, potong untuk tabungan dan dana darurat, sisanya bisa digunakan untuk hidup selama satu bulan ke depan.

  2. Mulai Membuat Investasi Dan Tabungan

    Pada awal mengelola keuangan sudah disebutkan, jika setelah pembayaran kebutuhan bulanan wajib. Anda harus menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi, ini sangat penting, mengingat Anda tidak akan bekerja terus menerus. Apalagi yang memilih bekerja di sektor swasta, Anda harus jeli melihat peluang dan mengatur pendapatan.

    Baca juga : Kenali 5 Tanda Akan Segera Dipecat Dari Pekerjaan Sekarang

    Ada baiknya menyisihkan minimal 10 hingga 20 persen dari jumlah pendapatan bulanan, untuk lebih amannya lagi coba buka tabungan jenis berbeda tanpa fasilitas ATM, sehingga sulit jika ingin mengambilnya. Jika ingin lebih cepat menggandakan uang, coba ikut investasi. Jenis investasi yang paling aman adalah logam mulia, peningkatan pelan namun tidak pernah menurun.

  3. Masak Sendiri

    Wanita sudah jelas lahir dengan kemampuan memasak, namun digunakan atau tidak, inilah yang akhirnya jadi keahlian. Secara naluri semua wanita bisa memasak, kenapa tidak coba untuk ke dapur dan membuat makanan sendiri. Coba masukan dalam mengelola gaji, makan dengan masakan sendiri. Bukan hanya lebih hemat, namun bergizi.

    harus bisa mengelola gaji

    Sumber : majalahkartini.co.id

    Jangan malu membawa kotak bekal dari rumah, ini akan menimbulkan rasa iri banyak rekan kerja yang lain dan ingin melihat apa isi bekalnya. Pasalnya jika Anda harus mengeluarkan uang makan di luar, sudah jelas ini akan menutup gaji bulanan yang didapatkan. Selain itu, coba belanja di pasar tradisional, harganya lebih murah dan barangnya lebih segar.

  4. Rubah Hobi Jadi Tambahan Penghasilan

    Bagaimana cara mendapatkan uang tambahan? Mengingat gaji bulanan tidak akan pernah cukup untuk semua kebutuhan apalagi keinginan Anda, coba lihat lagi apa yang bisa menjadi uang. Apa hobi yang Anda sukai, coba rubah hobi ini menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Misalkan suka menulis diary, coba geser dengan menulis artikel di blog atau website.

    Anda tetap melakukan hal di sukai namun kali ini mendapatkan apresiasi, berupa tambahan uang. Sudah pasti ini akan sangat menyenangkan, lakukan hobi ini di akhir pekan atau saat santai di jam pulang kerja. Sehingga tidak akan menjadi beban, jika dilakukan setiap harinya dan bersungguh sungguh, maka hasilnya bisa banyak kok, cukup untuk sekadar traktir teman sesekali.

  5. Simpan Uang Receh

    Kebanyakan anak muda sekarang tidak mau menyimpan kembalian dalam bentuk logam, alasannya tidak ada ruangan di dompet. Padahal jika Anda kumpulkan, jumlahnya bisa cukup banyak dan menolong di akhir bulan. Mulai sekarang, coba bawa pouch kecil yang khusus menampung uang logam.

    Nantinya jika sudah sampai di rumah, pindahkan ke celengan. Bisa bentuk apa saja, semua sampah plastik bisa digunakan untuk  celengan, tidak perlu membeli sesuatu yang baru. Coba lihat dalam rumus mengelola gaji yang ada di buku tebal, mengumpulkan uang receh jadi poin utama. Jika jumlahnya satu memang kecil, namun setelah bertambah menjadi ribuan, maka bisa menolong saat membutuhkan uang di akhir bulan.

Bukan hal yang sulit untuk mengelola gaji sendiri bukan, hanya membutuhkan niat dan kesadaran saja. Ini memang hidup Anda dan bebas mengaturnya sendiri, namun jangan sampai semua gaji hanya numpang lewat tanpa memberikan hasil. Ini akan membuat Anda merasa lelah dan enggan untuk kembali bekerja nantinya.

Baca Juga:  5 Barang Utama Dalam Daftar List Pasangan Untuk Rumah Baru Nantinya

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply