Body & Skin Care

6 Langkah Cara Perawatan Rambut Ala Korean Beauty

Korea beauty sedang menjadi trend di tanah air, bagaimana tidak jika makeup membuat wajah menjadi lebih putih. Maklum saja, pigmentasi perempuan Indonesia lebih gelap karena mayoritas memiliki warna kulit sawo matang. Kali ini bukan hanya perawatan wajah, namun rambut sehingga membuatnya lebih sehat dan tebal.

Maka jangan heran, jika sekarang ini banyak skincare dari Korea yang membanjiri Indonesia. Memiliki jenis kulit yang sama, banyak wanita merasa cocok dan mengalami beberapa perubahan positif. Inilah yang membuat banyaknya beauty vlogger membuat review setiap produk perawatan asal negeri Ginseng tersebut.

Tertarik untuk mencoba korea beauty? Ini sangat mudah kok, jangan khawatir dengan jenis kulit kepala kering dan sensitif, Anda tidak akan mengalami perubahan apapun. Bahkan kulit menjadi lebih baik, dimana terasa lebih lembap dan sehat. Sehingga tidak perlu berurusan dengan rambut rontok dan ketombe, bahkan tidak perlu melakukan perawatan ke salon kecantikan secara rutin dengan budget besar.

6 Langkah Cara Perawatan Rambut Ala Korean Beauty

perawatan rambut ala korea beauty

Sumber : hairoilranking.com

  1. Scalp Treatment

    Ini merupakan tindakan eksfoliasi, jika pada wajah membuang sel kulit mati di bawah kulit yang menumpuk sehingga menjadi penyebab kusam. Korean beauty juga memberikan solusi pada kulit kepala yang terasa gatal, hal ini karena terjadi penumpukan sel kulit mati dan juga penyebab kotembe muncul di rambut.

    Rambut juga akan mengalami perubahan, dimana terasa lebih mudah dirawat, lebih sehat dan tumbuh dengan kuat. Kulit kepala juga tidak akan merasa gatal, bahkan mengurangi terjadinya kebotakan dini pada laki-laki. Ini step awal yang harus dilakukan, Anda sudah akan merasakan manfaatnya, apalagi jika mengikuti tahapan selanjutnya.

  2. Shampoo

    Setelah memastikan jika sel kulit mati sudah terangkat sempurna dari kulit rambut, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian kulit kepala dan rambut hingga menyeluruh. Ini harus dilakukan secara hati-hati, pasalnya Anda akan menggosok dari pangkal hingga ujung rambut. Tetapi banyak orang salah dalam tahapan shampoo, untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan air hangat.

    Kenapa? Bukankah ini akan menyebabkan ketombe karena ada penumpukan sel mati, ternyata ini salah, Penggunaan air hangat dapat membuka pori-pori kulit, sehingga bisa membersihkan kulit kepala lebih menyeluruh. Gunakan air hangat sebelum shampoo, setelah itu baru bilas dengan air dingin, sehingga pori-pori akan kembali ke ukuran semula.

  3. Scalp Massage

    Siapa bilang hanya tubuh dan wajah saja yang membutuhkan pijatan, kulit kepala juga memerlukan massage agar bisa terasa rileks dan segar. Pemijatan ini bisa Anda lakukan sendiri dan bisa menyesuaikan tekanan yang diinginkan, sehingga tidak akan terasa kaku dan terlalu keras nantinya.

    Baca juga : Tips Pemilik Rambut Keriting Agar Bangun Tidur Tanpa Kusut

    Disarankan, massage dilakukan saat penggunaan kondisioner, sehingga bukan hanya memperlancar aliran darah, namun membuat rambut bisa terasa lebih lembut dan sehat. Pemijatan di kulit kepala juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga rambut tumbuh lebih sehat dan kuat.

  4. Kondisioner

    Jangan langsung bilas dan mengeringkan rambut setelah keramas dengan shampoo, ini sangat rugi. Gunakan kondisioner agar rambut menjadi lebih lembut, ini bukan untuk kulit kepala melainkan membuat rambut lebih lembut dan kuat, selain itu mencegah percabangan terjadi di ujung rambut.

    merawat rambut ala korea beauty

    Sumber : RiverDaySpa.com

    Cukup aplikasikan setelah selesai menggunakan shampoo, usapkan dari pangkal hingga ujung rambut. Pastikan tidak menarik terlalu keras, sehingga rambut akan mudah rontok. Setelah itu, diamkan hingga 5 menit dan jangan langsung di bilas seperti shampoo. Ini membuat kondisioner menyerap sempurna  dan mengistirahatkan rambut sementara.

  5. Hair Mask

    Bukan hanya wajah yang butuh menggunakan masker, rambut juga. Korea beauty menyarankan menggunakan hair mask, minimal 1 minggu sekali saja. Ini fungsinya seperti kondisioner, untuk melembutkan rambut dan menguatkan kondisinya. Bahkan membuat rambut bervolume menjadi lebih terkendali, selain itu juga membuat rambut berwarna hitam.

    Pilih kandungan vitamin yang Anda inginkan, misalkan untuk rambut bervolume milih yang mengandung nutrisi untuk menurunkan volumenya. Selain itu rambut juga mudah ditata dan tidak seperti rambut singa setelah bangun tidur nantinya, perawatan ini memang paling menyenangkan, lakukan di sore hari sebagai me time yang menyenangkan.

  6. Scalp Serum

    Tahapan terakhir ini bersifat pilihan, pasalnya jika rambut dalam kondisi sehat dan kuat, tidak terlalu diperlukan penggunaan serum. Namun sangat disarankan, untuk Anda yang terlalu banyak mengganti gaya rambut, selalu menyanggul setiap harinya karena menjadi wanita kantoran atau suka berganti warna rambut.

    Serum fungsinya untuk memperkuat batang folikel rambut, sehingga tidak akan mudah rontok dan rapuh. Ini juga pelindung setelah rambut digunakan hair dryer untuk meluruskan setiap harinya, sebenarnya penggunaan pelurus rambut yang terlalu panas kurang bagus. Hindari penggunaan terlalu sering, jika memang ingin urus lakukan secara permanen di salon kecantikan saja.

Tahapan korea beauty untuk merawat rambut cukup mudah bukan, bahkan sudah Anda lakukan, namun terkadang terbalik atau ada beberapa tahapan yang terlewatkan. Sebaiknya tidak melewatkan tahapan eksfoliasi, karena semua perawatan akan percuma jika kondisi kulit kepala kotor. Pastikan sudah bersih dari kotoran dan sel kulit mati.

Baca Juga:  5 Masker Alami Efektif Merawat Semua Jenis Wajah

You Might Also Like...

2 Comments

Leave a Reply