Makeup Tahan Lama
Makeup

8 Tahapan Makeup Tahan Lama Dan Natural

Makeup jadi kebutuhan untuk wanita di zaman sekarang, bahkan kamu bisa jadi menggunakan makeup setiap harinya. Hal ini untuk menunjang penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri, hampir semua wanita ingin mendapatkan hasil makeup tahan lama dan natural, padahal ini dua hal yang berlainan arah.

Untuk mendapatkan makeup yang bisa tahan lama hingga 8 jam setelah penggunaan, kamu membutuhkan banyak produk makeup untuk mendukungnya. Sedangkan untuk mendapatkan hasil makeup natural, digunakan seminimalis mungkin produk untuk memberikan kesan alami. Dua hal berbeda yang kini bisa disatukan.

Takjub? Inilah keajaiban dalam dunia makeup, Try and Failed jadi kunci utama. Jika kamu tidak mencoba, kapan lagi dapat formula makeup tahan lama sekaligus natural. Setiap orang punya cara makeup berbeda, jadi jangan memaksakan orang lain untuk mengikutinya. Namun untuk kamu pemula, bisa jadi mengikuti tahapan ini untuk mempermudah mendapatkan hasil makeup yang diinginkan.

Ikuti 8 Tahapan Makeup Tahan Lama dan Natural

Tips Makeup Tahan Lama

Sumber : kursuskusumatiara.com

  1. Wajah Bersih dan Kering

    Tahapan pertama dan paling utama sebelum menggunakan makeup, pastikan wajah bersih dan kering. Bersihkan wajah terlebih dahulu, lakukan tahapan cleanser secara menyeluruh. Biasanya di mulai dengan pembersih wajah dengan oil based, ini akan mengeluarkan semua kotoran hingga di sela pori-pori, bahkan membuat wajah jadi lebih lembap karena terjadi kelebihan minyak.

    Setelah itu, baru gunakan pembersih wajah dengan bahan utama air, bertujuan untuk mengangkat semua kotoran yang sudah dibersihkan sebelumnya. Wajah jadi lebih segar, tenang dan kering. Ini akan mudah dikeringkan, gunakan saja handuk halus atau tisu dan biarkan kering dengan angin secara natural, baru memulai tahapan makeup.

  2. Gunakan Pelembap Wajah

    Setelah melakukan rangkaian cleanser, wajah membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Pastikan memberikan pelembap untuk membuat kulit tetap sehat, tidak kering dan mengalami iritasi karena terlalu banyak menggunakan makeup. Apalagi makeup bisa bertahan hingga 6 jam penggunaan, bahkan lebih, ini akan membuat kulit menjadi kering.

    Itulah sebabnya, penggunaan pelembap wajah sangat penting. Selain mempertahankan kesehatan kulit, aplikasi makeup jadi lebih sempurna, hasilnya tidak mudah retak dan luntur terkena keringat. Tapi, jangan sembarangan dalam memilih pelembap wajah, pastikan sesuai dengan jenis kulit dan tidak menimbulkan efek samping buruk.

  3. Aplikasi Foundation

    Kunci sukses makeup tahan lama adalah penggunaan dasarnya, foundation masih digunakan untuk meratakan warna kulit hingga membuat permukaan wajah menjadi lebih halus. Ada baiknya dalam aplikasi foundation, pilih dengan warna serupa atau satu tingkat lebih putih dari warna kulit kamu sekarang ini, sehingga hasil makeup tidak jauh berbeda.

    Aplikasi Foundation

    Sumber : panduanhidupsehat.com

    Saat penggunaan foundation, usahakan tipis saja dan merata. Jika memang tersisa, berikan pada bagian leher, sehingga tidak akan terjadi perbedaan terlalu mencolok antara warna kulit wajah dengan leher, inilah yang memberikan kesan natural. Cara aplikasi foundation yang benar, lakukan dari atas ke bawah, bukan sebaliknya.

  4. Aplikasi Bedak

    Ada dua jenis bedak yang bisa jadi pilihan, bedak tabur atau powder dan bedak padat, bahkan kini ada bedak dalam bentuk liquid, yaitu percampuran bedak dan foundation yang banyak disebut cushion. Ini semua memiliki penggunaan berbeda dan sebaiknya diurutkan dengan benar untuk memberikan hasil maksimal.

    Baca juga : Tips Makeup Natural Agar Terlihat Sempurna Tanpa Dempulan

    Mengawali makeup, gunakan bedak tabur untuk setting awal, apalagi jika menggunakan skin care dengan tahapan cukup panjang. Ini akan membuat wajah jadi lebih lembap dan sedikit basah, penggunaan bedak tabur akan membuat permukaan wajah jadi kering. Setelah itu bisa menggunakan bedak padat atau cushion, pilih salah satu saja. Jika sudah menggunakan cushion, sebaiknya tidak menggunakan dasar makeup lainnya.

  5. Makeup Mata

    Cukup rumit memang untuk mendapatkan makeup tahan lama untuk area mata, pasalnya keringat dan air mata jadi masalah utama. Apalagi jika kamu datang ke acara yang cukup sentimental, seperti pernikahan atau wisuda. Kemungkinan akan muncul air mata kebahagiaan yang tidak kamu bendung, sehingga membutuhkan makeup mata water proof.

    Pertama yang harus dilakukan untuk makeup mata, gunakan eyeshadow, setelah itu gunakan bulu mata tambahan, jika sudah terlihat lebat bisa menggunakan penjepit bulu mata saja. Lanjutkan dengan aplikasi eyelier, lebih mudah menggunakan eyeliner pensil dari pada eyeliner cair. Bagi pemula, disarankan untuk membuat garis di bagian atas mata saja, ini lebih mudah.

  6. Merapikan Bagian Alis Mata

    Banyak dari kamu mungkin merasa tidak perlu merapikan alis mata, namun demi kesempurnaan makeup, minimal menyisir alis mata agar tetap terarah dan tidak keluar jalur. Gunakan saja sisir yang tersedia pada ujung eyeliner, biasanya sudah tersedia. Jika memang sudah tebal, maka tinggal merapikan sesuai alurnya saja.

    Aplikasi Alis Mata

    Sumber : hellobeauty.id

    Jika merasa kurang, bisa menambahkan dengan alis mata sesuai keinginan. Arahkan bagian ujung ke luar, sehingga membuat alis semakin terbentuk. Selain itu, coba berikan perangsang untuk pertumbuhan alis mata lebih lebat. Bisa menggunakan minyak kemiri atau minyak rambut lainnya, sekarang ini sudah ada aloe vera yang bisa menenangkan kulit sekaligus merangsang pertumbuhan alis mata.

  7. Aplikasi Blush On

    Kamu tentu ingin tampil cantik dengan rona pipi yang memerah, itulah sebabnya banyak produk makeup menawarkan blush on dengan warna soft pink, peach hingga kemerahan. Namun coba gunakan blush on warna cokelat untuk memberikan kesan alami, ternyata inilah makeup tahan lama yang diinginkan wanita masa kini.

    Pasalnya tidak ingin terlihat menor, tampilan flawless tanpa makeup jadi prioritas utama. Karena kamu akan terlihat cantik dari lahir, penggunaan blush on warna cokelat bukan untuk memberikan warna pada pipimu. Tapi untuk mempertegas wajah, coba sapukan pada tulang pipi, tipis saja dan lihat perubahannya. Wajah akan terlihat lebih tirus dan tajam sehingga membuat kamu lebih percaya diri.

  8. Makeup Bibir

    Sentuhan akhir untuk mendapatkan makeup tahan lama, pastikan menggunakan lipstik andalan. Sekarang ini sedang trend lipstik nude, warna yang terkesan natural dengan pendekatan dengan warna kulit. Terkenal natural, alami dan sekarang sudah ada pilihan water proof. Ini nampaknya akan tetap jadi trend warna lipstik favorit di tahun mendatang.

    Baca juga : 5 Rekomendasi Warna Lipstik Untuk Semua Acara Tanpa Salah Kostum

    Kebanyakan lipstik nude itu sesuai jenis kulit atau terlihat merona saja, tapi tidak terlalu mencolok. Shade pilihan warnanya sudah pasti nude, soft pink, pink hingga peach. Ini sudah jelas akan memberikan nuansa berbeda, kebanyakan terlihat lebih muda dari usia sesungguhnya. Hal tersebut tentu menguntungkan untuk kamu yang sudah tidak nyaman dengan pertambahan usia dan ingin tampil lebih muda.

Bukan perkara susah untuk mendapatkan hasil makeup tahan lama sekaligus natural, intinya tidak perlu terlalu banyak menggunakan makeup. Natural itu, seminimal mungkin menggunakan makeup, namun bisa memberikan hasil makeup. Untuk tahan lama, gunakan eyeliner water proof agar tidak mudah luntur, bahkan kini sudah ada lipstik water proof agar tidak mudah hilang setelah makan.

Baca Juga:  Trik Makeup Rapi, Hasil Flawless Tanpa Lama

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply