Tips Atasi Burnout dalam Pekerjaan, Kamu Butuh Jeda!
Inspiration

Tips Atasi Burnout dalam Pekerjaan, Kamu Butuh Jeda!

Burnout dalam pekerjaan kerap menjadi penyebab stres bagi sebagian besar wanita karier. Jenuh dan lelah dalam pekerjaan juga sangat berpengaruh pada kesehatan mental wanita. Apalagi bagi wanita yang punya peran ganda di rumah, yaitu sebagai istri dan ibu.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi burnout dalam pekerjaan untuk menghindarkan diri dari frustrasi. Siapa tahu langkah sederhana ini bermanfaat buat kamu.

Ambil Jeda Sejenak

Ambil Jeda Sejenak

sumber: Pexels

Saat pikiran kamu sudah mulai keruh dan kalut, jauh lebih bijak kalau kamu memutuskan rehat sejenak. Jangan paksakan diri bekerja di kondisi pikiran tidak sehat. Kamu butuh menjernihkan hati dan pikiran sebelum kembali melanjutkan pekerjaan.

Sayangnya, banyak wanita mengabaikan hal ini. Jeda dalam bekerja bukan berarti membuang-buang waktu. Percayalah, memaksakan diri bekerja hanya akan membuat semua pekerjaan kamu semakin menumpuk dan tak kunjung selesai.

Peka pada Masalah yang Terjadi dalam Pekerjaan

Peka pada Masalah yang Terjadi dalam Pekerjaan

sumber: Pexels

Ada juga wanita karier yang sudah terlanjut burnout, tapi tidak mengerti akar masalahnya. Pokoknya masalah pekerjaan sudah mampu membuat dirinya stres hingga frustrasi. Padahal, belum tentu pekerjaan menjadi satu-satunya masalah penyebab burnout tersebut.

Ambil waktu untuk menganalisis apa yang kamu rasakan selama ini. Bisa jadi ada masalah pribadi di luar pekerjaan yang justru dapat memengaruhi kinerja di kantor. Cobalah untuk lebih peka dalam memahami kondisi dan mengurai akar masalah yang mengganggu pekerjaan ya, entah itu faktor internal maupun eksternal.

Baca Juga:  Hidup Sendirian dan Menyewa Rumah? Terapkan 7 Kebiasaan Baik Agar Uang Bulanan Terkendali

Urai Burnout melalui Diskusi dengan Rekan Kerja

Urai Burnout melalui Diskusi dengan Rekan Kerja

sumber: Pexels

Jangan pendam sendirian masalah pekerjaan yang seperti tidak ada jalan keluarnya. Cobalah untuk berdiskusi dengan rekan kerjamu, siapa tahu kamu bisa menemukan jawaban dari sana. Tidak semua hal harus serta merta kamu selesaikan sendirian tanpa bantuan orang lain.

Ada kalanya obrolan dengan rekan kerja bisa menjadi pemicu munculnya jalan keluar. Bahkan, bukan tidak mungkin juga rekan kerjamu dapat membantu kebuntuanmu. Ingat, kamu sesekali perlu bersikap terbuka dengan orang lain saat sedang ada masalah ya.

Pikiran Positif Membantu Meredakan Burnout dalam Pekerjaan

Pikiran Positif Membantu Meredakan Burnout dalam Pekerjaan

sumber: Pexels

Selelah-lelahnya kamu bekerja, cobalah untuk mengurangi frekuensi mengeluh. Mencaci maki pekerjaan tidak dapat membantumu lepas dari rasa stres. Coba pikirkanlah sisi positif dari masalah yang muncul agar sudut pandangmu sedikit berubah.

Pikirkan bahwa serumit apa pun pekerjaanmu, setidaknya kamu masih beruntung masih bisa bekerja. Ingatlah orang-orang tersayang yang menunggu kamu pulang agar punya semangat untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak ada yang salah dengan mengeluh, hanya saja jangan dilakukan terus-menerus tanpa solusi ya.

Hadapi burnout dalam pekerjaan dengan cara lebih bijak. Sadari rasa lelahmu dan istirahatlah sejenak. Kembalilah bekerja saat hati dan pikiran sudah lebih tenang ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply