Batasan Penggunaan Kartu Kredit
Lifestyle

Batasan Penggunaan Kartu Kredit Supaya Tidak Menyesal Kemudian

Kartu kredit memang sudah jadi bagian gaya hidup modern, namun tahukah kamu ini merupakan jerat utang tiada akhir. Jika memang ingin menggunakan kartu pintar tersebut, sebaiknya memberikan batasan penggunaan kartu kredit, sehingga apa pun yang kamu lakukan bisa lebih terkendali dan tetap memiliki kontrol tersendiri.

Memang tidak salah memiliki kartu kredit, ini akan memberikan kemudahan pembayaran, apalagi jika kamu memesan barang dari luar negeri. Namun dari sisi psikologis, ada banyak hal yang harus dipikirkan sebelum menentukan limid kartu pembayaran pintar tersebut. Pasalnya banyak pengguna mengaku menyesal dan kapok, setelah mendapatkan utang dalam jumlah besar.

Ada baiknya, kamu menentukan berapa besaran batasan penggunaan kartu kredit, sebelum nantinya menyesal dengan pilihan tersebut. Gunakan kartu pintar ini sesuai kebutuhan dan sebaiknya dibayarkan secara penuh setelah transaksi yang sudah dilakukan, ini akan membuat kamu tidak menyesal dan tetap bijak dalam penggunaan.

Keuntungan Menentukan Batasan Penggunaan Kartu Kredit

Tentukan Batasan Penggunaan Kartu Kredit

Sumber : clark.com

  1. Takut Dengan Utang

    Jika dilihat dari survei, kebanyakan orang Indonesia masih takut dengan utang. Terlebih lagi dalam bentuk kartu kredit yang tidak diberikan pemahaman selengkapnya, bagaimana mekanisme dari penggunaan kartu pintar tersebut. Kartu kredit menjadi utang yang tidak terlihat namun bisa menjadi gurita yang siap memakan kamu.

    Apalagi jika dalam penggunaan tanpa adanya batasan, sehingga jiwa konsumtif yang sebelumnya tidak ada maka bisa muncul. Hal ini karena kemudahan dalam berbelanja, sekarang ini hampir semua transaksi dilakukan secara digital, sehingga keinginan berbelanja jadi semakin meningkat. Ingat kembali, apa yang jadi tujuan kamu menggunakan kartu kredit.

  2. Pembayaran Dengan Utang

    Hal yang membuat kamu harus menentukan batasan penggunaan kartu kredit adalah setiap transaksi pembayaran berupa utang, inilah yang harus kamu pahami dan ingat baik-baik. Pasalnya setiap pembelian, ini merupakan utang yang harus dibayarkan. Memang ada banyak kemudahan pembayaran, seperti cicilan atau hanya membayarkan bunga.

    Namun hal tersebut tidak bisa langsung menyelesaikan masalah, itulah sebabnya bijaklah dalam penggunaan kartu kredit. Jika memang pembelian bisa diselesaikan dengan uang tunai, kenapa harus berutang. Memang sekarang bukan berarti beban, namun akan jadi masalah besar saat mengalami kesulitan finansial.

  3. Khawatir Dengan Utang

    Jangan sampai setelah mengambil kartu kredit kamu diliputi rasa kekhawatiran saat menggunakannya, kartu pintar ini ada untuk memberi kemudahan bukan membuat kamu semakin tersiksa. Itulah sebabnya, pikirkan matang-matang sebelum menggunakan kartu kredit, sehingga bisa lebih bijak dan tenang.

    Keuntungan Menetapkan Batasan Penggunaan Kartu Kredit

    Sumber : bbc.com

    Selain itu, ada baiknya menentukan batasan penggunaan kartu kredit, ini akan jadi patokan berapa yang boleh kamu gunakan untuk berbelanja dan mampu diselesaikan pembayaran di akhir atau awal bulan selanjutnya. Jangan sampai menumpuk utang di kartu kredit, pasalnya ini akan menjadi utang yang tidak akan pernah terselesaikan.

  4. Generasi Milenials Penyuka Kartu Kredit

    Era modern sekarang ini, generasi milenials tidak mempermasalahkan dengan kartu kredit, malahan semakin berlomba mendapatkan limid batasan penggunaan kartu kredit lebih banyak. Ini merupakan gaya hidup modern yang sebenarnya sangat konsumtif, dimana tidak lagi memikirkan pengeluaran dengan baik, malahan semakin menumpuk utang.

    Berbeda dengan generasi X (generasi tua), dimana memiliki kecenderungan untuk menyelesaikan utang secepat mungkin agar merasa lega. Pasalnya utang masih di anggap beban, jika kamu anak milenials yang mau punya kartu kredit, sebaiknya lihat lagi kebutuhan dan kemampuan, apakah perlu menggunakan kartu pintar ini atau tidak, sebaiknya jangan dahulu jika memang pemasukan masih di bawah standar.

  5. Tidak Melunasi Kartu Kredit Setiap Bulan

    Ada banyak sekali kemudahan yang didapatkan dari kartu kredit, bebas melakukan pembayaran dimana pun, tanpa ada batasan apalagi jika mengambil kartu kredit unlimited. Tapi ada satu keburukan jika kamu tidak menetapkan batasan penggunaan kartu kredit, jumlah pengeluaran membengkak dan tidak bisa membayar di tanggal yang sudah ditetapkan.

    Baca juga : 4 Keistimewaan Sahabat Introver Itu Selalu Dirindukan

    Tapi tenang, pihak kartu kredit akan menawarkan pembayaran lunak, misalkan hanya membayarkan bunga dan administrasinya saja, bisa juga mencicil jumlah pengeluaran terlebih dahulu atau hanya membayarkan administrasinya. Jangan terkecoh, ini hanya solusi jangka pendek, pasalnya kamu tetap harus membayarkan semuanya, bahkan dengan jumlah lebih banyak dari pengeluaran sebelumnya.

  6. Kredit Macet

    Ini bukan hanya terjadi pada pengajuan kredit dengan jaminan, sehingga tidak sedikit penggunaannya akan menyepelekan, bahkan tidak mau membayarkan apa yang sudah digunakan sebelumnya. Ini banyak disebut kredit macet, memang awalnya tanpa masalah namun kamu bisa terkena masalah hingga meja hijau.

    Pasalnya pada perjanjian awal pembuatan kartu kredit, kamu sudah setuju dengan aturan main dan sangsi yang akan dijatuhkan jika melakukan pelanggaran. Inilah yang membuat pengguna kartu kredit harus berhati-hati, pasalnya kamu tidak bisa berbuat seenaknya. Ada baiknya menentukan dahulu batasan penggunaan kartu kredit, sehingga tidak akan terkena masalah kredit macet.

Ada baiknya kamu memikirkan lagi saat melakukan pengajuan kepemilikan kartu kredit, pasalnya ini akan memberikan konsekuensi yang besar. Ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu berapa besaran batasan penggunaan kartu kredit sebelumnya, sehingga tidak akan menyesal kemudian. Selain itu, pastikan pengeluaran tidak melebihan pendapatan kamu setiap bulannya.

Baca Juga:  4 Hal Penting untuk Persiapan Pensiun bagi Wanita, Sudah Disiapkan?

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply