Body & Skin Care

Bau Badan Saat Menstruasi? Gunakan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Bau badan dapat disebabkan oleh banyak hal, namun wanita paling tidak percaya diri mendapatkan tubuhnya sangat bau pada saat menstruasi. Ini memang dipengaruhi banyak hal, terutama pola makan dan jenis makanan yang di konsumsi. Anda tentu tidak ingin malu jika kejadian tersebut terus berulang setiap harinya, sehingga membutuhkan solusi permanen bukan sementara.

Banyak penelitian menyebutkan, adanya bau tak sedap saat datang bulan itu wajar, karena tubuh sedang mengalami perubahan produksi hormon. Namun banyak wanita mengeluhkan hal tersebut, bahkan setelah menggunakan parfum, hanya membantu pada beberapa jam awal penggunaan saja, selebihnya tetap akan muncul bau tak sedap.

Menjaga kebersihan saja, terutama di organ intim tidak banyak membantu. Hal ini bahkan terjadi saat masa datang bulan saja, bagaimana cara mengatasinya? Bahkan jika digunakan parfum aromanya semakin tidak enak, Anda harus segera mengatasinya dengan cara cepat namun efektif mengusir bau badan tak sedap.

5 Cara Untuk Mengatasi Bau Badan Tak Sedap Saat Menstruasi

bau badan saat menstruasi

Sumber : hellosehat.com

  1. Jagalah Kebersihan Tubuh

    Saat menstruasi, Anda akan lebih merasa kotor karena keringat di produksi lebih banyak, terjadi pengeluaran darah kotor terlalu banyak, apalagi di awal mulai. Ini tentu akan membuat tubuh mengeluarkan bau tak sedap, cara mengatasinya bagaimana pun caranya cobalah untuk tetap bersih.

    Misalkan ke kantor dengan membawa dua hingga lebih pakaian formal, saat istirahat siang, bisa digunakan untuk berganti pakaian. Sehingga tubuh akan lebih fresh dan segar, bukan hanya itu saja bau badan saat menstruasi akan tersamarkan dan Anda akan lebih percaya diri saat datang bulan sekalipun.

  2. Mandi Lebih Sering

    Bukan hanya berganti pakaian saja, kenapa tidak  membersihkan tubuh secara keseluruhan. Caranya, cobalah mandi lebih sering dari biasanya. Anda mandi dua kali sehari, setiap pagi dan sore hari bukan, saat menstruasi kotoran akan lebih banyak dan produksi minyak berlebih, kenapa tidak mandi di jam istirahat makan siang.

    Baca juga : 4 Cara Mudah Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi

    Anda akan lebih nyaman, merasa segar dan bisa menjalani hari dengan baik. Selain itu, bisa mengembalikan mood yang buruk karena sakit perut, bahkan tidak perlu selalu menyemprotkan parfum di seluruh tubuh untuk menyamarkan bau badan tak sedap akibat perubahan hormon setiap bulannya tersebut.

  3. Gunakan Parfum Agar Keras

    Anda biasanya menggunakan parfum yang soft hanya untuk mempertegas aroma tubuh saja, namun saat menstruasi ini tidak bisa dilakukan. Aroma parfum akan menghilang karena bau badan sedang sangat tidak bersahabat, itu sebabnya perlu menggunakan parfum yang beraroma sedikit keras, hal ini untuk menutupi bau tak sedap yang keluar.

    Bisa juga mencoba aroma parfum buah yang lebih segar dan keras, misalkan seperti jeruk atau citrus. Ini akan menyamarkan bau badan saat menstruasi dan membuat Anda terasa lebih segar, aroma akan mengembalikan mood menjadi lebih baik. Karena saat menstruasi, hampir sebagian besar wanita mengalami aroma tubuh tak sedap.

  4. Jangan Konsumsi Makanan Berbau Tajam

    Untuk sementara, cobalah hindari makanan yang beraroma tajam. Seperti seafood, jengkol, petai atau beberapa olahan yang sangat kental dengan santai. Hal ini akan memperburuk aroma tubuh yang keluar nantinya, selain itu makanan tersebut juga tidak akan membuat menstruasi semakin lancar karena tidak mengandung serat.

    makan seafood

    Sumber : momjunction.com

    Selain itu, cobalah kurangi penggunaan bawang merah , bawang bombai dan bawang putih, bahan utama ini memang bisa menyebabkan bau tak sedap. Ada baiknya untuk menghindari makanan olahan yang menggunakan bumbu tersebut, sehingga tidak menyebabkan semakin busuk. Bahkan jangan terlalu sering konsumsi kopi saat menstruasi dan lebih banyak minum air putih.

  5. Minum Obat Penghilang Bau

    Selain mengatasi bau badan dari luar, kenapa tidak minum sesuatu yang bisa mengendalikan bau tersebut. Misalkan, banyak wanita Indonesia suka konsumsi jamu, bukan hanya untuk menjaga kesegaran namun menghindari bau tak sedap, apalagi saat menstruasi. Ini ramuan alami yang tidak menimbulkan efek samping dan bias di konsumsi jangka panjang.

    Selain menghilangkan bau, jamu juga berkhasiat membuat datang bulan semakin lancar, menghindari sakit perut melilit di awal menstruasi bahkan bisa membuat Anda lebih nyaman. Jamu tidak tahan lama, sehingga lebih baik langsung di minum dan tidak menyimpan dalam jangka panjang.

Ada banyak cara bukan untuk mengatasi bau badan saat menstruasi, ini memang sangat bau apalagi jika Anda menyukai seafood. Jangan sampai, bau tak sedap membuat Anda tidak percaya diri dan mengalami masa sulit. Semua orang tahu jika wanita akan mengalami hal tersebut setiap bulannya, namun ada baiknya bersiap agar orang lain tetap nyaman di sekitar Anda.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply