Bau Mulut
Lifestyle

Bau Mulut Meskipun Rajin Sikat Gigi, Ini Penyebabnya !

Bau mulut memang jadi masalah kecil yang bikin malu, bagaimana tidak jika kamu sudah terlihat cantik, makeup dan tampilan sempurna. Tapi saat membuka mulut mengeluarkan bau tak sedap, ini tentu akan menurunkan rasa percaya diri. Bukan karena lupa gosok gigi atau tidak menggunakan pencuci mulut, bisa jadi ini diakibatkan mulutmu bau.

Napas yang mengeluarkan bau tak sedap, biasanya setelah konsumsi makanan tertentu. Bahkan after effect nya bisa jadi dalam jangka panjang, ini tidak akan bisa hilang hanya dengan sikat gigi, mouthwash hingga dental floss, jadi apa yang harus dilakukan? Menghindari makanan yang berpotensi menyebabkan bau mulut.

Tapi bagaimana jika itu makanan favorit, pasti akan selalu tergoda bukan dan tidak mungkin mengurangi. Tapi bukan hanya makanan penyebab bau mulut, ternyata ada kebiasaan yang membuat kamu bisa mengalami bau tak sedap. Coba mulai hilangkan kebiasaan buruk ini, maka napasmu akan cukup segar nantinya.

5 Kondisi Jadi Penyebab Bau Mulut, Bukan Cuma Makanan

Kebiasaan Bikin Bau Mulut

Sumber : 1health.id

  1. Kurang Cairan

    Ini kondisi yang sering kali dialami banyak anak muda, bahkan kamu yang sudah bekerja sekalipun, lupa untuk minum air putih minimal 7 gelas atau dua liter setiap harinya. Ternyata bukan hanya tubuh yang akan memberikan dampak negatif, secara tidak langsung menjadi penyebab bau mulut datang tiba-tiba. Hal kecil yang tidak banyak disadari bukan.

    Hal ini karena terjadi halitosis,  bakteri akan berkembang biak dalam mulut yang sedang dalam kondisi kering. Bahkan disebutkan oleh Dr. Harold Katz, Dokter gigi sekaligus Ahli Bakteriologi, dehidrasi akan menyebabkan halitosis membandel, karena terjadi penurunan air liur. Ini memang bakteri tidak berbahaya, namun memberikan dampak kurang menyenangkan.

  2. Makanan Rendah Karbohidrat

    Kamu yang sedang menerapkan pola makan diet keto, paleo atau diet dengan pengurangan jumlah karbohidrat. Ternyata ini akan menyebabkan bau tak sedap. Pasalnya terjadi penurunan jumlah karbohidrat dengan peningkatan protein, inilah yang akan menciptakan keton. Memang bagus untuk menurunkan berat badan, karena dapat memecah lemak menjadi energi.

    Saat tubuh mengalami ketobeath, nantinya tubuh akan mengeluarkan aseton dan keton. Bisa melalui napas dan urine, jika terjadi bau busuk, bisa jadi karena napas mengalami ketobeath. Sehingga kamu mengalami napas tak sedap, ini bisa dihilangkan jika menambahkan karbohidrat, bahkan membuat kamu jadi memiliki energi tambahan.

  3. Kelebihan Berat Badan

    Masalah berat badan memang jadi hal utama, diet memang solusi tepat, namun pastikan tidak mengganggu aktivitas. Ternyata berat badan tidak ideal, dapat menyebabkan napas mengeluarkan bau tak sedap.  Hal ini meruntut penelitian yang dilakukan pada 2007 dan 2013 lalu, dimana seseorang yang diagnosis kelebihan berat badan, akan mengalami mengeluarkan napas tak sedap.

    Penyebab Bau Mulut

    Sumber : ramadan.jpnn.com

    Hal ini karena ada kemungkinan organisme hidup di area usus, sehingga mengeluarkan bau tak sedap saat buang gas. Bukan itu saja, ini memengaruhi saat bernapas, sehingga kamu bisa jadi kurang percaya diri saat bicara dengan orang lain terlalu dekat. Pasalnya sekalipun sudah gosok gigi dan menggunakan penyegar mulut, masalah bau mulut tetap muncul.

  4. Penggunaan Alat Kontrasepsi

    Untuk mencegah kehamilan, wanita dewasa disarankan menggunakan alat kontrasepsi. Ini memang bisa mencegah kehamilan, tapi tidak jarang menyebabkan efek samping lainnya. Seperti tubuh menjadi gemuk atau kurus, hal ini terjadi karena pengaruh hormon, tapi apa hubungannya dengan bau mulut tak sedap, karena terjadi pada gusi.

    Baca juga : Batasan Penggunaan Kartu Kredit Supaya Tidak Menyesal Kemudian

    Jika kamu menggunakan alat kontrasepsi oral, maka kemungkinan besar mengalami bau mulut tak sedap, pasalnya ini akan meningkatkan progesterone atau estrogen, sehingga dapat mencegah kehamilan, namun bisa membuat mulut menjadi kering. Inilah yang akan mengeluarkan bau tak sedap, cara mengatasinya, coba gunakan alat kontrasepsi lainnya.

  5. Makan Tidak Teratur

    Nggak mau makan bukan solusi untuk menurunkan berat badan, kebanyakan dari anak remaja melakukan mogok makan supaya mengurangi berat badan. Padahal ini akan merusak tubuh dan akhirnya sakit, bahkan menerapkan pola makan tidak teratur, bisa mengganggu bau mulut dan membuatnya tidak sedap.

    Inilah kenapa saat kamu berpuasa, telat makan atau mogok makan, keluar aroma tak sedap, padahal tidak makan apapun.  Hal tersebut disebabkan produksi air liur menurun sehingga mulut dalam kondisi kering. Hal tersebut membuat bakteri dalam mulit, langit-langit hingga lidah semakin banyak berkembang biak. Maka dari itu, makan dan minum akan memengaruhi bau mulut seseorang.

Baca Juga:  5 Tanda Belum Siap Untuk Kembali Menjalin Hubungan Cinta

Ada baiknya, jika kamu ingin menghindari bau mulut, bukan hanya memilih makanan namun juga menjaga kebiasaan. Makan permen karet rasa mint bukan solusi, pasalnya ini akan meningkatkan produksi air liur yang menyebabkan bakteri dalam mulut semakin berkembang biak. Bukan itu saja, pastikan minum cukup agar tidak mengalami bau tak sedap pada mulut.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply