Inspiration

4 Perjuangan Wanita Karier di Tengah Banyak Peran yang Dilakoni

Wanita karier pastinya punya tantangan tersendiri di dunia kerja. Meski zaman sudah semakin maju, tidak serta merta membuat wanita bebas dalam berkarier selayaknya laki-laki. Ada saja hal-hal yang kerap menjadi hambatan wanita, entah itu dari diri sendiri, lingkungan sekitar, hingga keluarga.

Tidak perlu berkecil hati kalau kamu merasa harus jatuh bangun dalam membangun karier. Bentuk perjuangan wanita karier berikut pasti pernah kamu alami. Dengan banyak peran yang kamu miliki, hal-hal inilah yang membuatmu harus tetap bertahan berjuangan hingga sekarang.

Kerap Mendapat Hambatan dalam Kemajuan Karier

Kerap Mendapat Hambatan dalam Kemajuan Karier

sumber: Pexels

Tidak semua wanita bisa beruntung memiliki jenjang karier yang bagus. Ada kalanya beberapa wanita sering kesulitan untuk bisa mendapatkan promosi jabatan dibandingkan laki-laki. Banyak faktor yang melatarbelakangi, salah satunya adalah peran-peran yang dimiliki wanita kebanyakan: sebagai istri, ibu, dan pekerja.

Bahkan, sebagian wanita juga mendapat hambatan justru dari keluarga sendiri. Tidak bisa dipungkiri masih ada orang tua yang menganggap sebaiknya pekerjaan seorang wanita tidak perlu tinggi-tinggi. Tugas wanita kelak adalah membangun dan membesarkan rumah tangga di rumah, bukan berkarya di luar.

Dengan hambatan internal semacam ini, sudah sewajarnya kalau kamu terpacu untuk lebih bersemangat ya. Dobrak semua stigma yang seolah memenjarakan wanita dalam berkarier. Ingat, kamu punya kesempatan besar untuk menjadi apa yang kamu inginkan, bukan hanya berdiam.

Baca Juga:  Mau Belajar Menabung Saham? Pahami Dan Ketahui Syaratnya Terlebih Dahulu

Persimpangan Dilema antara Keluarga dan Pekerjaan

Persimpangan Dilema antara Keluarga dan Pekerjaan

sumber: Pexels

Ini yang sering diperbincangkan orang-orang seputar peran wanita. Kerap sekali wanita diminta memilih antara karier atau keluarga. Padahal, dua hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus dipilih salah satu dengan mengorbankan yang lainnya.

Wanita bisa berperan sebagai istri dan ibu saat di rumah. Di sisi lain, wanita juga punya peran di lingkungan luar lewat pekerjaanya. Jadi, rasanya agak aneh kalau wanita selalu disuruh memilih antara keluarga atau pekerjaan. Bukankah dua hal tersebut jelas-jelas bisa dilakoni bersamaan?

Diskriminasi pada Wanita Kadang Masih Ditemukan di Kantor

Diskriminasi pada Wanita Kadang Masih Ditemukan di Kantor

sumber: Pexels

Wanita karier juga sering terkendala diskriminasi saat di kantor. Beberapa perusahaan ada yang masih menganggap sebelah mata pada kemampuan wanita. Tidak heran nih, kadang lebih banyak porsi pemimpin disematkan pada laki-laki dibandingkan wanita.

Sementara itu, wanita juga tidak dengan mudah menyerah kok. Kalau pun memiliki jabatan lebih tinggi susah didapat, setidaknya peran menjadi pemimpin di kelompok kecil pun bisa jadi pilihan. Banyak yang tidak sadar nih kalau satu sosok wanita bisa menggerakkan dan mendorong kinerja tim menjadi lebih baik.

Kemandirian Wanita Karier Menjadi Bahan Pembicaraan dalam Keluarga

Kemandirian Wanita Karier Menjadi Bahan Pembicaraan dalam Keluarga

sumber: Pexels

Ironinya, keluarga kadang juga tidak sepenuhnya mendukung karier wanita. Beberapa nasihat dan petuah lama yang sudah tidak relevan terkadang masih diberikan kepada wanita. Misalnya: jangan terlalu mandiri sebagai wanita, nanti tidak ada laki-laki yang berani mendekat.

Baca Juga:  4 Tanda Wanita Sudah Profesional dalam Bekerja, Kamu Salah Satunya?

Belum lagi kalau seorang wanita tidak kunjung menikah di usia yang dianggap rawan. Keluarga justru sering memperbincangkan hal ini dan menganggap karier wanita adalah biang masalahnya. Hal-hal seperti ini memang terkesan sangat menyebalkan, tetapi dari situlah wanita semakin dikuatkan.

Semoga kamu tetap bisa semangat sebagai wanita karier ya. Jangan sampai hambatan tadi menghalangi mimpimu dan teruslah berkarya di tengah semua peran yang kamu lakoni!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply