Lifestyle

Benci Pelukan? Ini 5 Alasan Penyebab Hal Tersebut

Berpelukan adalah cara paling efektif untuk menyalurkan energi positif, namun tahukah Anda ada orang yang benci pelukan. Hal yang cukup aneh bukan, pasalnya peluang bisa memicu produksi hormon yang membuat Anda bahagia, hormon oksitosin atau banyak disebut hormon cinta akan memengaruhi kebahagiaan seseorang.

Dimana hormon oksitosin akan berperan aktif membuat Anda lebih tenang, nyaman dan merasa terlindungi. Sehingga tidak mudah stres, gugup dan di liputi rasa khawatir berlebihan. Anda akan merasa tenang dan bisa melakukan aktivitas dengan baik, pelukan jadi cara paling mudah untuk memicu hormon oksitonin.

Namun bagaimana dengan orang yang benci pelukan? Apakah nantinya tidak akan bisa bahagia karena hormon oksitonin tidak berproduksi lebih banyak, apakah orang tersebut akan kaku dan terlalu lurus. Ternyata ada alasan logis, kenapa seseorang tidak suka di peluk, apalagi oleh lawan jenis yang tidak dikenal sebelumnya.

3 Alasan Kenapa Ada Orang Benci Pelukan

alasan benci pelukan

Sumber : grid.id

  1. Punya Masalah Percaya Diri

    Kebanyakan orang yang tidak ingin adanya kontak fisik memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah, hal ini sudah ditanamkan sejak kecil. Sehingga sering kali merasa tidak nyaman dengan orang baru, bahkan saat menyentuh secara langsung. Pelukan yang dilakukan juga terasa canggung dan kaku, jika bisa akan menghindarinya.

    Hal ini karena memiliki rasa percaya diri yang rendah, mudah minder dan merasa tidak cukup baik dari orang lain. Sehingga akhirnya menutup diri dan tidak mudah terbuka dengan lingkungan, sebaiknya mulai mengubah hal tersebut. Bukan berarti menerima pelukan semua orang, melainkan mulai mengenal dan bisa berkomunikasi dengan baik.

    Cara mengatasinya, cobalah untuk ajak bermain dan berkomunikasi. Setelah itu, buatlah sentuhan ringan, bergandengan tangan hingga berpelukan nantinya. Ini akan jadi terapi yang tepat, apalagi jika dilakukan oleh orang terdekat, seperti orang tua atau teman dekat. Ini bukan sebuah penyakit, namun rasa percaya diri seseorang sedang menurun saja.

  2. Tidak Suka Sentuhan

    Jangan bingung dan merasa aneh, jika mendapatkan lawan jenis atau ada perempuan yang tidak suka di sentuh. Ini bukan karena melihat ada yang berbeda, melainkan tidak suka dengan adanya sentuhan. Bisa jadi karena mengalami sakit di kulit, tidak pernah mendapatkan sentuhan saat kecil atau mengalami trauma.

    Hal ini terjadi pada beberapa orang, bisa jadi mengalami bully di sekolah sehingga menjadi trauma hingga sekarang, belum lagi pernah mendapatkan pelukan yang menyiksa dari orang yang tidak dikenal. Ada banyak hal kenapa seseorang benci pelukan, biasanya memang akibat trauma di masa lalu yang enggan di sembuhkan.

    Baca juga : Masih Jomblo Sampai Sekarang? Ini 5 Alasan Jujur Para Wanita

    Bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya buat orang tersebut bicara, kenapa bisa benci pelukan. Buat dia bercerita, tentang trauma atau ketidaksukaan tersebut. Jika sudah bercerita, maka Anda akan dianggap orang yang dipercaya, cobalah untuk berpelukan. Awalnya bisa jadi menolak, lakukan dengan sentuhan ringan seperti berpegangan tangan misalkan.

  3. Germophobia

    Ini merupakan fobia terhadap sentuhan, dimana orang tersebut mengalami ketakutan hingga terancam jika akan di sentuh. Ini tidak ada kaitannya dengan trauma di masa lalu, namun enggan bersentuhan apalagi berpelukan karena merasa takut tertular kuman dari orang lain, melalui sentuhan tangan langsung.

    Solusi benci pelukan

    Sumber : weheartit.com

    Ini merupakan kondisi pasien Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), setelah dewasa nantinya jika berjabat tangan, akan langsung membersihkan dengan cairan desinfektan. Jika tidak maka akan bersin hingga alergi, ini bisa disembuhkan dengan sugesti atau kepercayaan bukan obat. Dimana pasien diharapkan bisa menerima sentuhan orang lain, sehingga lambat laun akan meninggalkan kebiasaan benci pelukan.

Nah coba lihat lagi, apakah orang terdekat Anda masuk dalam salah satu kriteria penyebab benci pelukan, jika terlihat normal saja. Bisa jadi memang enggan untuk berpelukan dengan Anda, apalagi lawan jenis yang menganggap pelukan itu hal tabu dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Pelukan biasanya hanya untuk orang terdekat, seperti orang tua dan saudara kandung saja.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply