5 Bentuk Self Care yang Nunjukin Kamu Sayang sama Diri Sendiri
Inspiration

5 Bentuk Self Care yang Nunjukin Kamu Sayang sama Diri Sendiri

Self care merupakan proses atau bagian dari mencintai diri sendiri. Bentuk self care sendiri sangat beragam, mulai dari masalah kesehatan hingga finansial. Nah, penting nih bagi wanita untuk memahami cara merawat diri sendiri dari segala aspek.

Lalu, apa saja sih bentuk self care yang bisa dilakukan wanita di kehidupan sehari-hari? Simak ulasan singkatnya berikut ini ya!

Rutin Olahraga

Rutin Olahraga

sumber: Pexels

Olahraga mungkin adalah sesuatu yang cukup sulit dilakukan sebagian besar wanita, terlebih jika punya peran ganda sebagai istri dan ibu. Belum lagi ditambah dengan kesibukan di kantor yang tiada henti. Padahal, olahraga merupakan bentuk self care yang sebaiknya diterapkan sehari-hari.

Olahraga tidaklah harus selalu memakan waktu lama kok. Wanita bisa menyediakan 15 hingga 30 menit per hari untuk melakukan olahraga ringan di rumah. Banyak pilihan olahraga ringan di YouTube yang bisa dipraktikkan sehari-hari.

Menjaga Pola Makan Sehat

Menjaga Pola Makan Sehat

sumber: Pexels

Bentuk self care berikutnya adalah perihal pola makan. Memberi asupan yang baik pada tubuh merupakan wujud dari mencintai diri sendiri loh. Apa yang kamu makan tentunya akan memengaruhi kesehatan badanmu seutuhnya bukan?

Oleh sebab itu, penting sekali untuk memilih makanan sehat selalu masuk ke dalam menu kamu. Bukan berarti kamu tidak bisa makan junk food atau yang lain. Hanya saja, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan yang terlalu banyak pengawet, pemanis, atau kalori berlebihan.

Baca Juga:  5 Resolusi Keuangan Untuk Mendapatkan Masa Pensiun Bahagia

Sehat dalam Hubungan Sosial

Sehat dalam Hubungan Sosial

sumber: Pexels

Wanita sering tidak sadar kalau lingkungan sosial di sekitarnya sangat memengaruhi kesehatan mentalnya. Coba cek, apakah orang-orang di sekelilingmu memberikan dampak yang baik untukmu? Atau justru selama ini kamu terjebak dalam lingkungan pertemanan yang toxic?

Tidak semua orang harus kamu jadikan teman. Pandai-pandailah dalam memilih lingkaran pertemanan agar hidupmu pun nyaman. Kuantitas pertemanan tidak menjamin kamu memiliki kualitas sosial yang baik.

Punya Keseimbangan Emosi

Punya Keseimbangan Emosi

sumber: Pexels

Wanita perlu memahami pentingnya menjaga keseimbangan emosi. Bentuk self care ini lebih banyak menitikberatkan pada pengelolaan emosi, mulai dari sedih, bahagia, kecewa, hingga marah. Wanita terkadang mudah sekali terbawa emosi sehingga satu hari yang dimiliki terasa berantakan.

Saat kamu bisa mengelola emosi dengan baik, kamu tidak akan mudah terbawa perasaan saat ada masalah. Hati kamu menjadi lebih stabil karena tidak perlu memperpanjang masalah. Kebiasaan ini dapat membentuk sifat mencintai diri sendiri secara alami juga loh.

Peduli pada Finansial Pribadi

Peduli pada Finansial Pribadi

sumber: Pexels

Salah satu aspek yang jarang dimengerti sepenuhnya oleh wanita adalah finansial. Apa iya finansial dapat memengaruhi kesehatan mental? Secara tidak langsung, wanita yang punya finansial sehat cenderung lebih mudah mencintai diri sendiri loh.

Baca Juga:  5 Resep Sukses Dalam Karir Dari Penguasa Milenial

Belajarlah untuk mensyukuri pendapatan yang kamu miliki. Kendalikan dirimu dari keinginan-keinginan yang sifatnya bisa ditunda. Atur dan siapkan keuanganmu dengan baik hingga masa tua agar kamu tidak perlu stres saat kondisi krisis datang.

Jadi, bentuk self care mana yang sudah kamu terapkan selama ini? Ingat ya, mencintai diri sendiri itu melibatkan banyak aspek!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply