Kenapa Berat Badan saat Menstruasi Cenderung Naik? Ini Alasannya!
Inspiration

Kenapa Berat Badan saat Menstruasi Cenderung Naik? Ini Alasannya!

Berat badan wanita saat menstruasi kerap mendadak naik tanpa sebab jelas. Selain cenderung lebih mudah emosi dan peka pada hal-hal kecil, banyak wanita mendapati dirinya makin gemuk saat tamu bulanan datang. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama?

Pada dasarnya, siklus menstruasi yang dialami wanita agak memberikan dampak atau efek berbeda-beda. Ada yang perutnya sakit tak tertahankan, ada pula yang menjadi suka makan apa pun, hingga mudah marah dan tersinggung. Tidak semua wanita akan mengalami hal yang sama, jadi wajar kalau watak wanita mendadak berubah saat menstruasi ya.

Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa wanita merasa berat badan saat menstruasi cenderung naik. Benarkah semua wanita akan menggemuk saat datang bulan?

Kadar Air dalam Tubuh Naik

Kadar Air dalam Tubuh Naik

sumber: Pexels

Perubahan hormon pada wanita biasanya terjadi menjelang menstruasi datang. Puncaknya, kadar hormon estrogen akan semakin tinggi saat sudah menstruasi. Inilah yang membuat kadar air dalam tubuh naik sehingga berat badan saat menstruasi pun terasa meningkat.

Bertambahnya jumlah hormon estrogen mengakibatkan tubuh harus menahan air dalam jumlah lebih banyak. Beberapa area tubuh akan terasa lebih berisi, khususnya payudara. Hal ini sangat normal terjadi dan biasanya berat badan akan turun dengan sendirinya selepas menstruasi selesai.

Baca Juga:  5 Trik Rasional Saat Negosisasi Gaji, Pastikan Tidak Menyesal Kemudian

Kurangnya Olahraga

Kurangnya Olahraga

sumber: Pexels

Ngaku deh, siapa yang malas olahraga kalau sedang menstruasi? Bukan hanya kurang olahraga, badan juga rasanya malas terlalu banyak bergerak. Akibatnya, ada beberapa wanita yang menghabiskan banyak waktu hanya untuk duduk lama atau tiduran di kasur saat menstruasi.

Kurang gerak dapat menjadi pemicu berat badan saat menstruasi naik. Asupan makanan yang masuk ke tubuh tidak dibakar sama sekali, jadi ya jangan heran kalau tertimbun jadi lemak. Cobalan untuk tetap berolahraga saat datang bulan, misalnya sebatas jalan kaki atau bersepeda santai.

Keinginan untuk Makan Tinggi

Keinginan untuk Makan Tinggi

sumber: Unsplash

Saat menstruasi, kadar serotonin pada wanita menurun sehingga merangsang otak untuk menginginkan makan makanan manis. Wajar ya kalau beberapa wanita malah menjadi doyan kue atau cokelat secara berlebihan ketika datang bulan. Ternyata nggak semata-mata sebagai mood booster ya.

Selain itu, kadar hormon progesteron juga meningkat menjelang menstruasi. Ini menyebabkan nafsu makan wanita menjadi bertambah. Jangan kaget kalau berat badan saat menstruasi menjadi naik, toh memang sebelumnya wanita menjadi “pemakan segala” karena kenaikan hormon ini.

Semoga kamu tidak lagi galau kalau badan menggemuk ketika menstruasi ya. Kamu sebenarnya bisa kok menahan diri dari godaan makan berlebih. Yang penting jangan lupa untuk tetap gerak selama datang bulan ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply