Kebiasaan Jajan Kopi Bisa Kamu Alihkan ke Hal-Hal Ini, Lebih Bermanfaat!
Lifestyle

Kebiasaan Jajan Kopi Bisa Kamu Alihkan ke Hal-Hal Ini, Lebih Bermanfaat!

Kebiasaan jajan kopi sepertinya sudah sangat wajar dimiliki anak milenial maupun generasi Z. Minum kopi pun seperti menjadi ritual wajib setiap hari, entah itu pagi, siang, atau sore hari. Bahkan, tidak jarang nih anak muda sangat loyal merogoh kocek untuk mengikuti gaya hidup minum kopi.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kegemaran minum kopi. Namun, ada baiknya juga kamu renungkan apakah kebiasaan jajan kopi ini baik untuk keuanganmu? Tanpa sadar, uang yang kamu belanjakan untuk kopi setiap hari bisa lebih bermanfaat untuk hal-hal ini loh.

Dana Investasi

Dana Investasi

sumber: Pexels

Anggap saja kamu mengeluarkan uang Rp20.000,00 per hari untuk membeli kopi. Coba kalikan angka tersebut dengan 30, maka sebulan kamu butuh dana kurang lebih Rp600.000,00. Wow, ternyata nggak sedikit juga ya!

Bayangkan, dana untuk kebiasaan jajan kopi tersebut jauh lebih berguna jika kamu sisihkan untuk memulai investasi kecil-kecilan. Nggak ada salahnya kan belajar berinvestasi sejak masih muda? Lagipula sekarang investasi pun sudah bisa dimulai dari nominal Rp100.000,00 saja.

Asuransi

Asuransi

sumber: Pexels

Ini salah satu hal yang sering dilupakan oleh generasi milenial, apalagi generasi Z. Tidak banyak anak muda sadar akan pentingnya asuransi, entah itu asuransi kesehatan atau pun jiwa. Setidaknya, kamu seharusnya punya produk asuransi dari pemerintah, yaitu BPJS.

Baca Juga:  Naksir Cewek Melankolis, Kenali Kepribadiannya Dulu

Selain itu, ada baiknya siapkan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan di luar BPJS untuk berjaga-jaga. Nominal iuran asuransi per bulan rata-rata hampir setara dengan uang jajan kopi sebulan loh. Jadi, mulailah lebih bijak untuk mengelola frekuensi jajanmu ya.

Ikut Kursus atau Workshop

Ikut Kursus atau Workshop

sumber: Pexels

Bahkan, kebiasaan jajan kopi bisa lebih sangat bermanfaat jika dialihkan untuk kursus atau workshop. Anggap saja rata-rata workshop dan kursus online dipatok Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00. Setidaknya uang untuk minum kopi bisa setara dengan tiga hingga empat kursus.

Di usia yang masih muda, sangat penting untuk meningkatkan kemampuan. Apalagi kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaanmu sekarang. Ingat, kamu butuh mengembangkan karier sebagai bekal di masa depan.

Tabungan Traveling

Tabungan Traveling

sumber: Pexels

Mungkin kamu merasa bahwa investasi, asuransi, bahkan kursus bukanlah hal prioritas saat ini. Baiklah, sekarang coba kamu pikirkan hal menyenangkan lainnya. Misalnya, kamu pasti ingin kan bisa traveling sesukamu selagi bisa menghasilkan uang sendiri?

Nah, coba deh alihkan dana untuk kebiasaan jajan kopi tadi ke tabungan traveling. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Setidaknya kamu minimal sekali dalam setahun bisa traveling lewat uang yang kamu kumpulkan. Pernah kebayang nggak kalau mengurangi minum kopi bisa bikin kamu jalan-jalan sepuasnya?

Baca Juga:  4 Tanda Tak Terduga Jika Mulai Menyukai Pekerjaan

Bagaimana? Sadar juga kan kalau kebiasaan jajan kopi bisa lebih bermanfaat untuk hal lain? Mulai sekarang, yuk belajar bijak menentukan gaya hidup!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply