Body & Skin Care

Cara Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Beraktivitas

Hampir semua wanita mengeluh bibir kering setiap harinya, sehingga memilih menutupinya dengan lipstik. Padahal ini salah satu menyebabkan terjadi kekeringan di bibir, apalagi jika menggunakan lipstik berbeda atau memilih lipstik matte yang dapat menyerap minyak alami. Padahal tidak beraktivitas di luar ruangan, bukan ini yang memengaruhi bibir jadi pecah-pecah.

Berada di ruangan berpendingin ruangan rendah juga jadi salah satu faktor bibir jadi lebih kering, bahkan rentan pecah-pecah. Inilah yang suka bikin sebal, apalagi jika punya bibir tipis dan super sensitif, sehingga sulit menemukan lipstik yang tepat. Jika dipaksakan, akibatnya bibir jadi berdarah karena tangan sering gatal merobek lapisan kulit terluar pada bibir.

Ternyata ada cara untuk mengatasi masalah bibir kering saat beraktivitas setiap harinya, ini tidak akan bikin ribet, konsumsi obat atau membatasi jenis makanan. Bahkan bisa membuat tubuh jadi lebih sehat, pasalnya treatment yang akan dilakukan kembali pada pola hidup sehat. Bukan hanya bibir, namun semua kulit akan mendapatkan manfaatnya.

3 Cara Atasi Bibir Kering Saat Beraktivitas

solusi bibir kering saat beraktivitas

Sumber : mendaily.com

  1. Ganti Minuman Bersoda Dengan Air Putih

    Saat panas terik memang paling enak menegak meniman bersoda dingin, sehingga rasa haus langsung segera hilang dan terasa segar. Namun ini kebiasaan buruk yang masih saja dilakukan banyak orang, padahal tidak ada kebaikan sama sekali dari minuman kalori tersebut. Kandungan gula tinggi, membuat kinerja ginjal berat bahkan mengurangi nafsu makan.

    Ada baiknya untuk mencegah bibir kering saat beraktivitas, ganti minuman bersoda dengan air putih. Memang hambar tanpa rasa, namun memberikan banyak kebaikan untuk kulit dan tubuh secara keseluruhan. Ini untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi, kulit jadi lebih lembap dan lembut. Bahkan bisa memberikan nutrisi dan mendukung program diet.

    Disarankan, minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya atau kira-kira 2 liter. Ini yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika lebih dari itu maka semakin baik untuk tubuh. Sulit mendapatkan air mineral yang baik, bawa tumbler di dalam tas. Sehingga saat haus tinggal minum saja, sehingga tidak perlu pusing mencari air putih, apalagi setelah makan.

  2. Hindari Lipstik Tebal dan Matte

    Lipstik sudah pasti akan digunakan setiap harinya, apalagi jika bekerja kantor. Bukan membuat tampilan menor, melainkan menghilangkan kesan pucat dan terlihat lebih menarik. Kini sudah muncul tren lipstik nude, dimana tidak terlalu menonjol namun bisa membuat bibir tetap merona. Tapi, beberapa brand meluncurkan lipstik yang membuat bibir kering.

    atasi bibir kering

    Sumber : womenfitness.net

    Lipstik matte salah satunya, ini memang memberikan efek kering dan tidak mudah hilang. Long-lasting hingga 8 jam ke depan, akibatnya menekan keluarnya minyak sehingga bibir menjadi sangat kering. Hal inilah yang memancing bibir jadi terkelupas dan akhirnya pecah-pecah, bagaimana cara mengatasinya, padahal bibir jadi terlihat lebih seksi.

    Jika ingin menggunakan lipstik matte secara penuh di seluruh bibir, sebaiknya melakukan perawatan untuk kesehatan bibir. Bisa melakukan scrub alami dengan madu dan gula pasir, jika tidak sempat, coba gunakan skin care seperti lips care atau lip blam. Ini akan memberikan efek bibir lebih lembab, sekalipun menggunakan lips matte.

  3. Makan Buah Langsung

    Bibir kering akibat kekurangan asupan air dan vitamin, biasanya ditambahkan vitamin C. Namun lebih bagus lagi jika konsumsi vitamin C alami dari buah-buahan, kenapa? Buah bisa dimakan tanpa diolah terlebih dahulu, sehingga semua nutrisi dan vitamin di dalamnya, bisa diserap tubuh dengan maksimal. Bahkan tidak menimbulkan efek samping apapun, ini saran konsumsi buah terbaik.

    Baca juga : 5 Kebiasaan Mudah Dukung Diet Sehat Sukses

    Bisa memilih buah dengan kandungan vitamin C untuk mengembalikan kondisi kulit jadi lebih baik, misalkan buah citrus seperti jeruk, strawberry, blueberry, jeruk bahkan anggur. Jika memang berani, kandungan vitamin A dan C terbaik ada pada cabai, maka dari itu makan makanan pedas memberikan banyak kebaikan untuk kulit.

Mengatasi bibir kering tidak selalu dengan obat, ini hanya akan memperberat kinerja ginjal bahkan menimbulkan kerusakan lebih cepat. Ada baiknya menghilangkan gangguan kecil tersebut dengan mengubah gaya hidup, misalkan jangan terlalu lama menggunakan lipstik dan usahakan tidak penuh atau terlalu tebal. Sehingga bibir tetap bisa bernapas dengan baik, bahkan tidak akan pecah-pecah meskipun siang hari di bawah terik matahari secara langsung.

Baca Juga:  Tips Rambut Sehat Meskipun Sering Menggunakan Alat Styling

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply