Inilah 7 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Insomnia yang Berkepanjangan!

Apakah anda masih suka tidur larut malam? Bahkan jika tidak memiliki sesuatu yang penting untuk dikerjakan? Ini adalah tanda-tanda dari insomnia. Namun, tahukah anda jika tidak mengatasi insomnia dan membiarkannya adalah hal yang berbahaya?

Insomnia bukan hanya sekedar masalah begadang, ini merupakan salah satu kelainan tidur yang akan membawa anda kepada beragam penyakit berbahaya seperti kegemukan, kulit wajah yang kusam hingga kelainan jantung. Menyeramkan, bukan? Ya, itulah mengapa anda perlu mepelajari cara sederhana mengatasi insomnia berikut ini.

7 Cara Cerdas Mengatasi Insomnia yang Berkepanjangan

  1. Majukan Jam Tidur

Jika biasanya anda akan tidur jam 11 atau bahkan jam 12 dan jam 2 malam. Coba deh dimajukan menjadi jam 9 atau jam 10. Mengapa? Ini akan memberikan anda banyak waktu untuk berusaha tidur dan tidak terlalu larut ketika benar-benar tertidur. Karena orang-orang yang mengidap insomnia akan cenderung susah tidur dan membutuhkan sedikit waktu agar bisa tertidur.

  1. Jauhkan Gadget

Apapun jenis gadget yang sering anda gunakan, coba jauhkan dari anda sebelum anda tidur. Ini akan memudahkan anda untuk bisa tertidur lebih cepat. Karena kebiasaan memainkan gadget akan selalu membuat anda tidur kian larut.

  1. Redupkan Nyala Lampu

Inilah mengapa banyak yang mencoba memproduksi lampu tidur dimana ini akan memberikan sensasi redup yang dibutuhkan seseorang untuk bisa mengantuk dan tertidur dengan nyenyak. Jadi, cobalah untuk tidak tidur dengan lampu yang sangat terang.

  1. Gunakan Aromaterapi

Kita tahu bahwa adanya wewangian atau aromaterapi ini akan membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan akan merangsang otak untuk merilekskan tubuh. Tubuh yang lebih rileks akan lebih mudah untuk mengantuk dan akan membantu anda untuk bisa tidur lebih awal. Dan ini adalah terapi yang sering digunakan dalam cara sederhana mengatasi insomnia kronis.

  1. Usahakan Tempat tidur Bersih dan Nyaman

Jika tempat tidur maupun kasur anda tidak bersih, tentunya ini akan membuat anda tidak betah bukan? Nah, usahakan agar kalian selalu membersihkan apapun yang berhubungan dengan tempat tidur anda. Ini adalah salah satu usaha agar anda bisa tidur dengan nyenyak, nyaman dan tidak terganggu oleh apapun. Gantilah seprai secara berkala dan begitu juga dengan selimut maupun sarung bantal. Usahakan menggunakan pewangi atau wewangian yang menyegarkan.

  1. Jam Makan

Usahakan anda tidak makan sejam sebelum waktunya tidur. Karena biasanya setelah makan akan merasa sedikit kurang nyaman dan merasa begah dan ini akan menghambat proses anda untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak. Jadi, coba ubah pola dan kebiasaan makan anda pada malam hari, ya! Selain bisa membuat anda terbebas dari insomnia, memajukan jam makan pada malam hari juga baik untuk kesehatan tubuh, loh. Anda akan terhindar dari beragam penyakit berbahaya seperti diabetes dan obesitas.

  1. Olahraga

Siapa yang membenci olahraga? Nah bagi anda yang memiliki masalah insomnia, maka anda bisa mensiasatinya dengan cara berolahraga di sore hari. Kenapa? Ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih capek dan tentunya akan menstimulasi otak untuk meminta anda beristirahat dan mendapatkan kebugaran di keesokan harinya.Siapa sih yang tidak ingin sehat plus terbebas dari masalah insomnia?

Nah, demikianlah cara sederhana mengatasi insomnia yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk anda. Jangan ragu untuk menerapkan cara-cara di atas, karena insomnia adalah sesuatu yang harus dibenahi agar anda bisa mendapatkan tubuh yang labih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *