Cegah Uban Dengan Bahan Alami Dari Dapur

Cegah uban dengan cara mencabutnya bukan solusi, ini akan membuat rasa gatal tak tertahan dan kamu pasti akan mencari uban kembali. Jangan malu, munculnya uban atau rambut putih tidak lagi identik dengan orang tua atau usia lanjut. Ini bisa terjadi karena hormon, keturunan, tingkat stres hingga aktivitas harian yang cukup padat setiap harinya.

Ini semua tentu tidak kamu ketahui, hanya saja kamu akan merasa kurang percaya diri saat mendapati orang lain menemukan uban di rambutmu. Solusi cepat yang banyak dilakukan orang lain namun salah besar, mengecat rambut. Ini bukan solusi dan tidak mencegah uban muncul, malahan membuat rambut putih semakin banyak karena kekurangan nutrisi.

Ada baiknya kamu melakukan langkah pencegahan, ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan dapur. Cara cegah uban terbilang mudah, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut sekaligus. Tenang saja, bagi kamu yang punya kulit kepala sensitif, bisa jadi ini solusi tepat pasalnya tidak akan menimbulkan efek samping.

4 Bahan Alami Dari Dapur Efektif Cegah Uban

Cara Cegah Uban
Sumber : batam.tribunnews.com

1. Inai (Henai)

Ini banyak digunakan untuk pewarna kuku hingga membuat hiasan di kulit, terbuat dari bahan alami sehingga tidak menimbulkan iritasi. Tato semi permanen yang tidak hanya bagus sebagai hiasan, namun bisa menyamarkan hingga mencegah timbulnya uban. Kamu yang suka menggunakan inai atau henai, sebaiknya langsung aplikasi ke rambut.

Ini langkah pencegahan terbaik, pasalnya bisa menghitamkan rambut secara alami, cocok untuk anak-anak yang suka main di bawah terik matahari langsung. Bukan itu saja, bagi kamu atau orang tua yang sudah banyak terdapat uban. Ini cara menutupi yang baik, pasalnya bisa menghitamkan rambut alami tanpa merusaknya.

2. Minyak Kelapa

Ini cara kuno yang masih efektif hingga sekarang, penggunaan minyak kelapa memang sudah ada sejak dahulu. Bahkan dipercaya membuat rambut hitam, lebat dan halus. Ini biasanya diberikan di pagi atau malam hari sebelum tidur, bukan hanya menyamarkan uban namun mengembalikan kesehatan kulit kepala dan rambut.

Cegah Uban Rambut
Sumber : jamuin.com

Minyak kelapa mengandung antioksidan, sehingga efektif mengatasi masalah rambut, membantu tumbuh rambut lebih cepat, apalagi untuk anak-anak yang rambutnya super tipis. Jika di minum, akan memberikan kesehatan tubuh, menjaga kondisi kulit kepala dan menjaga warna rambut alami tidak berubah hanya karena sampo atau terik matahari.

3. Jahe

Ini bukan hanya bahan dapur yang bisa menghangatkan badan, namun juga cocok sebagai pewarna alami yang bisa menyamarkan rambut putih. Ini bahkan cocok untuk cegah uban muncul sebelum waktunya, pasalnya bisa menjadi pewarna rambut alami. Tenang saja, kamu tidak akan mengoleskan jahe secara langsung.

Baca juga :4 Kebiasaan Kecil Dapat Menghilangkan Jerawat Punggung

Cara penggunaannya dengan cara di minum, seperti minum wedang jahe. Cuma untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, coba seduh satu sendok teh jahe dengan madu tanpa gula. Minum satu cangkir setiap harinya, ini dapat mencegah timbulnya uban secara serentak atau bisa juga mengembalikan kesehatan kulit kepala dan rambut.

4. Kopi

Bagi kamu yang suka minum kopi, coba lihat apa ada rambut putih di kepalamu. Kebanyakan pecandu kopi, jarang terdapat uban. Karena kopi secara alami dapat menjadi pewarna rambut, ini tidak perlu aplikasi secara langsung.  Ternyata kebiasaan minum kopi di pagi hari atau minimal satu cangkir setiap harinya, efektif cegah uban.

Jika kamu sudah melihat ada uban di rambut, kopi juga bisa merawat dan mencegah muncul kembali. Caranya, ampas kopi langsung diaplikasi ke rambut, tapi ada baiknya dilakukan setelah keramas, supaya bersih dan maksimal. Diamkan minimal 30 menit, setelah itu bilas dengan air dingin. Ini akan memberikan sensasi dingin, rambut lebih hitam dan cegah uban datang kembali.

Ternyata ada banyak cara alami untuk cegah uban, ini akan mengurangi rasa percaya diri jika muncul rambut putih saat masih terbilang muda. Tapi jangan berkecil hati, pasalnya munculnya uban bukan hanya karena usia, bisa jadi keturunan atau pola hidup yang kurang sehat. Coba kembali ke gaya hidup sehat, sehingga rambut akan tetap hitam alami.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *