Makeup

Coba dan Rasakan Manfaat 5 Masker Tanah Liat

Sudah pernah coba masker tanah liat? Cukup ekstrem memang, namun memiliki banyak manfaat untuk kulit, wajah terutama. Hal ini sudah dibuktikan ribuan tahun lalu oleh nenek moyang. Bahkan ini jadi salah satu resep kecantikan yang akan membuat kulit mulus, bersih dan bisa terlihat awet muda, tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Apa keunggulan dari masker yang terbuat dari tanah liat tersebut? Ada banyak manfaat yang tidak terduga sebelumnya, dimana masker alami ini dapat menyerap kotoran secara maksimal, bahkan yang masuk dalam pori-pori. Ini tidak mudah dilakukan bukan, bahkan beberapa wanita harus melakukan facial secara rutin dan rasanya sangat menyakitkan.

Keunggulan lainnya, bisa memperbaiki tekstur kulit akibat paparan sinar matahari, pola hidup yang salah dan konsumsi makanan tidak sehat. Beberapa wanita sudah membuktikannya, bahkan merasa kecanduan akan hasilnya sehingga memilih menggunakan masker tanah liat secara rutin. Ternyata bukan hanya satu macam, lihat lagi dan cari yang sesuai kebutuhan kulit.

5 Jenis Tanah Liat Dengan Manfaat Positif Untuk Kulit

use masker tanah liat

Sumber : massageinwanaka.co.nz

  1. Kaolin Clay

    Kaolin Clay

    Sumber : wikihow.com

    Ini memang masker tanah liat yang paling aneh, pasalnya memiliki warna beragam, mulai dari merah, kuning, putih hingga merah muda. Namun keunggulan masker tersebut teksturnya sangat lembut, sehingga cocok untuk semua jenis kulit, apalagi untuk kulit sensitif. Pasalnya saat masker tidak takut tergores dan mengikis kulit.

    Kaolin Clay memiliki manfaat beragam, seperti Kaolin kuning, ini akan menyerap paling maksimal dan mudah mengelupas nantinya setelah kering. Paling direkomendasikan untuk kulit sensitif, pasalnya ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen, sehingga membuat kulit satu tingkat lebih cerah secara alami.

    Sedangkan jika memilih Kaolin merah, ini memiliki daya penyerapan minyak paling besar, direkomendasikan untuk kulit berminyak dan acne prone. Ini akan mengurangi produksi minyak berlebih yang jadi penyebab utama munculnya jerawat, bukan hanya itu saja ini akan menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi.

  2. Rhassoul Clay

    Rhassoul Clay

    Sumber : naturallycurly.com

    Ini menjadi maskerpies masker tanah liat, banyak direkomendasikan oleh beauty vlogger. Sempurna dalam membersihkan kotoran, minyak berlebih, sebum, komedo bahkan dapat mengontrol produksi minyak. Teksturnya cukup lembut, cocok untuk semua jenis kulit. Untuk kulit sensitif, ada baiknya saat pemijatan tidak terlalu keras, untuk mengurangi pengikisan kulit.

    Bisa digunakan setiap harinya, paling bagus pada sore hari setelah beraktivitas sepanjang hari, apalagi dengan paparan sinar matahari tinggi. Tidak perlu terlalu banyak, dosisnya kecil saja asalkan merata di seluruh bagian wajah. Hampir mirip seperti sabun, bahkan ramah terhadap kulit muda seperti anak remaja.

  3. Bentonite Clay

    Bentonite Clay

    Sumber : eatbeautiful.net

    Masker tanah liat paling dicari, pasalnya bisa menyembuhkan semua masalah kulit dan melakukan pencegahan. Ini tentu memberikan banyak manfaat, terutama untuk mengatasi masalah jerawat. Paling cocok digunakan untuk anak remaja yang sedang mengalami produksi hormon berlebih dan sulit menemukan skincare atau makeup yang cocok.

    Baca juga : 3 Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur

    Masker ini juga memiliki penyerapan yang bagus, sehingga bisa mengontrol produksi minyak berlebih. Cara pemakaian juga mudah, campurkan dengan sedikit air dan oleskan pada seluruh wajah. Ini akan menyedot sisa kotoran dan polutan yang tidak bisa dibersihkan oleh skincare, memiliki sifat seperti magnet sehingga wajah akan terasa bersih dan segar.

  4. French Green Clay

    French Green Clay

    Sumber : iekahomemadesoap.blogspot.com

    Ini masker yang paling direkomendasikan pada wanita usia 30 tahun, pasalnya bisa mengembalikan kondisi pori-pori kulit. Memasuki usia kepala tiga membuat kulit terasa kendor, pori-pori membesar hingga produksi minyak berlebih. Ini dapat mengencangkan kembali pori-pori kulit, sehingga terlihat lebih muda.

    Bukan itu saja, memberikan manfaat lain seperti meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kulit akan terasa lebih segar dan kulit menjadi lebih cerah tanpa penggunaan skincare atau makeup apapun. Ini bersifat menetap, sehingga jika tidak lagi menggunakan setiap harinya, hasilnya akan tetap sama, namun lebih baik dengan pemakaian rutin.

  5. Earth Clay

    Earth Clay

    Sumber : harmonicarts.ca

    Ini merupakan masker tanah liat paling mudah ditemukan, pasalnya ada dimana pun. Sangat cocok untuk kulit normal hingga kulit kering. Namun karena kandungannya cukup keras, maka gunakan hari seminggu sekali saja hanya untuk pemilik kulit kering saja, hasilnya sudah sangat bagus. Manfaat utama untuk mengatasi terjadinya masalah pigmentasi.

    Saat penggunaan lebih baik jika dicampurkan dengan air mawar dari pada air biasa, karena akan terasa lebih dingin dan tidak menimbulkan efek samping untuk kulit sensitif. Bisa mengembalikan sirkulasi darah dan oksigen, sehingga kulit akan terasa lebih cerah, segar dan memperbaiki pigmentasi yang menggelap.

Hampir semua masker tanah liat memiliki manfaat bagus untuk kulit, namun perhatikan beberapa masker seperti Earth Clay karena kurang bagus untuk kulit kering. Selain itu dalam penggunaan lebih baik mencampurkan dengan air mawar, ini akan memberikan nutrisi lebih dan kulit terasa dingin, saat kulit iritasi ini akan menenangkan.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Produk Lokal Dengan Kandungan Grapeseed Oil

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply