Bikin Galau, Ini Dilema Sandwich Generation yang Dirasakan Para Milenial
Inspiration

Bikin Galau, Ini Dilema Sandwich Generation yang Dirasakan Para Milenial

Para sandwich generation pasti punya dilema tersendiri yang bikin galau. Apalagi kebanyakan generasi milenial dan sebagian generasi Z menjadi bagian dari kelompok ini. Belakangan ini, pembahasan mengenai kegalauan para generasi sandwich hangat diperbincangkan.

Sebenarnya apa sih yang menjadi dilema para sandwich generation? Berikut beberapa hal yang dialami oleh mereka, siapa tahu kamu sebagai wanita juga merasakannya.

Definisi Sandwich Generation

Definisi Sandwich Generation

sumber: Unsplash

Generasi ini digambarkan sebagai orang-orang yang dalam kondisi terjepit karena harus membiayai diri sendiri beserta keluarga, biasanya orang tua. Bagi wanita, beban menafkahi orang tua mungkin tidak begitu terasa saat masih single. Namun, semuanya akan berubah saat wanita memutuskan untuk menikah.

Kondisi serba terjepit inilah yang kadang menjadi dilema para sandwich generation. Keluarga kecilnya tentu harus menjadi prioritas. Di sisi lain, orang tua pun harus tetap diperhatikan kebutuhannya.

Seolah Mendapat Tekanan dari Dua Pihak

Seolah Mendapat Tekanan dari Dua Pihak

sumber: Pexels

Berusaha untuk bersikap adil dan seimbang di dua kehidupan tentu bukan hal mudah. Apalagi wanita cenderung lebih mudah stres kala mendapat banyak masalah. Kesulitan menjalani berbagai peran (sebagai istri, ibu, dan anak) biasanya membuat wanita merasa mendapat dua tekanan langsung.

Sebenarnya masalah membiayai orang tua bisa dibicarakan baik-baik dengan suami. Alokasi dana untuk orang tua pun bisa disesuaikan dengan kemampuan saat ini. Jadi, tidak tentu orang tua harus mendapat dana sebesar dulu ketika wanita masih single.

Stres akan Banyak Hal

Stres akan Banyak Hal

sumber: Unsplash

Dilema sandwich generation yang terus-menerus muncul ternyata lama-kelamaan bisa memunculkan stres. Bahkan, rasa stres tersebut bisa merembet ke banyak hal, mulai dari hubungan dengan pasangan, anak, hingga karier. Jika sudah begini, wanita butuh rehat dan menenangkan diri dulu.

Baca Juga:  Mau Jadi Anak Muda Sukses dan Kaya Raya? Buang 3 Mental Penghambat Ini!

Perbaiki satu per satu masalah yang muncul langsung dari akarnya. Jangan sampai rasa frustrasi karena keuangan dapat memperburuk hubungan dengan pasangan, apalagi orang tua. Butuh komunikasi yang baik dengan suami dan orang tua agar tidak berlarut-larut menjadi masalah besar.

Persiapan Masa Tua sejak Dini

Persiapan Masa Tua sejak Dini

sumber: Pexels

Karena tidak ingin anaknya kelak memiliki dilema yang sama sebagai sandwich generation, para wanita pun cukup cerdas memikirkan dana pensiun. Sebisa mungkin mereka menyiapkan dana khusus di hari tua nanti agar tidak menyusahkan anak.

Meski begitu, menyiapkan dana pensiun pun butuh perjuangan mengingat masih harus membiayai orang tua. Bagaimana pun, wanita butuh punya hati terbuka untuk menerima kondisi serba kejepit ini. Jangan disesali atau dijalani setengah hati, percaya saja mata rantai ini harus segera diputus.

Semangat untuk para generasi sandwich yang masih berjuang hingga sekarang. Semoga diberi kelancaran rejeki untuk kamu dan keluargamu ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply