Bentuk Dukungan untuk Teman yang Depresi, Belajar Lebih Peka Yuk!
Inspiration

Bentuk Dukungan untuk Teman yang Depresi, Belajar Lebih Peka Yuk!

Pernahkah kamu memiliki teman yang depresi dan butuh dukungan? Depresi menjadi isu yang belakangan ini sering dibahas menyangkut kesehatan mental seseorang. Sayangnya, belum semua orang paham mengenai depresi dan bagaimana menyikapinya dengan tepat.

Sebagai orang yang awam masalah kesehatan mental, kamu bisa berikan bentuk dukungan untuk teman depresi lewat cara berikut ini. Kuncinya hanya belajar untuk peka dan lebih empati. Simak ulasan singkatnya ini ya!

Siap Jadi Tempat Cerita

Siap Jadi Tempat Cerita

sumber: Pexels

Teman depresi paling butuh dukungan dalam bentuk kehadiran seseorang. Jadilah orang tersebut dengan siap menjadi tempat dia bercerita. Kamu tidak harus ada langsung di sisinya, hanya perlu memastikan semua curahan hatinya bisa tepat ditumpahkan.

Namun, pastikan “gelas” kamu sudah kosong terlebih dahulu sebelum menjadi tempat bercerita. Jangan sampai kamu sendiri masih punya masalah yang cukup banyak dan hatinya tidak tenang. Ingat, kamu butuh menjadi teman yang siap untuk menjadi tempatnya bercerita.

Tanyakan Keadaannya

Tanyakan Keadaannya

sumber: Pexels

Ada kalanya dukungan untuk teman depresi lebih ke perhatian kecil. Saat kamu merasa temanmu sedang banyak pikiran, cobalah berinisiatif untuk menanyakan keadaannya. Bukan pertanyaan basa-basi, tetapi karena kamu benar-benar peduli padanya.

Yang perlu kamu perhatikan jangan bersikap menggurui saat dia sedang tidak baik-baik saja. Cobalah untuk berempati dengan berada di posisinya agar lebih mudah memahami hatinya. Dengan menanyakan keadaan, temanmu merasa punya seseorang yang peduli padanya.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Katakan Dia Tidak Sendirian

Katakan Dia Tidak Sendirian

sumber: Pexels

Setelah kamu mengetahui permasalahan dan kondisi hati temanmu, jadilah pendamping baginya. Yakinkan dirinya bahwa dia tidak sendirian dan kamu bisa jadi tempat bersandar. Teman depresi biasanya rentan merasa kesepian dan paling menderita, di situlah sosokmu akan sangat dibutuhkan.

Ini salah satu bentuk dukungan kecil yang bisa kamu berikan bagi teman depresi. Kamu tidak harus rutin mengecek keadaannya, sesekali saja sempatkanlah untuk bertukar cerita. Buat dia merasa cukup berarti karena bisa menjadi teman ceritamu juga.

Beri Waktu untuk Dia Menemukan Ruangnya

Beri Waktu untuk Dia Menemukan Ruangnya

sumber: Pexels

Jangan paksa teman yang sedang depresi untuk lekas bangkit dan pulih. Ingat, kamu belum pernah berada di posisinya dan tidak benar-benar tahu bagaimana rasanya. Berikan dia waktu untuk menemukan ruang ternyamannya, entah dengan kegiatan atau bercerita.

Hargai kalau dia butuh waktu untuk sesekali sendirian. Kamu tidak perlu mengharuskannya bercerita apa pun padamu. Tapi, tidak ada salahnya kamu menemani dia saat dia hendak berkonsultasi ke psikiater.

Semoga kamu bisa menjadi teman yang cukup bijak dalam menghadapi teman yang depresi ya. Ingat untuk tidak bersikap menghakimi atau menggurui, tetapi kuatkanlah rasa empatimu untuk keadaannya.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply