Tips Atur Finansial bagi Ibu Rumah Tangga, Harus Melek Keuangan Ya!
Lifestyle

Tips Atur Finansial bagi Ibu Rumah Tangga, Harus Melek Keuangan Ya!

Mengatur finansial bagi ibu rumah tangga bisa dibilang gampang-gampang susah. Buat wanita yang pernah bekerja sebelumnya, mungkin hal ini tidak jadi masalah ya. Namun, apa jadinya kalau wanita belum pernah bekerja dan sudah diberi tanggung jawab mengatur uang?

Coba deh pahami aturan finansial ibu rumah tangga berikut ini. Kamu tidak perlu belajar keuangan tingkat tinggi kok. Cukup mulai dengan lakukan kebiasaan sederhana ini.

Buat Anggaran Keluarga

Buat Anggaran Keluarga

sumber: Pexels

Finansial bagi ibu rumah tangga diawali dengan menyusun anggaran. Sederhananya, catat deh kebutuhan apa saja yang diperlukan keluargamu dalam sebulan. Mulai dari biaya untuk air, listrik, pendidikan anak, keperluan rumah tangga, dan hal rutin lainnya.

Saat kamu sudah punya daftar kebutuhan keluarga, maka kamu bisa mulai membuat rencana anggaran. Dengan begitu, kamu bisa mengestimasi berapa pengeluaran bulanan di keluargamu. Ini sangat membantumu agar tidak boros dalam membelanjakan keuangan di rumah.

Pahami Alur Keuangan Keluarga

Pahami Alur Keuangan Keluarga

sumber: Pexels

Selanjutnya, pahami juga alur keuangan di keluargamu. Misalnya, berapakah uang yang diberikan suami kepadamu tiap bulannya. Lalu, buat kembali pos-pos keuangan, misalnya mana yang untuk bulanan, mana yang ditabung, dan mana untuk cadangan.

Dengan memahami alur keuangan ini, kamu setidaknya bisa mempertanggungjawabkan uang dari suami dengan tepat. Terbiasa membuat alur keuangan juga meningkatkan kedisiplinanmu akan pengelolaan uang.

Baca Juga:  Trik Cerdas Pengelolaan Pendapatan Wanita, Tanpa Utang!

Miliki Tabungan Sendiri

Miliki Tabungan Sendiri

sumber: Pexels

Andai kamu mendapat uang saku dari suami tiap bulan, tidak ada salahnya uang tersebut kamu kumpulkan untuk ditabung. Jangan mudah tergoda untuk membeli barang-barang kurang penting. Sebisa mungkin kelola uangmu dengan lebih bijak untuk masa depan.

Finansial seorang ibu rumah tangga juga diukur dari ada tidaknya tabungan yang dimiliki. Kalau perlu, cobalah untuk mencari peluang berbisnis kecil-kecilan. Lumayan kan bisa menghasilkan uang sendiri tanpa terus bergantung pada suami.

Berani Mencoba Investasi

Berani Mencoba Investasi

sumber: Pexels

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa juga mencoba investasi meski dengan nominal kecil sekali pun. Tidak ada yang menjamin suamimu akan terus bersamamu. Andai ada kejadian yang tidak diinginkan, setidaknya kamu sudah punya pegangan tabungan lebih banyak.

Mulailah pelajari beberapa instrumen investasi. Cari tahu risiko-risiko dan keuntungan dari tiap instrumen tersebut. Cobalah mulai investasi dengan nominal yang menurutmu masih aman.

Pahami Harta yang Dimiliki Bersama

Pahami Harta yang Dimiliki Bersama

sumber: Pexels

Finansial ibu rumah tangga juga erat dengan harta yang dimiliki bersama suami. Diskusikan dengan suamimu mengenai harta apa saja yang menjadi milik bersama. Misalnya, kamu ikut andil dalam pembelian rumah sehingga rumah adalah harta bersama.

Meski terkesan tabu, hal ini wajib dibahas bersama suami loh. Jika sewaktu-waktu terjadi hal darurat di rumah tangga, setidaknya tidak perlu berselisih masalah harta bersama. Lebih baik dibahas sejak sekarang daripada bikin konflik di kemudian hari kan?

Baca Juga:  Wanita Cerdas Susah Dapat Pasangan? Ini Penjelasan Logisnya

Semoga tips di atas dapat membantumu mengatur finansial sebagai ibu rumah tangga ya. Tetap bijak kelola keuangan rumah tangga meski kamu tidak bekerja!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply