Cek Finansial di Masa Pandemi, Sudah Sehat atau Belum Nih?
Lifestyle

Cek Finansial di Masa Pandemi, Sudah Sehat atau Belum Nih?

Finansial di masa pandemi jelas butuh perhatian khusus. Sebagai wanita, ada baiknya kamu mau untuk belajar mengelola keuangan dengan lebih teliti dan kritis di masa sekarang. Tidak ada yang bisa menjamin kondisi krisis seperti sekarang kapan berakhir, itu sebabnya kamu butuh persiapan matang.

Berikut beberapa poin singkat yang bisa menjadi panduan mengecek finansial di masa pandemi. Coba cek kembali, apakah kondisi keuanganmu, baik pribadi maupun keluarga, sudah cukup sehat untuk sekarang ini?

Kondisi Jumlah Pinjaman

Kondisi Jumlah Pinjaman

sumber: Wallet Hub

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, coba cek jumlah pinjaman yang selama ini kamu atau suami bayarkan per bulannya. Pinjaman yang sehat seharusnya tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan. Artinya, kamu butuh tahu nih berapa jumlah pinjaman sekarang, entah itu mencicil aset atau pun kebutuhan lain.

Prioritaskan untuk melunasi utang yang bisa segera dilunasi, misalnya kamu mencicil membeli barang. Finansial di masa pandemi butuh ketahanan lebih besar, itu sebabnya sebaiknya kamu kurangi pinjaman yang tidak penting. Pastikan ekonomi keluarga masih mampu untuk mencicil pinjaman yang lebih primer, misalnya rumah alias tempat tinggal.

Periksa Pos Pengeluaran

Periksa Pos Pengeluaran

sumber: Pexels

Finansial kala masa pandemi tetap menggunakan prinsip tidak boleh besar pasak daripada tiang. Sesuaikan daya pengeluaranmu dengan pendapatan yang diterima di masa pandemi. Apalagi jika kamu mengalami pemotongan gaji dari perusahaan untuk sementara waktu ini.

Baca Juga:  5 Cara Cerdas Belanja Saat Harbolnas

Evaluasi kembali apakah pengeluaranmu dalam dua bulan terakhir ini sudah cukup sehat atau belum. Disiplinkan diri untuk memenuhi kebutuhan dasar atau bulanan wajib terlebih dahulu. Sebisa mungkin perketat pengeluaran yang bersifat hiburan dan bisa ditunda.

Jumlah Dana Darurat

Jumlah Dana Darurat

sumber: The Jakarta Post

Ini merupakan elemen terpenting saat kamu menghadapi kondisi serba krisis dan sulit diprediksi. Cek kembali jumlah dana darurat yang dimiliki. Andai kamu wanita single, kamu bisa sediakan dana darurat sebesar tiga hingga enam kali pengeluaran rutin bulanan.

Namun, jika kamu merupakan wanita karier yang sudah berkeluarga, maka siapkan dana darurat minimal sebesar 12 kali pengeluaran bulanan. Ingat, banyak kebutuhan bulanan yang harus tetap kamu bayar meski gaji kamu menurun. Misalnya, biaya air, listrik, pendidikan anak, hingga cicilan rumah.

Kemampuan Menabung dan Investasi

Kemampuan Menabung dan Investasi

sumber: Pexels

Terakhir, jangan lupa untuk tetap menabung demi mempertahankan finansial di masa pandemi. Anggarkan 10% penghasilan untuk dimasukkan ke pos tabungan. Akan jauh lebih baik jika kamu bisa juga menyisihkan untuk investasi.

Keuangan yang sehat harus memenuhi indikator menabung minimal 10% dari gaji per bulannya. Kalau kamu sudah bisa mencapai tahap ini, bisa dikatakan keuanganmu aman. Bagi wanita yang sudah berkeluarga, rutin juga untuk menyisihkan pos tabungan dan investasi ini ya!

Baca Juga:  4 Langkah Tepat Mengumpulkan Dana Darurat bagi Wanita

Semoga kondisi finansial di masa pandemi ini tetap sehat ya. Pastikan kamu rutin untuk mengelola dan mengevaluasi keuangan secara bijak dan tepat ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply