Gagal Fokus Di Kantor, Coba Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Bekerja

Gagal fokus memang bisa menyerang siapa saja, namun hal tersebut sebaiknya tidak terjadi di kantor bukan saat bekerja. Karena ini akan membuat tekanan semakin kuat dan memicu stres, apalagi jika semua pekerjaan tidak selesai sesuai waktunya. Anda bisa jadi akan mengalami hari yang cukup berat, hanya karena kesalah sendiri.

Biasanya seseorang akan gagal fokus karena banyak hal, misalkan lupa sarapan, sedang ada masalah di rumah dan tidak kunjung selesai. Namun Anda harus bisa profesional saat bekerja bukan, dimana di bayar untuk memberikan yang terbaik dan menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin. Jika kinerja semakin memburuk, maka sudah bisa dipastikan akan mendapatkan teguran dari bos.

Ini tentu bukan hal yang Anda inginkan, dimana ada beberapa cara untuk mengembalikan fokus saat bekerja. Sekalipun sedang dalam kondisi ‘nggak mood’ atau lagi bad mood. Anda bisa tetap bekerja dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, mau tahu apa? Langsung saja ikuti cara mudahnya.

5 Cara Untuk Menghilangkan Gagal Fokus Di Kantor

sumber gagal fokus
Sumber : thoughtco.com
  1. Susun Jadwal Kerja Harian

    Setiap harinya, Anda sudah punya agenda tetap bukan.  Ada baiknya membuat jadwal kegiatan setiap harinya, jangan hanya mengurus jadwal atasan. Inilah yang membuat karier Anda tidak berkembang dan tetap saja menjadi bawahan, membuat jadwal harian harus mulai dikerjakan, apalagi sebelum mulai bekerja.

    Hal ini akan membuat Anda membuat prioritas mana yang harus di dahulukan dan mana yang bisa dikerjakan nanti, sehingga tidak akan menyesal kemudian. Jika memang tidak bisa menyusun jadwal di akhir pekan, ada baiknya bangun lebih pagi, atur jadwal sendiri dan buatlah prioritas sebelum membuat jadwal untuk atasan.

  2. Istirahat Itu Penting

    Jadwal yang padat membuat Anda lompat dari satu meeting ke meeting lainnya, harus bisa menyelesaikan semua laporan tepat waktu dan kalau bisa menghindari lembur. Tapi kapan waktu istirahat, saat menyusun jadwal sisipkan waktu istirahat minimal 30 menit setiap 2 jam sekali. Ini akan membuat tubuh juga mendapatkan prioritas.

    Baca juga : Benci Pelukan? Ini 5 Alasan Penyebab Hal Tersebut

    Jangan hanya pekerjaan saja yang harus diprioritaskan, kesehatan dan diri sendiri juga investasi termahal. Jika Anda kelelahan maka akan gagal fokus dan semua pekerjaan akan terbengkalai, maka dari itu jangan sampai melupakan istirahat sejenak. Sekadar duduk dan mendengarkan musik, ini akan mengembalikan fungsi otak.

  3. Hentikan Kebiasaan Multitasking

    Bagi Anda yang kebiasaan mengerjakan semua hal bersamaan, tentu ini sangat bagus karena bisa multitasking. Namun sebenarnya hal tersebut akan mengurangi fokus, pasalnya konsentrasi Anda akan buyar karena melakukan beberapa hal secara bersamaan, apalagi jika masih saja menghidupkan smartphone saat kerja.

    multitasking bikin gagal fokus
    Sumber : diversity-management.it

    Ini terbukti bisa membuat karyawan gagal fokus saat kerja, pasalnya Anda tergoda untuk cari tahu apa yang ada di media sosial dan siapa yang menghubungi saat ponsel berbunyi. Jangan sampai membuat meeting penting gagal, hanya karena ada suara ponsel yang berasal dari milik Anda. Sudah dipastikan akan mendapatkan teguran keras dari atasan.

  4. Buatlah Perubahan

    Jika memang Anda sudah melakukan banyak perubahan namun tetap gagal fokus, coba lihat lingkungan sekitar apakah mendukung atau tidak. Cobalah untuk atmosfer pendukung, misalkan membuat kata-kata semangat, membawa foto orang tersayang agar semua lelah ini terbayar ketika melihat senyumnya.

    Ini hal kecil yang terbukti memberikan efek besar, beberapa orang bahkan membawa foto yang terbingkai rapi di meja kerjanya. Beberapa perusahaan memperbolehkan hal tersebut, bahkan memberikan dukungan. Karena semua karyawan bisa memberikan dedikasi yang baik, selain itu akan diberikan dukungan lebih.

  5. Lakukan Meditasi Di Kantor

    Jika sudah benar-benar lelah, tidak bisa lagi berpikir dan terlalu banyak tekanan. Coba lakukan gerakan meditasi sederhana di kantor, namun dimana tempat yang mendukung. Coba cari ruangan meeting, biasanya akan kosong karena tidak selalu ada pertemuan dengan pihak luar atau internal. Tidak perlu duduk di lantai, duduk saja di kursi.

    Lakukan meditasi dengan duduk tenang sambil mendengarkan musik dengan beat pelan. Cobalah untuk bernapas panjang dan hembuskan pelan, lakukan ini beberapa kali sehingga bisa mengembalikan emosi dan tidak lagi gagal fokus saat kerja. Ini langkah yang cukup efektif, apalagi jika Anda sudah mulai stres menghadapi semua tekanan pekerjaan di kantor.

Setiap harinya pasti akan ada masalah dalam hidup Anda, namun ini semua tidak bisa di ikut campurkan dalam masalah pekerjaan. Banyak karyawan gagal fokus di kantor karena memang pikiran tidak berada di kantor, beberapa hal di atas terbukti mampu untuk mengembalikan fokus Anda dan bisa bekerja dengan baik.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “Gagal Fokus Di Kantor, Coba Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *