Lifestyle

Gaji Belum Layak Di Awal Bekerja, Ini Cara Menghindari Stres!

Bisa langsung diterima bekerja setelah kuliah, ini sebuah prestasi tersendiri. Sering kali anak muda gengsi untuk tetap meminta uang saku pada orang tua, kan sudah punya pendapatkan sendiri. Tahukah kamu, jika pegawai baru bisa jadi mendapatkan gaji belum layak di awal bekerja. Bukannya di bawah ketentuan, melainkan lebih kecil dari uang bulanan yang diberikan orang tua sebelumnya.

Hal ini tentu akan memicu stres, apalagi jika sebelumnya hidup serba kecukupan dan bisa mendapatkan semua yang diinginkan. Pegawai baru akan mendapatkan gaji minimal, sebelum nantinya mengalami kenaikan gaji karena prestasi kerja, loyalitas pada perusahaan hingga bonus tambahan. Inilah waktunya untuk berhemat dan mulai dewasa.

Ada baiknya dari pada stres terus memikirkan gaji tak layak di awal bekerja, lebih baik mencari solusinya. Ini tanda jika kamu sudah mulai dewasa, masalah itu harus mencari jalan keluar, bukan menambah masalah dengan hal baru lagi. Coba terapkan beberapa solusi berikut, agar di awal bekerja jadi lebih baik.

4 Solusi Saat Gaji Belum Layak di Awal Bekerja

pekerja dengan gaji belum layak

Sumber : doktersehat.com

  1. Cari Tambahan Freelance

    Setiap orang pasti punya passion berbeda, bahkan bekerja tidak sesuai dengan bidang ilmu terkait. Ini memang dijalani banyak orang, sehingga jangan heran lulusan kedokteran umum akhirnya jadi teller di bank. Saat gaji belum layak di awal kerja, kenapa tidak mencari pendapatkan tambahan dari kerja sampingan yang bersifat bebas seperti freelance.

    Ini akan memberikan tambahan uang uang cukup, memang tidak terlalu banyak. Namun bisa menutupi kekurangan jumlah pendapatan dan tetap bisa bergaya hidup seperti sebelumnya. Apa yang bisa dilakukan, seperti jualan online, menawarkan jasa layanan atau apapun di dunia digital. Namun harus mau mengorbankan waktu istirahat, waktu libur bahkan bekerja ekstra keras.

  2. Meminta Promosi Jabatan

    Saat ini menduduki jabatan yang kurang sesuai dengan bidang ilmu, seperti lulusan S1 Ekonomi ditempatkan sebagai copy writer. Ini tentu mendapatkan gaji lebih sedikit, coba lakukan pendekatan dengan atasan untuk meminta promosi jabatan, tentu saja dengan memberikan hasil kerja yang memuaskan sebelumnya.

    solusi pegawai dengan gaji belum layak

    Sumber : alodokter.com

    Ini cara yang paling halus, pasalnya jika ingin mendapatkan posisi yang lebih baik, maka tonjolkan dahulu prestasi dan apa yang dilakukan selama ini. Jangan hanya menuntut, biasanya atasan sudah tahu siapa yang nantinya akan dapat jabatan penting dan pantas mendapatkannya. Hanya perlu menunjukkan kemampuan dan loyalitas tanpa batas pada perusahaan.

  3. Cari Banyak Kemampuan Baru Bidang Ini

    Merasa belum bisa memaksimalkan hasil dalam pekerjaan sekarang ini, sebaiknya cari tahu lagi semua hal dan perhatikan basic nya. Semua orang sering kali melewatkan pengetahuan basic, sehingga sulit untuk mendapatkan pengembangan. Maka dari itu, harus bisa menguasai jabatan sekarang ini agar mendapatkan promosi jabatan baru.

    Baca juga : Hindari 5 Hal Ini Agar Tidak Masuk Penjara Gara-Gara Bermain Media Sosial

    Sering kali gaji belum layak di awal bekerja menjadi penghambar kreativitas, yakinkan diri jika bisa menjadi pekerja yang belum baik maka bisa mendapatkan gaji lebih banyak. Hal ini yang tidak dipikirkan anak muda, setahu mereka dengan bekerja bisa mendapatkan uang banyak, lihat dahulu pekerjaan yang digeluti.

  4. Cari Kerja Tempat Lain

    Jika masih saja dapat gaji belum layak, padahal sudah melakukan banyak hal untuk perusahaan, saatnya mencari tempat kerja baru yang menawarkan posisi lebih bagus dengan gaji belum banyak. Ini biasanya terjadi pada pegawai muda yang tidak puas dengan posisi sekarang, banyak perusahaan pesaing yang siap memberikan gaji belum besar.

    Apalagi jika menduduki posisi prestisius, seperti kepala marketing, bagian keuangan hingga bagian penting lainnya. Namun untuk pindah kerja, perlu surat rekomendasi kerja, ini biasanya dikeluarkan setelah bekerja minimal 6 bulan hingga satu tahun. Ini sebagai bukti, jika bisa bekerja dengan baik dan memberikan loyalitas pada perusahaan.

Jadi, jangan buru-buru stres jika menghadapi masalah gaji belum layak di awal bekerja, pekerjaan ini kamu sendiri yang melamar berarti menginginkan posisi tersebut bukan. Jangan sampai orang lain yang akan mendapatkan keuntungan, apalagi mencari kerja kini bukan hal mudah karena lapangan kerja semakin sedikit sedangkan lulusan ahli semakin banyak.

Baca Juga:  Kenali Kepribadian Koleris, Ciri dan Kelebihannya!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply