Lifestyle

Gaji Pas-pasan Mau Bergaya Sok Kaya, Kenali Bahayanya!

Bergaya hidup mewah tentu akan meningkatkan status sosial, pakai smartphone terbaru, kendaraan model baru hingga gaya hidup modern yang serba praktis. Tapi coba lihat, berapa penghasilan yang berhasil dikumpulkan setiap bulan. Jangan bergaya hidup ‘wah’ kalau gaji pas-pasan, ini akan jadi bahaya yang memicu stres.

Banyak anak muda yang hidup di kota besar menginginkan gaya hidup modern yang serba mudah, namun malas bekerja keras, bahkan tidak mau bersaing untuk kerja cerdas. Jadi jangan mengharapkan gaya hidup serba enak, jika tidak berhasil menakhlukan ibukota yang super kejam. Kenapa demikian? Karena bisa mengakibatkan masalah serius dalam jangka panjang.

Coba lihat lagi, anak muda dengan gaji pas-pasan tapi menggunakan smartphone terbaru, berani menyewa apartemen, ambil cicilan kendaraan hingga mengajukan kartu kredit. Ini gaya hidup semu yang akan mengundang masa di masa tua, tidak mau bukan menderita dan harus bekerja lebih keras di usia senja. Ada baiknya memahami bahaya gaya hidup ‘wah’ yang tidak sesuai kemampuan.

4 Bahaya Gaya Hidup ‘Wah’ Tapi Gaji Pas-pasan

bahaya hidup wah saat gaji pas-pasan

Sumber : liputan6.com

  1. Tidak Punya Rasa Percaya Diri

    Semua orang punya kekurangan, namun ini akan tertutupi dengan kelebihan yang diberikan. Kenapa menutupi hal yang dianggap memalukan dengan menggunakan barang mewah, seperti baju bermerk atau gadget terbaru. Apa yang dilihat orang lain, bukan orangnya melainkan barang yang digunakan, sehingga tanpa itu semua akan jadi tidak percaya diri.

    Tinggi sekali krisis percaya diri yang kini terjadi pada anak muda, terutama anak milenial yang ingin bergaya hidup modern namun pendapatan bulanan belum mencukupi. Ada baiknya, bergaya hidup sesuai kemampuan saja, jangan memaksakan diri. Memang bukan membuat diri lebih semangat, dalam hal positif seperti lebih giat bekerja agar mendapatkan promosi kenaikan pangkat.

  2. Mencoba Mencicipi Utang

    Ini hal yang identik dengan anak muda, awalnya hanya pinjam uang dalam jumlah kecil, namun semakin bertambah karena kekurangan dan jumlahnya semakin menggunung dan akhirnya tidak bisa mengembalikan. Jika di akhir bulan masih saja suka meminjam uang teman atau menggunakan kartu kredit, berarti pendapatan defisit, sehingga harus mengubah aturan keuangan pribadi.

    bijakkah gaya hidup modern dengan gaji pas-pasan

    Sumber : freepik.com

    Saat masih gaji pas-pasan, cobalah untuk menghindari utang. Ya, sekarang memang butuh, namun coba cukupi kebutuhan primer terlebih dahulu. Jika ada sisa, biasanya untuk menabung, karena bisa jadi ada kebutuhan tak terduga yang bisa memicu pengambilan utang. Jangan pikir tidak perlu mengembalikan utang, bahkan jika mengajukan pada bank atau kartu kredit, harus membayarkan lebih tinggi karena disertai bunga.

  3. Tekanan Semakin Tinggi Sehingga Memicu Stres

    Pegawai baru memang akan mendapatkan gaji pas-pasan, bahkan uang saku yang diberikan orang tua jauh lebih banyak. Tapi apakah tidak malu harus meminta terus menerus, padahal sudah dewasa dan masuk legal age (21 tahun). Ini waktunya bisa berpenghasilan sendiri, bukan membebani orang tua lagi. Memang akan diberikan uang, apalagi jika golongan menengah ke atas, tapi cobalah untuk mandiri.

    Baca juga : 4 Cara Bahagia Untuk Wanita Yang Belum Punya Pasangan

    Memang saat pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran, akan ada kebutuhan yang dikorbankan. Misalkan kebiasaan hangout bareng teman di coffeshop atau restoran, ini digunakan untuk membayarkan cicilan mobil. Namun ini lebih baik, karena bisa mengendalikan diri. Percayalah, gaya hidup wah dengan pendapatan tidak mencukupi akan memberikan tekanan semakin keras dan akhirnya memicu stres.

  4. Merusak Nama Baik Pribadi dan Keluarga Besar

    Saat ingin bergaya hidup wah, coba bekerja lebih giat dan mencari inovasi baru untuk mendapatkan gaya hidup modern yang menyenangkan. Saat masih gaji pas-pasan, coba nikmati prosesnya, karena nanti ini akan jadi cerita, bahkan satu biografi besar bagaimana kamu meraih kesuksesan tanpa bantuan dari orang tua.

    Jangan ikuti gaya hidup modern yang serba mewah, ini hanya akan merusak nama baik pribadi. Bukan itu saja, orang tua juga bisa terbawa bahkan keluarga besar saat semua orang mengetahui aib yang disembunyikan selama ini. Selalu memakai topeng itu tidak menyenangkan, lebih baik jadi diri sendiri tanpa banyak kebohongan.

Jangan mau jadi orang lain hanya untuk mendapatkan teman. Sahabat sejati akan ada di saat kesulitan, bahkan enggan datang untuk menikmati tawa. Jika sekarang masih dengan gaji pas-pasan, ada baiknya menikmati dan jadikan motivasi untuk selalu lebih baik. Hari ini memang hanya mendapatkan satu, namun pastikan esok akan mendapatkan 10, kerja keras itu tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga:  Wanita Super Sibuk Tetap Bisa Memasak, Ikuti Tips Mudahnya

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply