Lifestyle

Gerakan Workout di Kantor Kurangi Kemungkinan Kelelahan Parah

Siapa bilang kerja kantoran itu menyenangkan? Banyak karyawan kantor yang merasa tidak nyaman karena terlalu lama duduk, banyak tekanan dan tuntutan untuk jadi karyawan sempurna bahkan serba bisa. Hal ini bisa memicu stres dan menimbulkan penyakit, coba untuk melakukan gerakan workout di kantor, ini terbukti bisa mengurangi rasa kelelahan parah.

Coba lihat pekerja kantoran, terlalu sering sakit kepala, sakit pinggang karena terlalu lama duduk bahkan mengalami otot kaku. Hal ini wajar saja terjadi, pasalnya saat kerja tidak mendapatkan posisi duduk yang tepat, terlalu lama duduk bahkan tidak bergerak sama sekali, ini tentu membuat tubuh tidak sehat. Bahkan saat berdiri, akan mengalami lelah meskipun tidak beraktivitas berat.

Hal ini terjadi karena posisi badan tidak tepat, sehingga semua otot akan menjadi tegang dan membuat rasa lelah luar biasa jika dilakukan sepanjang hari. Ada baiknya melakukan gerakan workout di kantor, ini tidak perlu meninggalkan pekerja hanya perlu beberapa menit, namun memberikan hasil besar. Workout sama halnya olahraga di tempat kerja, namun ini lebih ringan dan tepat sasaran.

Banyak sekali hal kecil yang bisa jadi workout di kantor, hal tersebut biasanya dilewatkan begitu saja oleh banyak pekerja karena menganggap ini tidak perlu. Bukan hanya untuk kesehatan, melainkan juga memberikan kesenangan, melepas penat dan menghindari stres di tempat kerja. Apalagi jika harus bekerja lebih dari 10 jam setiap harinya, jangan sampai tumbang hanya karena kelelahan.

Baca Juga:  4 Pertimbangan Untuk Menentukan Gaji Freelance Dalam Setiap Project

4 Gerakan Workout di Kantor Untuk Mencegah Lelah Berlebih

happy in office

Sumber : meramuda.com

  1. Naik Tangga Dari Pada Elevator atau Lift

    naik tangga jadi gerakan workout di kantor

    Sumber : insanmedika.co.id

    Gedung perkantoran di Kota Besar sudah pasti dilengkapi dengan lift bahkan elevator, hal ini karena gedung kantor memiliki lantai hingga puluhan. Tapi hal tersebut malahan membuat karyawan kantor malas dan mengalami kelelahan parah, akibatnya ada banyak hal yang memicu stres dan sakit. Kenapa tidak menerapkan hidup sehat, memilih tangga misalkan.

    Bukan berarti menuju kantor yang ada di lantai 20 dengan tangga secara keseluruhan, ini akan menyebabkan betis membengkak, apalagi untuk wanita yang menggunakan high heels. Coba naik tangga dari lantai 18 atau 17, sehingga tidak terlalu banyak tangga yang harus dinaiki. Lewat saja tangga darurat, ternyata ini akan memberikan kesehatan tersendiri.

    Apalagi di pagi hari, kebanyakan orang kantoran tidak punya waktu berolahraga. Naik tangga bisa jadi jogging santai yang dilakukan minimal 30 menit sebelum kerja, tenang tidak akan menyebabkan kelelahan hingga mengantuk. Kerja jadi lebih semangat, mendapatkan tenaga baru dan hidup jadi lebih sehat.

  2. Push Up di Meja Kerja

    push up gerakan workout di kantor

    Sumber : maskulin.com.my

    Push Up memang dapat membentuk otot, namun jika dilakukan ratusan kali. Jika hanya beberapa kali dalam sehari, maka bisa menyehatkan dan memperlancar peredaran darah. Hal ini sebaiknya dilakukan, bahkan sukses menghindari perut buncit yang jadi ‘momok menakutkan’ hampir semua pria, bahkan wanita juga.

    Tidak perlu datang ke pusat kebugaran atau membutuhkan tempat yang besar, gunakan saja meja kerja sebagai tumpuan. Push up bisa dilakukan dengan meja kerja sebagai tumpuan atau bisa jadi planks yang melintang atau sebagai pajangan di kantor, badan sehat dan kerja jadi lebih semangat. Jangan salah, beberapa karyawan kantor sudah mempraktekan hal tersebut, hasilnya tubuh terasa ringan, tidak mudah capek dan kerja jadi lebih efektif.

  3. Exercise Ball Chair

    ball chair for workout in office

    Sumber : fitnessandwellnessnews.com

    Pernah punya keinginan mengganti kursi kerja karena merasa kurang efektif saat jam kerja, biasanya meja kerja seperti kursi kebanyakan dan bisa berjalan karena dilengkapi dengan roda di bawahnya. Ini dirasa kurang efektif dan tidak memberikan manfaat lain, selain untuk duduk saja. Coba ganti dengan kursi yang berbentuk bola, cukup aneh namun memberikan banyak manfaat.

    Baca juga : 5 Alasan Klise Wanita Rentan Galau di Usia 20-an

    Memang butuh fokus tersendiri untuk bisa duduk tenang di atasnya, inilah tantangannya. Jika kamu bisa seimbang, maka bisa duduk dengan tenang dan bekerja seperti biasanya. Namun saat kondisi tubuh tidak seimbang, maka akan terjatuh. Ini terbukti memberikan efek positif saat bekerja, dimana jadi lebih fokus dan mengurangi kesalahan.

  4. Jalan-Jalan di Jam Istirahat

    jalan-jalan workout di kantor paling bagus

    Sumber : magazine.job-like.com

    Kenapa tidak menggunakan jam istirahat untuk jalan-jalan, misalkan ke kantor kantor atau mengunjungi kubilkel teman lain. Ternyata hal kecil tersebut masuk dalam gerakan workout di kantor, hal tersebut juga bisa mengatasi rasa bosan, lelah dan buntu kreativitas. Pasalnya saat duduk kurang memberikan inovasi dan kreativitas buntu.

    Coba jalan-jalan saat jam istirahat atau pergi ke pantry untuk membuat minuman. Jangan terlalu sering meminta bantuan atau menyuruh Office Boy (OB), padahal bisa melakukannya sendiri. Ini juga bisa semacam stretching dan menyehatkan untuk tubuh, jangan lupa berjalan seribu langkah akan mengurangi dampak osteoporosis.

Ada banyak hal kecil yang merupakan gerakan workout di kantor, tidak perlu bergabung dengan klub kebugaran hanya untuk mendapatkan keringat dan melemaskan otot yang tegang seharian. Lakukan hal kecil dengan cerdas, workout terbukti bisa mengurangi ketegangan, tubuh tidak mudah lelah dan memicu daya kreativitas.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply