Hilangkan Mual Secara Instan Dengan Cara Ini

Pernah mengalami mual secara tiba-tiba, datang tanpa sebab bahkan tidak dalam kondisi hamil. Ini biasanya terjadi karena salah makan, kurang istirahat dalam sedang dalam perjalanan jauh. Mual biasanya datang setelah muncul pusing, keringat dingin hingga kondisi menggigil. Ada baiknya kamu mencari pertolongan cepat untuk hilangkan mual secara instan.

Kamu harus tahu, jika mual itu bukan penyakit, ini merupakan gejala atau tanda-tanda penyakit yang lebih serius. Hal inilah yang membuat banyak orang mengabaikan begitu saja, karena memang bisanya mual akan hilang dengan sendirinya. Padahal, sistem metabolisme tubuh sedang terganggu dan butuh penanganan, semakin lambat diatasi, maka masalah akan semakin serius.

Sudah jelas, mual gangguan yang membuat kamu tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Badan akan terasa lemas, malas mengerjakan apapun dan parahnya kamu jadi malas makan. Ada beberapa cara mudah untuk hilangkan mual secara instan, ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, jadi tidak perlu merasa malu.

Pertolongan Pertama Untuk Hilang Mual Secara Mandiri

Tips Hilangkan Mual
Sumber : mencegahpenyakit.com
  • Posisi Duduk Tegak

    Saat merasa gejolak di perut dan ingin muntah, jangan menundukkan kepala, ini akan memicu mual semakin parah. Ada baiknya memaksakan diri untuk duduk dengan posisi tegak, ini memang cukup sulit, mengingat rasanya hanya ingin merebahkan badan saja. Tapi kamu akan semakin lemah dan lemas nantinya, ada baiknya mencoba terlebih dahulu.

    Jika cairan di perut semakin naik, maka mual akan semakin hebat, usahakan untuk menungging terlebih dahulu, baru pelan-pelan usahakan untuk duduk. Saat posisi duduk tegak, perut akan berada di posisi yang tepat, sehingga memudahkan untuk mengendalikan rasa mual. Memang awalnya tetap terasa ingin muntah, tapi usahakan duduk minimal 5 menit, maka mual akan semakin mereda.

  • Konsumsi Makanan Hambar

    Saat mual, kamu harus tetap makan untuk sumber tenaga, jika kamu lemas, maka rasanya ingin muntah terus menerus. Ada baiknya kamu makan sesuatu yang tidak ditambahkan perasa, seperti nasi polos saja atau roti gandum. Ini akan membuat rasa mual semakin berkurang, namun kamu tetap bertenaga. Memang awalnya tidak enak, tapi untuk kebaikan perutmu.

    Hilangkan Mual Muntah
    Sumber : hellosehat.com

    Hindari gorengan, makanan pedas, amis hingga manis. Ini akan hilangkan mual dengan cepat. Selain itu, konsumsi makanan dengan suhu normal atau ruangan saja, tidak perlu terlalu dingin, jika bisa hangat untuk menenangkan perut. Ini bukan hanya asam lambung yang meningkat, namun metabolisme tubuh sedang terganggu.

  • Minuman Jahe

    Ini jadi ramuan herbal yang sudah turun temurun diberikan untuk hilangkan mual, jahe memang akan menghangatkan tubuh, apalagi perut. Sehingga bisa mengobati penyakit yang berkaitan dengan gastrointestinal. Bahkan dari situs LifeHack, jahe dikenal sebagai ramuan alami sekaligus pengobatan herbal yang bisa mengatasi mual.

    Baca juga : 5 Cara Mudah Melindungi Kuku Dari Kerusakan

    Cara konsumsinya cukup mudah, bisa dimakan secara langsung, di asamkan terlebih dahulu. Di buat manisan, dikeringkan baru di makan. Di giling sehingga menjadi bubuk dan di seduh, biasanya kamu akan menjumpai wedang jahe yang dicampur dengan teh, sehingga rasanya tidak terlalu kuat. Jika memang kurang suka, bisa makan kue jahe untuk hilangkan mual.

  • Peppermint

    Hampir seperti jahe, ini merupakan tanaman herbal. Jika jahe diambil dari akar rimpang, peppermint langsung dari daunnya. Aroma mint yang menenangkan, ini obat mual untuk ibu hamil atau pasangan yang mengalami morning sickness. Memang tidak bisa menjadi obat, namun akan bisa hilangkan mual secara cepat, meredakan lebih tepatnya.

    Daun peppermint lebih efektif lagi, hanya menghirup baunya secara langsung sudah bisa mengurangi rasa mual, bisa juga di seduh dengan air hangat dan disajikan langsung. Ini akan membuat perut menjadi lebih tenang, tidak terasa lemas dan kamu menjadi lebih tenang. Ada baiknya, jika ingin menyeduh teh peppermint, tidak perlu menambahkan gula namun cukup madu saja.

Bukan hal sulit untuk hilangkan mual secara cepat, cukup memposisikan sikap dengan baik. Maka rasa mual akan menghilang dengan sendirinya, selain itu pastikan minum air putih yang cukup dan makan tepat waktu. Buat kamu yang punya riwayat maag, ada baiknya menjaga pola makan teratur, rasa mual akan memperburuk penyakit maag yang kamu derita.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *