Makanan Menyebabkan Kebiasaan Insomnia
Lifestyle

Hindari 5 Makanan Untuk Membuang Kebiasaan Insomnia

Hampir semua anak milenials punya kebiasaan insomnia, ini bukan hanya yang patut di banggakan, melainkan ironi di zaman now. Bagaimana tidak, anak muda selalu memilih bekerja dan memaksimalkan kemampuan di malam hari, akibatnya tubuh kekurangan waktu untuk istirahat. Padahal di pagi hari, harus siap kembali.

Bagaimana bisa tubuh kembali fit dan segar, jika kamu kekurangan waktu tidur. Tidak akan timbul masalah jika ini dilakukan satu dua malam saja, tapi bagaimana tidak terjadi setiap hari. Kamu akan mengalami kesulitan bangun pagi, kurang fokus hingga tidak bisa memaksimalkan fungsi otak. Bahkan lebih ekstrem lagi, ada banyak penyakit ‘tak terdeteksi’ namun bersifat mematikan, menjangkiti anak zaman now.

Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan terus menerus, bagaimana masa depan kamu nantinya. Bahkan untuk para wanita, bisa jadi memengaruhi sistem reproduksi. Jika kamu kesulitan mengubah kebiasaan insomnia, coba atasi dari makanan yang di konsumsi. Karena ada beberapa daftar makanan terlarang yang membuat kamu sulit mengantuk dan mendapatkan tidur nyenyak.

5 Jenis Makanan Membuat Kebiasaan Insomnia

Makanan Pedas Bikin Kebiasaan Insomnia

Sumber : healthline.co

  1. Makanan Pedas

    Masyarakat Asia terkenal dengan lidah yang tahan pedas, bahkan tidak afdol makan tanpa sambal kata orang Indonesia. Saat kamu makan cabai atau sambal, nafsu makan semakin meningkat bahkan disertai kucuran keringat. Tapi ternyata kandungan capsaicin yang ada dalam cabai, memberikan pengaruh buruk di malam hari, apalagi makan sambal sebelum tidur.

    Ini akan mengganggu keinginan untuk tidur, sehingga rasanya tidak nyaman, terjadi perubahan suhu tubuh dan produksi keringat meningkat. Jika ingin makan pedas, apalagi bersantan, sebaiknya di siang atau sore hari saja. Hal ini juga membuat sistem pencernaan jadi lebih ringan, tidur jadi lebih nyenyak di malam hari.

  2. Alkohol

    Siapa bilang minuman alkohol menyelesaikan masalah, kamu akan mengalami kesulitan tidur bahkan meningkatkan emosi dan mengalami kondisi tidak sadar dengan apa yang sedang dilakukan. Menenggak alkohol kapan pun itu tidak dibenarkan, apalagi di malam hari. Pasalnya alkohol akan membuat tubuh terasa lelah dan tidak mengantuk.

    Pasalnya ini akan mengganggu kinerja rapod eye movement (REM), sehingga akan berfungsi negatif. Akibatnya, mata tidak bisa terpejam, meskipun sudah sangat lelah. Inilah yang akan membuat memori jangka pendek hilang, bisa mengakibatkan pikun untuk efek jangka panjang. Ada baiknya menjauhi minuman dengan kandungan alkohol cukup tinggi, bahkan minuman soda juga sebaiknya tidak di konsumsi di malam hari.

  3. Daging Merah

    Kebanyakan orang Asia suka makan daging merah yang dimakan langsung, seperti bulgogi di Korea Selatan. Ternyata ini memberikan efek buruk dan menimbulkan kebiasaan insomnia, ini tidak berkaitan dengan mata, melainkan sistem pencernaan. Daging salah satu protein yang membutuhkan waktu lebih lama dalam sistem pencernaan.

    Daging Mentah Menyebabkan Kebiasaan Insomnia

    Sumber : healthymummy.com

    Sehingga saat sistem pencernaan masih bekerja maksimal, kamu akan merasa sulit tidur. Ini melawan kebiasaan tidur setelah makan yang dipercaya masyarakat Indonesia, tapi hal ini juga dibenarkan oleh ahli kesehatan. Bahkan menyarankan, konsumsi makanan ringan saja sebelum tidur, jika bisa bukan makanan karbohidrat tinggi sehingga bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

  4. Kafein

    Siapa yang langsung membuat secangkir kopi di malam hari untuk teman terbaik begadang? Hampir semua anak milenials melakukan hal tersebut, kafein memang cocok sebagai teman anti tidur di malam hari. Hal ini karena bisa memblokir adenosine kimia yang memberikan efek bisa terjaga lebih lama, bahkan ini bisa bertahan hingga 6 jam ke depan.

    Baca juga :Tingkatkan Kecerdasan Otak, Coba Lakukan Kebiasaan Ini!

    Namun ada efek buruknya, kamu jadi lebih mudah khawatir dan gelisah, padahal tidak perlu melakukan hal tersebut. Itulah kenapa, sekarang ini ada pembatasan konsumsi kafein setiap harinya, coba maksimal hanya 2 cangkir kopi, untuk ukuran normal. Ini batasan maksimal, bahkan jika bisa kurangi minum kopi di malam hari, karena bisa memicu kebiasaan insomnia akut.

  5. Makanan Manis

    Hampir semua dari kamu akan lari ke cokelat atau dessert manis jika mengalami gelisah atau sulit tidur, ini bukan pelarian yang tepat. Pasalnya akan menyebabkan sugar rush atau kondisi dimana terjadi gula berlebih yang tidak bisa dirubah menjadi energi, hal inilah yang memicu kebiasaan insomnia mulai timbul, bahkan masih juga diabaikan.

    Asupan gula yang tinggi di malam hari, bukan hanya membuat kamu jadi lebih gemuk dan bisa menimbun lemak. Namun rasa kantuk enggan datang, meskipun kamu sudah bersih, merasa lelah dan kini berada di tempat tidur. Ada baiknya, jika ingin sesuatu yang manis, itu berasal dari buah, karena bukan hanya manis, buah memiliki kandungan air, sehingga membuat wajah jadi lebih segar di pagi hari.

Apakah kamu masih konsumsi beberapa jenis makanan di atas? Sudah pasti, sulit melepaskan kebiasaan insomnia. Ini bahkan jadi camilan wajib bagi anak milenials, kenapa tidak mengubah jadi kebiasaan baik. Seperti jangan makan berat di malam hari, ganti camilan dengan air putih, yoghurt atau buah-buahan, agar bisa mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

Baca Juga:  RamenGvrl, Rapper Kekinian Dengan Fashion Anak Milenials

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply