Body & Skin Care

Hindari Masalah Kulit, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini

Banyak wanita selalu berusaha hindari masalah kulit, apalagi jika di sekitaran wajah. Pasalnya semua orang akan melihat dari penampilan luar tersebut dahulu, dimana kulit sangat sensitif apalagi soal apa yang di konsumsi setiap harinya. Sehingga benar ‘You are what you eat’, dimana apa yang dimakan itulah yang terjadi sekarang.

Makanan memberikan andil besar dalam kesehatan kulit, hal ini tidak akan bisa ditutupi dengan pakaian, aksesori hingga makeup. Pasalnya ini sudah berkaitan dengan kesehatan, sebaiknya dirawat bukan di tutupi terus menerus. Awalnya memang berhasil, namun kulit yang tidak mendapatkan nutrisi semakin memburuk.

Coba lihat lagi makanan apa yang di konsumsi setiap harinya, ternyata ada beberapa jenis makanan yang harus di hindari untuk mengatasi masalah kulit. Beberapa jenis makanan memang terlihat enak saat di makan, namun tidak memberikan manfaat bahkan merugikan bagi kulit. Seperti kopi yang memiliki kandungan kafein tinggi, gorengan dengan kandungan minyak jenuh tinggi dan beberapa makanan lainnya.

Ada baiknya memang hindari masalah kulit, ini akan sulit disembuhkan jika sudah masuk di usia 35 tahun ke atas. Hal ini karena kulit tidak bisa memproduksi hormon dan menyerap nutrisi dari makanan dengan maksimal, solusi terbaiknya, coba mulai hindari beberapa jenis makanan ini agar tidak menimbulkan masalah kulit nantinya.

Baca Juga:  Tips Cerdas Hindari Gagal Potong Rambut

Berhenti Konsumsi 5 Jenis Makanan Untuk Hindari Masalah Kulit

 

cara hindari masalah kulit

Sumber : gecce.com.tr

  1. Gula Olahan dan Biji-Bijian

    Karbohidrat ternyata memberikan dampak buruk untuk kulit, meskipun dapat memberikan energi. Ternyata dapat menyebabkan jerawat jika di konsumsi terlalu banyak. Bukan hanya biji bijian saja yang harus dihindari, ternyata makanan kemasan dengan gula olahan juga andil besar dalam masalah kulit.

    Sari buah, soda dan minuman kemasan lain yang rasanya manis, memang jadi penyebab utama timbulnya jerawat. Maka dari itu hindari masalah kulit dengan perlahan mengurangi hingga akhirnya tidak lagi mengkonsumsinya. Menurut penelitian HerBeauty.co, mengkonsumsi makanan olahanan dengan kandungan karbohidrat lebih dari 30 persen, lebih rentan mengalami masalah kulit.

  2. Makanan Olahan Dari Susu

    Susu memang punya andil besar dalam memutihkan kulit, ini banyak digunakan untuk masker bahkan berendam dalam air susu. Namun ternyata konsumsi susu dan olahannya tidak memberikan dampak positif. Bahkan susu dapat memicu terjadinya masalah pada organ dalam, seperti peradangan.

    Ada baiknya membatasi konsumsi susu, misalkan hanya pagi dan sore saja. Untuk wanita yang sedang ikut dalam program diet, pilihan susu low fat. Sehingga minim kandungan kalori dan gula, ini juga baik untuk penyerapan nutrisi dalam tubuh. Bahkan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

  3. Makanan Terlalu Pedas

    Masyarakat Asia memang terkenal dengan kuliner yang rasanya sangat pedas, ini memang dapat meningkatkan selera makan dan membuat tubuh terasa lebih hangat. Namun ternyata makan makanan terlalu pedas, bukan hanya menimbulkan sakit pada pencernaan. Tetapi juga menimbulkan masalah pada kulit.

    hindari masalah kulit jangan makan pedas

    Sumber : hellosehat.com

    Ini berhubungan dengan inflamasi, dimana peningkatan suhu tubuh drastis membuat masalah kulit muncul. Seperti memicu terjadinya jerawat atau komedo membandel, maka dari itu sejak awal untuk hindari masalah kulit, batasi tingkat pedas yang akan ditambahkan pada makanan. Jika memang terlalu pedas, siapkan makanan atau minuman penetral, seperti susu dan olahannya.

  4. Kedelai Tiruan

    Biji bijian seperti kedelai sangat bagus untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem pencernaan dan tinggi kandungan serat. Namun karena Indonesia tidak bisa menghasilkan keledai bagus, maka dilakukan modifikasi genetis dan muncullah kedelai tiruan dengan hasil yang lebih bagus.

    Baca juga : Coba Menu Sarapan Sehat Dari Yoguht Dan Granola

    Ini tentu memberikan efek kurang bagus, seperti munculnya Fotiestrogen, ini akan menyebabkan kerja estrogen semakin tinggi dan menimbulkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Hal ini akan mengakibatkan masalah kulit yang dihindari sebelumnya, jangan sampai harus mengalaminya karena sulit diatasi.

  5. Daging Olahan Masak Terlalu Lama

    Daging memang sumber protein yang sangat bagus, cocok di konsumsi setiap harinya. Namun sayang, cara pengolahan yang terlalu lama membuat kandungan nutrisinya hilang dan hanya akan mengkonsumsi sampahnya saja. Dimana membuat kandungan natrium terlalu banyak, sehingga membuat kulit tidak lagi sehat.

    Jika memang ingin hindari masalah kulit, sebaiknya hindari daging yang sudah tidak segar atau diproses terlalu panjang, misalkan menu olahan santan yang cenderung bertahan hingga beberapa hari ke depan. Lebih baik langsung konsumsi daging segar yang dimasak kurang dari satu jam, selain itu pilih daging segar yang muda karena lebih empuk dan mudah dicerna.

Ternyata hindari masalah kulit bukan hanya dari cara membersihkan hingga perawatan, melainkan apa makanan yang di konsumsi setiap harinya. Hindari makanan yang di masak terlalu lama dan tidak lagi segar, lebih baik konsumsi fresh food, perbanyak sayur dan buah agar kulit mendapatkan nutrisi cukup.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply