Lifestyle

Hindari Sekarat Di Tanggal Tua Dengan Tips Hemat Tanpa Nyiksa!

Hampir semua karyawan akan merasakan sekarat di tanggal tua, hal ini karena uang tinggal sedikit dan tanggal gajian masih jauh. Berhemat memang solusi tepat, namun tidak mungkin dihabiskan semuanya bukan. Maka dari itu, akhir bulan selalu jadi masalah karena uang menipis namun kebutuhan tetap harus dipenuhi.

Hidup hemat jadi solusi cerdas, sehingga tidak akan terkena masalah kekurangan uang di akhir bulan. Tapi jangan sampai pola hidup hemat yang diterapkan menyiksa diri, ada batasan yang tidak boleh keterlaluan, sehingga akan memberatkan. Pasalnya beberapa wanita membuat pengaturan hemat yang terlalu parah, sehingga menghambat kebahagiaan sendiri.

Ada cara kok bagaimana menghindari sekarat di tanggal tua, bahkan tetap bahagia menyambut awal bulan dengan gajian tetap penuh. Mengambil kredit di akhir bulan bukan solusi tepat, pasalnya ini akan sangat mengganggu dan memberikan tekanan batin, jangan sampai stres hanya karena uang karena ini masih bisa dicari lagi.

4 Cara Hindari Sekarat di Tanggal Tua

tips anti sekarat tanggal tua

Sumber : moneymagpie.com

  1. Bawa Uang Tunai Saat Belanja

    Hal yang menguras banyak uang bagi wanita adalah belanja, bahkan sering kali membeli barang yang sudah jelas tidak ada di list, hanya karena sedang diskon. Jika memang ingin berhemat tanpa menyulitkan hidup, coba bawa uang cash setiap kali belanja. Hal ini sudah banyak ditinggalkan masyarakat modern, pasalnya lebih praktis membayar dengan kartu ATM atau kartu kredit.

    Kenapa belanja dengan uang tunai bisa lebih hemat, karena tidak akan belanja lebih dari apa yang sudah diinginkan. Takut akan mengalami kekurangan uang dan malu saat membayar nantinya, bahkan akan mendahulukan barang kebutuhan dan tidak membeli lebih dari itu. Tindakan yang cerdas bukan, tapi tetap bisa hidup nyaman.

  2. Susun Uang Dalam Dompet Dari Nominal Terkecil

    Tidak salah menjadi pelit, namun ini akan dijauhi banyak orang. Ada baiknya menerapkan hidup hemat, agar tidak sekarat di tanggal tua. Cara mudahnya, coba susun uang dari nominal terkecil hingga terbesar. Selain akan mempermudah pembayaran, hal ini juga mengurangi keinginan membeli karena melihat uang hanya sedikit.

    hindari sekarat tanggal tua

    Sumber : thedailybeast.com

    Bukan itu saja, tempatkan uang kecil di bagian depan. Sehingga saat ingin membeli, maka tidak menemukan uang besar, keinginan ini akan mereda dan santai saja tidak membeli barang tersebut, toh tidak terlalu dibutuhkan. Menyusun uang dari nominal kecil ke besar juga memberikan kemudahan dalam menghitung sisa uang.

  3. Sediakan Uang Logam

    Jangan ragu meminta uang kembalian hingga nominal terkecil, biasanya beberapa orang tidak mau mengambil uang logam, karena akan memenuhi dompet dan membuatnya berat. Padahal uang logam akan jadi penyelamat di tanggal tua, cobalah ikuti gaya hidup anak kecil, dimana akan menabung uang logam.

    Baca juga : Cara Makan Seseorang Dapat Memperlihatkan Kepribadiannya

    Lakukan ini dari sisa belanjaan saja, coba amati dalam waktu satu bulan. Maka akan ada gunungan uang logam yang siap ditukarkan dan bisa memenuhi kebutuhan beberapa hari ke depan. Tidak akan menyangka bukan, ini cara cerdas dalam hidup. Jika tidak mau uang logam memenuhi dompet, ada baiknya membawa dompet kecil untuk menampung uang logam.

  4. Bijak Dalam Penggunaan Kartu

    Kartu debit dan kartu kredit memang memberikan kemudahan dalam pembayaran, bahkan tidak perlu mendapatkan kembalian namun membayarkan sesuai angka yang tertera. Inilah kemudahan yang ditawarkan kehidupan modern, dimana urusan pembayaran bisa dilakukan perbankan semuanya. Tapi, banyak wanita mengeluhkan tingginya tagihan kartu kredit.

    Maka dari itu, harus lebih bijak dalam pembayaran dengan kartu debit atau pun kartu kredit, pasalnya tidak mengeluarkan uang namun nominal di dalamnya akan mengalami pengurangan. Apalagi untuk kartu kredit, sebaiknya di awal pembuatan ditekankan limid terkecil bahkan jika bisa lebih kecil dari jumlah penghasilan.

    Kenapa demikian? Kartu kredit memiliki sistem pembayaran berbeda. Dimana pengeluaran akan ditambahkan dengan bunga dan administrasi, namun saat pembayaran juga ditawarkan, apakah membayar seluruhnya, hanya bunga dan administrasinya saja bahkan bisa membayar administrasi bulanan saja. Ini tentu sangat merugikan konsumen, karena bunga dan pokok tidak terbayarkan namun nominalnya semakin besar. Ini akan jadi lebih parah dari masalah sekarat di tanggal tua, bukan sebuah solusi tepat dan bijak.

Ada baiknya menerapkan hidup hemat sejak dini, mulai menabung dan tidak belanja berlebih. Cukup itu batasan tepat, hanya membeli kebutuhan bukan keinginan. Sehingga tidak akan punya masalah sekarat di tanggal tua, ini bukan hanya terjadi pada karyawan namun juga banyak pekerja lainnya, karena punya masalah dalam hal pengaturan keuangan.

Baca Juga:  Mau Interview Kerja Sukses? Coba Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply