Ingin Tidur Nyenyak, Pastikan Tidak Melakukan 4 Kebiasaan Buruk Ini!

Tidur nyenyak di malam hari, semua orang mendambakan hal tersebut. Dimana nantinya Anda akan terbangun dengan kondisi segar, mood bagus dan bisa menjalani hal dengan lebih gembira. Namun faktanya, hampir 75 persen orang tidak mendapatkan istirahat sesungguhnya. Ini hanya sekadar tidur tanpa bisa banyak manfaat, terbukti di pagi hari bangun dengan wajah cemberut.

Padahal jika dilihat lagi, Anda sudah memiliki waktu tidur yang cukup, hingga 8 jam tanpa jeda. Sudah membersihkan diri dan mengganti dengan pakaian tidur khusus, bahkan memastikan tempat tidur dalam kondisi nyaman. Namun tetap saja tidak bisa bisa mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, ini ternyata ada sebabnya.

tidur nyenyak
Sumber : vemale.com

Di zaman modern saat ini, Anda tentu akan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Namun apa yang terjadi sekarang, semua orang ketergantungan dengan gadget, bahkan saat tidur pun masih membawa smartphone atau laptop. Sebuah hal kecil yang memberikan dampak besar, inilah yang membuat tidur di malam hari tidak lagi berkualitas. Ada baiknya Anda tahu, apa kebiasaan kecil yang mengganggu waktu istirahat di malam hari.

4 Kebiasaan Dapat Menghilangkan Tidur Nyenyak Di Malam Hari

  1. Smartphone Terlalu Dekat Dengan Anda

    Saat tidur, tentu tidak membutuhkan smartphone atau laptop dan gadget lainnya, maka sebaiknya ditempatkan secara terpisah dan tidak berada di tempat tidur. Faktanya, hampir semua anak muda akan tidur bersama ponselnya, bahkan banyak yang diletakkan di atas kepala. Padahal smartphone yang kini terhubungan dengan internet, memiliki pancaran radiasi yang sangat tinggi.

    Ini juga akan berpengaruh, apakah bisa tidur nyenyak atau tidak. Pasalnya saat smartphone berbunyi, maka Anda otomatis akan tertarik untuk membukanya, sehingga waktu tidur berkurang. Jika memang membuat alarm untuk bangun pagi, sebaiknya letakkan di meja kecil (nakas) dekat tempat tidur dan pastikan smartphone memiliki jarak yang cukup jauh dengan tubuh saat tidur.

    Baca juga : Inilah 7 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Insomnia yang Berkepanjangan!

  2. Stres Terbawa Hingga Menjelang Tidur

    Semua orang memiliki masalah yang tidak bisa diselesaikan dalam sehari saja, sehingga akan terbawa ke rumah. Ada baiknya membatasi diri dengan pekerjaan, saat sudah sampai ke rumah, maka jangan bawa lagi masalah yang ada di kantor. Jika Anda terus menerus tertekan dan nantinya bisa stres, maka tidak akan bisa mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

    Pasalnya otak tidak beristirahat secara total, meskipun tubuh sudah relaks dan mata terpejam. Hal ini membuat mimpi terjadi di alam bawah sadar, pastikan Anda melupakan sejenak semua masalah dan tidak memicu stres. Bukan penyakit insomnia dapat terjadi sendiri, namun Anda yang membuat penyakit itu datang sendiri.

  3. Kondisi Tempat Tidur Berantakan

    Anda tentu lebih suka dengan segala sesuatu yang rapi dan berada di tempatnya masing-masing, hal ini terjadi di tempat tidur bukan. Buang kebiasaan untuk meletakkan semua pakaian, tas dan perlengkapan di tempat tidur, sebelum menepatkan di pos masing-masing, inilah yang membuat Anda susah tidur di malam hari.

    Pastikan membersihkan tempat tidur terlebih dahulu, kondisi rapi bisa memicu tubuh menjadi relaks dan mata mudah terpejam. Apalagi jika Anda menyalakan lilin aroma terapi, ini akan membuat kamar serasa di tempat spa atau perawatan tubuh, sehingga bisa tidur nyenyak tanpa harus menunggu lama.

  4. Pencahayaan Terlalu Terang

    Tubuh akan lebih relaks jika tidur dengan kondisi kamar yang redup, bukan berarti gelap total. Sebaiknya gunakan lampu dengan warna, seperti kuning atau hijau, sehingga bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas. Hindari menggunakan lampu utama yang biasanya ada di atas tempat tidur, ini akan membuat tubuh tidak beristirahat dengan maksimal.

    Selain itu, jika tidur hidupkan lampu di samping, jangan di atas. Hal tersebut untuk membuat mata lebih relaks, bisa membuka tanpa terasa silau dan tidak merusak mata. Apalagi jika Anda memiliki masalah mata, seperti mata plus, minum atau silindris. Lebih baik, gunakan lampu dengan daya kecil saja, namun cukup untuk pencahayaan kamar.

Jika masih juga tidak bisa tidur dengan nyenyak, coba hidupnya musim klasik tanpa lirik. Iringan instrument musik akan membuat alam bawah sadar lebih cepat aktif dan membuat Anda tidur nyenyak. Jangan membawa masalah saat tidur, ini akan membuat Anda bangun tanpa mendapatkan istirahat yang cukup.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “Ingin Tidur Nyenyak, Pastikan Tidak Melakukan 4 Kebiasaan Buruk Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *