Ini Cara Aman Kecilkan Pori-Pori Dengan 5 Bahan Alami

Pori-pori besar di wajah tentu bukan hal bagus, ini membuat kotoran dan sisa makeup akan bertahan dan menyebabkan jerawat. Maka dari itu, banyak wanita mencari cara kecilkan pori-pori. Sayangnya tidak semua cara aman, sebaliknya bukan menutup malahan membuat kulit semakin memburuk karena mengalami iritasi.

Jangan percaya hal instan dengan perawatan wajah, jika memang ingin hasil bagus, lakukan perawatan secara rutin maka wajah akan mengalami perubahan. Ini juga tidak bisa instan, apalagi jika menggunakan bahan alami, namun hasilnya akan bertahan hingga jangka panjang. Bukan hanya membuat wajah terlihat lebih cantik, namun kondisi kesehatan wajah semakin baik.

Hal ini tentu membuat banyak wanita penasaran bagaimana cara kecilkan pori-pori wajah tanpa harus ke klinik kecantikan dengan menggunakan perawatan medis, pasalnya tidak semua jenis kulit cocok. Bahkan saat mendapatkan treatment yang terlalu keras, maka wajah akan timbul bintik merah hingga iritasi. Coba cara alami yang bisa membuat pori-pori mengecil tanpa efek samping, ini bisa Anda lakukan di rumah.

5 Cara Kecilkan Pori-Pori Dengan Bahan Alami

cara kecilkan pori-pori
Sumber : vemale.com
  1. Es Batu

    Ini sudah menjadi treatment khusus untuk mengecilkan pori, ini akan sangat efektif dilakukan pada malam hari. Apalagi untuk acara besar, seperti wisuda, pernikahan atau hari penting lainnya. Pori-pori akan mengecil, namun harus secara rutin karena tetap bisa membesar kembali. Lakukan kompresan dengan es batu, sebelum makeup maka hasilnya pori akan tertutup dengan sempurna.

    Caranya, cukup ambil es batu secukupnya, tempatkan di kain katun yang mudah menyerap air dan usapkan ke seluruh bagian wajah. Pastikan sudah dibersihkan terlebih dahulu, sehingga tidak ada sisa makeup dan kotoran di pori-pori. Usapkan ke seluruh wajah kurang lebih 25 menit, setelah itu biarkan air mengering dengan sendirinya.

  2. Lemon Dan Putih Telur

    Anda tentu sudah tahu, jika putih telur dapat mengencangkan kulit, namun ternyata juga bisa kecilkan pori-pori secara alami. Karena mengandung mikronutrien dan kaya sumber protein. Selain itu, coba tambahan dengan lemon yang kaya vitamin C, sehingga kulit bisa lebih putih dan kaya kandungan anti oksidan.

    Baca juga : Bau Badan Saat Menstruasi? Gunakan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!

    Caranya, campurkan kedua bahan ini dengan komposisi sama. Kocok hingga tercampur rata dan balurkan ke seluruh bagian wajah, hati-hati dengan area mata karena lemon bisa menyebabkan pedih, pastikan tidak tiduran namun bersandar pada pinggir tempat tidur atau menggunakan bantal. Biarkan campuran lemon dan putih telur meresap, paling cocok digunakan pada malam hari dan bilas dengan air dingin.

  3. Madu

    Sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh, madu juga memiliki khasiat bagus untuk kulit. Bisa mengencangkan dan mengenyalkan kulit, selain itu juga efektif kecilkan pori-pori wajah. Dimana bisa membersihkan sisa kotoran yang menyumbat di pori-pori, selain itu bisa mengembalikan ukuran pori yang membesar akibat terlalu banyak sumbatan kotoran.

    madu dapat kecilkan pori-pori
    Sumber : merdeka.com

    Caranya, coba tuangkan madu murni ke cawan kecil, gunakan brush atau kuas untuk membalurkan ke seluruh wajah. Usahakan agar madu merata ke seluruh wajah, hindari area T agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Diamkan kurang lebih 2 jam atau hingga mengering, bilas dengan air dingin. Untuk hasil lebih bagus, aplikasikan di malam hari dan diamkan hingga pagi hari.

  4. Tomat

    Buah sekaligus sayur yang kaya akan vitamin C ini memang sangat bagus untuk kulit, dimana kandungan asam amino sangat bagus untuk kecil pori-pori wajah, bahkan ada yang sudah membuktikan bisa membuat kulit menjadi lebih muda dari usia sebenarnya. Treatement tomat memang patut di coba, apalagi untuk relaksasi di malam hari.

    Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, bisa menempelkan potongan tomat dan mengoleskan ke seluruh bagian wajah dan tunggu hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin, ini akan membuat kulit menjadi lebih segar. Bisa juga dengan membuat masker, tumbuk 2 butir tomat dan gunakan sebagai masker wajah,diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air dingin.

  5. Clay Mask

    Sekarang ini sedang trend skin care dari korea, dimana untuk mengatasi pori-pori membesar menggunakan clay mask. Ini efektif untuk semua jenis kulit, karena terdapat beberapa varian untuk semua jenis kulit. Misalkan memilih green clay, ini akan membersihkan sekaligus melembutkan kulit, ada juga white clay, ini akan kecilkan pori-pori sekaligus memutihkan wajah.

    Caranya, campurkan clay mask dengan air mawar hingga membentuk pasta, oleskan ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit atau tunggu hingga mengering. Pastikan jangan sampai mengenai area sekitar bibir dan mata, setelah mengering dan agak kaku, bilas dengan air dingin. Setelah itu Anda bisa melanjutkan menggunakan pelembap wajah.

Ada banyak pilihan bahan alami untuk kecilkan pori-pori, ini terbukti aman untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun. Semua treatment alami tidak bisa memberikan hasil instan, Anda harus rutin menggunakannya sehingga bisa mendapatkan wajah lebih halus, tidak berjerawat dan mudah saat di aplikasikan dengan makeup.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “Ini Cara Aman Kecilkan Pori-Pori Dengan 5 Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *