Kamu Jadi Korban PHK Kantor? Jangan Stres, Lakukan Langkah Ini!
Inspiration

Kamu Jadi Korban PHK Kantor? Jangan Stres, Lakukan Langkah Ini!

Di masa pandemi ini, ada beberapa orang yang menjadi korban PHK kantor. Mungkin kamu adalah salah satu di antaranya. Wajar jika kamu kemudian sempat kaget dan panik saat pertama kali mendengar keputusan pemutusan hubungan kerja.

Wanita yang menjadi korban PHK biasanya rentan mudah stres, terutama yang masih single. Coba sejenak ambil waktu untuk berpikir jernih agar kamu tidak frustrasi. Lakukan langkah-langkah ini dengan lebih tenang mulai sekarang ya.

Terima dan Tenangkan Diri

Terima dan Tenangkan Diri

sumber: Pexels

Hal pertama yang harus dilakukan saat menjadi korban PHK kantor adalah menerimanya. Ya, kamu tidak bisa mengontrol hal-hal yang ada di luar kendalimu. Berhenti menyalahkan nasib atau terus-menerus bertanya kenapa harus kamu yang bernasib apes.

Setelah sudah mampu menerima keadaan dengan ikhlas, maka belajarlah untuk menenangkan diri. Bentengi diri dari pikiran negatif yang mudah membuatmu putus asa. Ingat, hidupmu tidak serta merta berhenti meski harus kehilangan pekerjaan.

Minta Surat Rekomendasi

Minta Surat Rekomendasi

sumber: Pexels

Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi dari kantormu sebelum pergi. Kamu butuh membuat rencana untuk mencari pekerjaan baru. Setidaknya, mintalah surat rekomendasi dari atasan sebagai bekal melamar kerja nanti.

Percayalah, selama kamu merasa sudah bekerja dengan baik, maka atasanmu tidak akan ragu memberi rekomendasi. Berikan pengertian ke atasan bahwa kamu membutuhkan bukti bahwa kamu cukup berkualitas di bidang yang digeluti. Rekomendasi dari atasan sangat bermanfaat untukmu.

Baca Juga:  Mau Karir Cemerlang Di Tahun Pertama Bekerja, Mulai Terapkan Ini

Periksa Keuangan Pribadimu

Periksa Keuangan Pribadimu

sumber: Pexels

Tidak banyak wanita yang punya kondisi keuangan bagus saat menjadi korban PHK kantor. Oleh sebab itu, cobalah cek dulu keuangan pribadimu. Buat catatan mengenai simpanan, tabungan, atau aset apa saja yang dimiliki.

Jangan keburu panik, tapi belajarlah berpikir realistis. Saat pendapatan bulanan akan kosong dalam beberapa bulan ke depan, hitunglah kira-kira berapa lama kamu dapat bertahan. Buat target untuk segera mendapat pekerjaan agar kamu setidaknya tidak perlu cemas masalah keuangan.

Cek dan Perbaharui CV

Cek dan Perbaharui CV

sumber: Pexels

Setelah kamu yakin masih punya waktu untuk menganggur, mulailah persiapan mencari kerja. Hal pertama yang harus kamu cek adalah CV. Perbaharui CV kamu dengan menyertakan kondisi kamu sekarang.

Jangan sampai kamu terburu-buru melamar pekerjaan tanpa sempat memperbaiki CV ya. Ingat, CV adalah kunci awal kamu mengikuti proses rekrutmen. Kalau CV kamu saja tidak menarik dan berkualitas, bagaimana HRD akan merekrutmu?

Bekerja Lepas Bisa Jadi Opsi

Bekerja Lepas Bisa Jadi Opsi

sumber: Pexels

Selagi masih single, jangan lelah untuk belajar hal baru. Sembari menunggu pekerjaan baru, tidak ada salahnya kamu mencoba bekerja lepas. Lumayan kan pendapatannya bisa untuk menghidupimu selama pandemi?

Pilihan pekerjaan lepas pun juga banyak, mulai dari menulis, desain, admin media sosial hingga menjadi customer service. Lagipula, siapa tahu pekerjaan lepas ini kelak jadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Ayo, jadi wanita harus punya semangat belajar dan mencoba hal baru ya!

Baca Juga:  5 Tips Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tidak Tetap

Semoga kamu tetap bisa semangat dan terus optimis meski menjadi korban PHK kantor ya. Ingat, kesempatan buatmu akan terus ada selama kamu berusaha!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply