Body & Skin Care

Jerawat Di Ketiak? Kenali 3 Sumber Penyebabnya

Jerawat di ketiak? Oh No!. Banyak wanita membenci keberadaan bintik merah yang bisa menyebabkan noda hitam di kulit, tetapi normal saja kok berjerawat. Ini menandakan jika hormon tubuh dalam kondisi bagus, selain itu Anda tidak perlu menggunakan makeup untuk mencegah jerawat. Bisa jadi, setelah tidak digunakan jerawat akan keluar semuanya.

Sudah jelas, jerawat akan membuat siapa pun ingin memencet dan menghilangkannya, namun jika letaknya di ketiak, sudah jelas akan terasa sangat sakit. Sebelum melakukan segala cara untuk menghilangkan jerawat yang kini berada di ketiak, kenapa tidak cari tahu apa penyebabnya. Sehingga tidak akan mengalami hal serupa, pasalnya ini bagian tubuh yang cukup sensitif.

Setiap harinya ketiak dalam kondisi lembab, memang sangat ideal untuk berkembangnya jamur dan penyebab jerawat ketiak. Tetapi munculnya jerawat ini bisa diprediksi dan dihindari, sehingga tidak akan terjadi kembali dan bisa dihilangkan secara menyeluruh, tanpa adanya bekas noda hitam atau rasa sakit berlebih.

3 Penyebab Utama Munculnya Jerawat Di Ketiak

jerawat di ketiak

Sumber : alodokter.com

  1. Penyumbatan Folikel Rambut

    Anda tentu tahu jika di ketiak terdapat rambut halus, sering kali Anda cabut dan akan tumbuh lebih banyak. Bahkan sebagian besar remaja akan menghilangkan rambut halus di ketiak tersebut, karena merasa kurang percaya diri dengan ketiak hitam. Padahal ini mengganggu folikel rambut di ketiak, sehingga menyebabkan jerawat.

    Adanya jerawat di ketiak karena terlalu rajin mencukur rambut hingga habis, sehingga membuat rambut tidak tumbuh kembali, melainkan masuk ke epidermis kulit. Akibatnya, terdapat tonjolan kecil yang sangat menyakitkan jika disentuh, inilah jerawat yang ada di ketiak, padahal sebenarnya bukan jerawat karena jika di pencet tidak mengeluarkan apapun.

    Solusinya, jika memang ingin menghilangkan bulu di ketiak, ini memang bisa saja dilakukan dengan cara aman. Coba oleskan kapas yang sudah direndam dalam air hangat dengan garam, ini bukan menghilangkan kuman atau kotoran saja, namun melembutkan rambut sehingga mudah saat dicukur.|

    Baca juga :Coba Hilangkan Noda Hitam Di Kulit Dengan 4 Bahan Alami Ini

    Selain itu, perhatikan pisau atau alat cukur yang Anda gunakan, usahakan masih baru dan steril sehingga tidak menyebabkan iritas. Gunakan krim cukur agar lebih mudah mencukur, selain itu juga mengurangi kemungkinan terdapat luka. Pastikan juga pisau cukur baru digunakan satu kali saja, sisa cukup rambut atau jenggot jangan lagi digunakan.

  2. Pemakaian Deodoran

    Bukan hanya kebiasaan mencukur bulu ketiak saja yang bisa membuat jerawat di ketiak muncul, bagi Anda yang tidak percaya diri dengan bau badan. Sudah pasti akan menggunakan parfum, untuk ketiak banyak digunakan deodoran. Ini akan membuat kulit menjadi lebih halus, putih dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

    Coba ingat lagi, berapa kali menggunakan deodoran setiap hari, setelah mandi atau saat merasa ketiak basah hingga muncul bau tak sedap. Ternyata penggunaan deodoran berlebih dapat menyebabkan jerawat di ketiak, karena deodoran banyak mengandung bahan kimia yang tidak ramah di kulit, apalagi ketiak yang selalu dalam kondisi basah.

    deodoran penyebab jerawat di ketiak

    Sumber : kaltim.tribunnews.com

    Ada baiknya penggunaan deodoran tidak setiap harinya atau setelah mandi, bisa dipakai dua kali dalam seminggu saja. Ini untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat dan tidak terdapat menyumbatan di folikel rambut, sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, pastikan ketiak dalam kondisi kering saat menggunakan deodoran dan harus sudah kering kembali saat menggunakan pakaian, jika tidak akan muncul noda kehitaman di ketiak pakaian.

  3. Hidradenitis Suppurativa

    Anda tidak memiliki kebiasaan mencukur rambut dan menggunakan deodoran, namun kenapa masih timbul jerawat di ketiak. Hal ini karena mengalami kelainan kulit yang cukup langka, Hidradenitis Suppurativa, dimana memiliki gejala yang mirip dengan jerawat namun lebih parah, bahkan hingga mengeluarkan nanah.

    Awalnya hanya terdapat benjolan kecil menyerupai jerawat, namun saat Anda pencet atau ambil, akan mengeluarkan nanah dan terasa sangat nyeri. Ada baiknya jika mengalami hal tersebut, hilangkan kebiasaan memencet jerawat. Pasalnya kelainan kulit ini membutuhkan penanganan berbeda, jika tidak akan semakin parah.

    Benjolan yang berisi nanah tersebut adalah infeksi akibat terjadi peradangan di kelenjar keringat, setiap orang akan mengalami peradangan berbeda, namun jika di pencet dan langsung mengeluarkan nanah, maka sudah sampai peradangan kronis. Jika sudah demikian, segera bersihkan ketiak dan lakukan pemeriksaan pada dokter dan hentikan kebiasaan untuk menghilangkan benjolan dengan tangan kosong.

Ternyata ada banyak penyebab jerawat di ketiak, bahkan sebagian besar karena kesalahan sendiri. Akibat terlalu banyak gaya dengan menggunakan deodoran dan mencukur rambut ketiak, jika memang tidak percaya diri dengan bau badan. Coba jangan terlalu banyak gerak dan gunakan pakaian yang longgar, munculnya bau badan karena ketiak selalu terjepit dan produksi minyak berlebih.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply