Hidup Sendirian dan Menyewa Rumah? Terapkan 7 Kebiasaan Baik Agar Uang Bulanan Terkendali

Apakah anda seorang yang harus jauh dari keluarga, pekerja, maupun sedang menuntut ilmu sendirian? Nah, pastinya bakalan sulit kalau anda tidak bisa mengatur uang bulanan dengan baik bukan? Eits, jangan sedih dulu. Di sini anda akan mendapatkan 7 kebiasaan baik agar uang bulanan terkendali dan tidak menjadi hal yang anda sepelekan. Karena akan menjadi hal yang sulit jika di pertengahan atau akhir bulan tiba-tiba uang bulanan anda sudah menipis dan habis.

Lakukan Kebiasaan Baik ini Agar Uang Bulanan Terkendali

  1. Buat Sebuah Daftar

Agar anda bisa belajar lebih hemat, coba deh membuat sebuah daftar belanjaan. Gak bakalan sulit kok. Anda hanya perlu mebuat apa-apa saja yang sekiranya “perlu” untuk kebutuhan sebulan. Misalnya saja keperluan dapur seperti minyak goreng, gas, bayar tagihan listrik, peralatan kosmetik harian maupun peralatan mandi.

Setelah anda merinci segala keperluan bulanan maka selanjutnya lakukanlah perincian tentang kebutuhan mingguan. Ini akan lebih berat kepada makanan dan bahan makanan yang biasa anda beli setiap minggunya. Buatkan sebuah daftar yang menjadi perumpamaan dan totalkan semua harga tersebut.

  1. Anggarkan Uang Belanja Mingguan

Jika misalnya uang belanja bulanna ada adalah 1 hingga 2 juta rupiah, maka cobalah untuk menganggarkan uang mingguan terlebih dahulu. Misalnya saja anda hanya boleh berbelanja sebanyak 300 ribu setiap minggunya. Jadi cobalah patuhi anggaran mingguan tersebut agar nantinya anda tidak kelabakan di pertengahan dan di akhir bulan.

  1. Sisakan dan Tabungkan

Setelah anda mebuat sebuah naggaran belanja mingguan. Maka sebaiknya anda melakukan penabungan terhadap uang sisa. Misalnya saja anda hanya menganggarkan 300 ribu setiap minggunya, maka cobalah menyisakan setidaknya 50 ribu disetiap minggu atau berapapun yang anda mampu dan tabungkan uang sisa tersebut.

  1. Buat Sebuah Tabungan

Daripada anda harus mengeluarkan uang untuk mebeli sebuah tabungan, ada baiknya anda membuat sebuah tabungan. Caranya? Sangat mudah, kodifikasi saja botol bekas ataupun botol wadah minuman yang agak besar dan balut dengan kertas kado agar terlihat lebih indah, selain murah dan mudah dibuat ini juga akan memudahkan anda nantinya untuk mengambil kembali uang tabungan jika sekiranya ada keperluan mendadak dan mendesak.

  1. Biasakan Memasak Di Rumah

Manghabiskan waktu dengan melakukan perjalanan dimalam hari memang sangat menyenangkan, apalagi jika anda melakukan perjalanan dinner di sebuah cafe mewah. Namun, ini akan menguras banyak uang bulanan anda. Cobalah untuk menghindari jajan diluaran. Selain membiasakan diri untuk memasak dirumah dan juga berguna sebagai ketrampilan nantinya. Ini juga akan mebuat anda lebih mandiri dan tentunya anda bisa menjamin kesehatan makanan yang anda masak sendiri tersebut.

  1. Gunakan Angkutan Umum

Alih-alih menggunakan angkutan pribadi untuk berpergian, akan lebih sedikit hemat jika anda menggunakan angkutan umum, bukan? Ini juga akan mengajarkan anda akan disiplin waktu. Dimana anda harus berangkat lebih awal agar tidak terlambat kesekolah maupun kekantor jika menggunakan jasa angkutan umum tersebut.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Mendapatkan penghasilan tambahan walaupun and amasih bersatus pelajar? Bukan hal yang mustahil lagi loh. Ada banyak jenis pekerjaan yang sangat cocok bagi pelajar dan minim uang pendaftaran dan bahkan free! Misalnya saja menjadi seorang penulis lepas, yang mebantu mengerjakan pekerjaan dan tugas-tugas teman-teman anda, menjadi pengantar barang, bisnis afiliasi, reseller dan banyak lagi hal lainnya yang akan menghasilkan uang tambahan selama anda menggali ilmu pengetahuan. Bagi sang pekerja? Tentu saja masih bisa bekerja sebagai frelancer disela-sela waktu luang anda tersebut.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk menerapkan 7 kebiasaan baik ini agar uang bulanan anda lebih terkendali?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *