5 Kebiasaan Salah Ketika Diet yang Justru Membuat Gemuk

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman dan sehat. Salah satunya adalah mengikuti program pengaturan makan atau yang dikenal dengan istilah diet. Sekarang ini, ada banyak metode diet yang ditemukan, namun ada banyak orang yang secara tidak sadar melakukan 5 kebiasaan salah ketika diet yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Dengan banyaknya referensi dan metode diet yang mudah ditemukan di internet, kamu tentunya harus lebih jeli dan mengerti mana yang baik dan mana pola yang tidak baik. Kebiasaan banyak orang yang langsung menerima sebuah anjuran tanpa meneliti sumber dan menindaklanjuti kebenaran adalah hal yang memprihatikan. Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk disimak kebiasaan salah ketika diet berikut ini :

Hindari Kebiasaan Salah Ketika Diet Berikut Ini

  1. Diet Rendah Gizi

Ya, mungkin sejatinya seseorang akan berpikiran bahwa melakukan diet rendah gizi atau dengan mengurangi banyak sumber vitamin maupun mineral dan gizi penting lainnya akan membuat seseorang cepat kurus. Memang, secara kasar ini akan membuat seseorang menjadi kurus, namun yang berkurang bukanlah lemak melainkan air dan masa otot.

Otot akan menjadi atrofi atau menjadi mengecil dengan mengalami penurunan massa otot. Ini akan berbahaya dan sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Kamu akan menjadi kian lemah, sulit berkonsentrasi dan mengalami gangguan kesehatan.

  1. Hanya Mengkonsumsi Sejenis Sumber Gizi Saja

Pastinya kamu tahu ya Ladies, ada salah satu pola diet yang menyarankan kamu untuk mengkonsumsi salah satu dari sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti diet yang hanya menyuruh pengikutnya memakan sayur-sayuran dan buah-buahan saja. Pada dasarnya, semua sumber gizi diperlukan oleh tubuh, baik itu lemak, karbohidrat, protein, vitamin maupun mineral.

Jadi, jika kamu mengikuti kebiasaan salah dalam berdiet yang satu ini. Pastinya akan menyebabkan beragam gangguan tubuh walaupun bagi sebagian orang akan mapu menurunkan berat badan mereka. Karena reaksi tubuh masing-masing orang berbeda, hanya saja ini jelas bukan metode diet yang dianjurkan oleh pakar kesehatan.

  1. Diet ekstrim

Kerusakan usus hingga kematian adalah efek samping yang akan disisakan oleh metode diet ekstrim ini. Apa itu diet ekstrim? Diet yang bahkan hanya menganjurkan pengikutnya untuk makan sesedikit mungkin bahkan ada yang menganjurkan menelan kapas basah setiap harinya agar merasa lebih kenyang.

Ini biasanya dilakukan bagi para model yang ingin cepat kurus, walaupun sangat berbahaya bagi tubuh. Terapkan pola hidup sehat dan niatkan bahwa hal terpenting adalah kembali sehat dan kurus adalah bonus. Jangan terlena dengan pola-pola diet ektrim yang bisa saja membuat kamu menjadi celaka!

  1. Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah salah satu yang penting dalam pola diet untuk penurunan berat badan. Mengapa? Karena dari sarapan kita akan mendapatkan energi untuk menjalani hari dan ini akan memulai proses pembakaran didalam tubuh agar nantinya lemak-lemak juga ikut terbakar.

  1. Tanpa Olahraga

Hello ladies, jangan percaya dengan adanya “janji manis” metode diet tanpa olahraga bisa kurus dalam seminggu dan bla,bla,bla.. Tidak ada yang namanya penurunan berat badan yang tidak diselingi dengan olah raga. Kecuali juka anda hanya menginginkan penurunan air tubuh dan atrofi otot.

Olah raga sangat diperlukan dimana jika anda berhasil membangun otot-otot tubuh maka nantinya kelebihan lemak akan dibakar secara konsisten oleh masa otot ini. Menarik, bukan?

Nah, inilah 5 daftar kesalahan dalam diet yang seharusnya kamu ketahui sebelum memulai diet apapun. Ketahuilah pola dasar diet adalah pengurangan asupan kalori dan menambah aktivitas fisik (olahraga).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *