Body & Skin Care

Kenali 5 Penyebab Mengapa Alis Makin Menipis

Alis makin menipis, ini hal yang banyak tidak disadari setiap wanita. Pasalnya saat aplikasi makeup, sering kali langsung memberikan pensil alis, tanpa melihat kondisi bulu alis sebenarnya. Jika terus menerus menipis, maka bisa jadi akan hilang dan buruknya tidak akan tumbuh lagi, ini masalah serius yang bisa mengganggu kesehatan.

Jika Anda menemukan rambut halus yang rontok, ini kemungkinan dari alis. Memang awalnya hanya sedikit namun jika terjadi setiap harinya, maka bisa menyebabkan kebotakan. Bahkan beberapa wanita sudah mengalami kebotakan permanen di alisnya, padahal belum masuk usia rawan mulai dari 35 tahun ke atas.

Sebelum melakukan perawatan untuk mengatasi masalah alis makin menipis, Anda harus ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Ini menjadi pertimbangan penting, sehingga bisa memilih treatement yang tepat dan jangan hanya mengikuti trend. Selain itu, sesuaikan dengan jenis kulit.

5 Penyebab Kenapa Alis Makin Menipis

penyebab alis makin menipis

Sumber : palembang.tribunnews.com

  1. Pemakaian Makeup

    Hampir setiap harinya Anda menggunakan makeup, memang tidak terlalu tebal karena hanya akan pergi ke kantor. Namun ini memberikan dampak negatif pada kulit jika tidak dilakukan perawatan secara rutin, terutama di bagian alis. Sudah jelas, Anda akan membuat garis alis lebih tegas dan ini membutuhkan bantuan kosmetik lainnya.

    Gesekan pensil alis ternyata bisa membuat alis tercabut, apalagi jika terlalu keras ini akan membuat akar rambut halus di alis semakin rentan, terlebih pada jangka panjang. Karena mudah rontok dan rapuh, banyak wanita kini memilih peel off eyebrow tattoo, tujuannya agar alis tetap terlihat sempurna tanpa perlu penataan setia harinya.

  2. Over Plucking

    Plucking merupakan teknik paling dasar untuk merapikan alias, biasanya bentuk alis Anda tidak ideal, terlalu lebat di salah satu sisi namun kosong di sisi lainnya. Sehingga perlu di rapikan, namun jangan sampai mencabut bulu alis, karena sulit tumbuh kembali, apalagi jika sudah sampai tahap kerontokan maka sulit mengatasinya.

    Baca juga : Sering Lupa Nama Orang Yang Baru Dikenal, Ini Alasannya!

    Jika mendapati alis makin menipis, maka hilangkan kebiasaan mencabut bulu alis yang tidak presisi, jangan menggunakan ujung plucking yang terlalu runcing, ini membuat akar rambut alis menjadi rentan tercabut. Selain itu, gunakan pensil alis tipis saja sehingga tidak mengganggu pertumbuhan alis secara normal.

  3. Kelenjar Tiroid

    Jika Anda mengalami kelainan kelenjar tiroid, maka bisa jadi akan membuat rambut mengalami kerontokan. Jika tidak terjadi pada mahkota di kepala, bisa jadi ini akan dimulai dari rambut alis. Sehingga Anda akan melihat alis makin menipis, hal ini karena terjadi perubahan produksi kelenjar tiroid.

    gambar alis makin tipis

    Sumber : haloterong.com

    Untuk melihat apakah ada masalah dengan kelenjar tiroid yang menyebabkan alis mengalami kerontokan, coba letakkan pensil alis vertikal dan lihat ujungnya. Jika mengatakan mengarah ke kanan dan itu ke lantai, maka aman. Jika tidak, maka coba konsultasikan pada dokter, karena gangguan tiroid bukan hal mudah.

  4. Usia Semakin Menua

    Anda tidak bisa pungkiri seiring berjalannya usia, semua fungsi tubuh akan mengalami penurunan. Mulai dari produksi hormon berkurang, hingga tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik. Kerontokan rambut jadi hal yang tidak bisa dihindarkan, maka jangan heran jika melihat alis makin menipis. Ini bukan karena masalah apapun, namun soal usia,

    Ada baiknya untuk menghindari kerontokan yang semakin parah, konsumsi makanan sehat, rubah pola hidup sehat dan juga pastikan kulit tidak dehidrasi. Caranya sangat mudah, minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya, karena air akan menjadi moisturizer paling bagus untuk kulit, sehingga tidak lagi terasa kering dan pecah-pecah.

  5. Stres

    Ini faktor penyebab alis makin menipis, bukan soal usia saja, namun stres berkepanjangan, bahkan setiap harinya akan memengaruhi kondisi tubuh. Anda bahkan akan merasa produksi hormon tidak lagi stabil, dimana pertumbuhan bulu alis semakin lambat dan akhirnya mengalami telogen effluvium. Ini kondisi yang sudah tidak wajar dan menyebabkan kerontokan parah.

    Tandanya, jika terjadi kerontokan yang semakin parah, tidak terkendali dan jumlahnya meningkat setiap harinya. Dimana folikel rambut tidak bisa berperan aktif karena mendapatkan perintah yang salah dari otak, inilah yang menyebabkan kondisi alis semakin parah. Bahkan ada juga yang sudah mengalami kebotakan alis secara dini, namun berhasil ditutupi dengan bantuan makeup.

Alis memang jadi penyempurna penampilan, jika terjadi masalah kerontokan sehingga membuat alis makin tipis. Sebaiknya dilakukan perawatan, cukup mudah. Pastikan tidak menggunakan makeup terlalu keras untuk membuat alis, gunakan minyak penumbuh rambut, biasanya terbuat dari bahan kemiri sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply