Body & Skin Care

Kenali 5 Tanda Kulit Stres, Mulai Lakukan Perawatan!

Apakah Anda memperhatikan perubahan yang terjadi pada kulit? Sudah pernah dengar adanya tanda kulit stres? Nah, ini banyak terjadi pada wanita muda yang bekerja sepanjang hari, tekanan yang tinggi dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Membuat stres bisa datang kapan saja, bukan hanya pikiran dan kesehatan, namun juga soal kulit.

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi seseorang mengalami stres, salah satunya masalah pekerjaan yang dibawa ke rumah. Maka dari itu, mulailah membuat komitmen untuk menyelesaikan semua urusan kantor di tempatnya dan tidak akan membawa kemana pun, ini untuk mengurangi dampak stres. Bagaimana jika kulit yang mengalami stres?.

Ada banyak tanda kulit mengalami stres, mulai terasa kering, kusam hingga adanya bintik merah yang bisa mengarah pada iritasi. Ini disebabkan oleh banyak hal, pola hidup yang tidak sehat, makan makanan cepat saji  hingga terkena paparan sinar matahari. Sebelum lebih parah, kenali kulit Anda, jangan sampai mengalami stres.

5 Tanda Kulit Mulai Alami Stres

tanda kulit stres

Sumber : batam.tribunnews.com

  1. Kulit Terasa Lebih Kering

    Anda bisa jadi tidak memiliki jenis kulit kering, namun akhir akhir ini menemukan kulit dalam kondisi kering. Padahal tetap menggunakan perawatan yang sama dan tidak mengubah sabun yang digunakan setiap harinya, bisa jadi ini tanda kulit mulai stres. Hal ini karena bisa dipengaruhi terjadinya penurunan kelembapan kulit.

    Terjadi peningkatan hormon kortisol, ini akan meningkat jika otak mendapatkan banyak tekanan dan akibatnya kulit terasa lebih kering. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan garis halus tanda terjadinya penuaan dini. Solusinya, coba gunakan skincare cleanser yang aman, sesuaikan dengan pH alami atau rendah, ini efektif untuk mengembalikan kelembapan kulit.

  2. Muncul Garis Halus Memicu Keriput

    Kondisi kulit memang akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, namun ada banyak cara dilakukan untuk mencegah timbulnya garis halus yang jadi penanda penuaan dini. Hal ini banyak disebabkan tekanan tinggi dan membuat Anda stres, dimana kulit akan kehilangan nutrisi dan terasa sangat kering.

    Baca juga : Cerahkan Kulit Dengan 4 Masker Buatan Sendiri Dari Alam

    Hal ini juga dipengaruhi karena produksi kolagen dalam kulit semakin menurun, sehingga membuat elastisitas kulit menurun. Solusinya, coba gunakan pelembap khusus dengan kandungan anti oksidan dan retinol, ini akan merangsang produksi elastis dan kolagen, sehingga bisa mengembalikan kondisi kulit, terasa lebih kenyal dan lembut.

  3. Adanya Bintik Merah

    Banyak yang mengira bintik merah yang ada di wajah itu jerawat baru, ternyata bukan itu saja. Bisa jadi merupakan tanda kulit mengalami stres, ini memang agak sedikit berbeda karena bintik merah akan terasa sakit jika tersentuh bahkan saat bergesekan dengan pakaian. Bintik merah ini bahkan tidak hanya muncul di wajah, bisa juga di lengan, leher hingga punggung dan rasanya sangat gatal.

    tanda kulit mengalami stres

    Sumber : medium.com

    Bisa jadi saat stres, kulit mengalami Neurodermatitis, ini kondisi kulit mengalami gatal karena adanya masalah dari internal, kali ini kasusnya stres. Ini tidak hanya muncul di bagian wajah, namun bisa dimana saja. Cara mengatasinya, bisa taburkan bedak anti gatal yang dijual bebas. Jika semakin gatal dan bintik merah membesar, periksakan ke dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit.

  4. Mata Panda

    Ini bukan hal baru, bahkan hampir semua orang mengalaminya. Anda harus tahu, ternyata mata panda itu juga termasuk tanda kulit mengalami stres. Hal ini terlihat di bagian bawah mata menggelap dan menggantung, awalnya memang biasanya saja. Namun jika dibiarkan begitu saja, bahkan parahnya ditutupi makeup, bisa mengalami bengkak.

    Cara mengatasinya, coba gunakan handuk dingin atau gunakan masker es batu. Ini akan menurunkan suhu di sekitar mata, sehingga bengkak yang berkurang. Setelah itu bisa menggunakan krim mata. Pastikan dulu bengkak hilang, sebelum menggunakan serum atau skincare apapun, karena dikhawatirkan akan mengalami bengkak lebih parah.

  5. Terlalu Sering Berjerawat

    Wajar memang muncul jerawat satu dua, sebelum bahkan sesudah menstruasi, namun jika terus menerus dan jumlahnya banyak, Anda tentu akan sangat kesal. Ternyata ini merupakan tanda kulit mengalami stres, dimana kelenjar sabasea akan menghasilkan minyak lebih banyak dan memicu timbulnya jerawat berlebih.

    Solusinya, perbaiki jam istirahat dan hentikan penggunaan gadget berlebih. Pastikan Anda mendapatkan istirahat total, selain itu jangan lupa membersihkan wajah, jika bisa setelah penggunaan makeup secara langsung. Minimal sebelum tidur, wajah harus sudah bersih dari makeup. Untuk siang hari, coba gunakan sunscreen, ini akan membersihkan sekaligus melindungi kulit dari jerawat.

Jadi bisa dipastikan gangguan kulit bukan hanya soal jerawat, karena bisa jadi tanda kulit mengalami stres. Ini yang harus Anda kenali dengan baik, jika perawatan wajah masih dilakukan dan kulit terjadi perubahan buruk, sebaiknya konsultasi ke dokter atau mengubah pola hidup sehat. Pastikan mendapatkan istirahat cukup, minimal 7 jam setiap harinya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply