Lifestyle

Kenali 5 Tanda Akan Segera Dipecat Dari Pekerjaan Sekarang

Dipecat dari pekerjaan mimpi buruk bagi setiap karyawan, hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi jika sedang mengalami penurunan kinerja, bahkan saat mendapatkan teguran dari atasan tidak diindahkan sama sekali, maka bisa jadi keputusan final tersebut akan menimpa Anda. Namun biasanya sudah ada tanda akan pemecatan tersebut, Anda harusnya bisa lebih peka.

Karyawan akan dipecat biasanya sudah terlihat tanda-tandanya, mulai dari sering kali ditegur atasan dengan semua pekerjaan. Bahkan ini terjadi berulang kali, karena Anda tidak mengindahkan teguran dan instruksi dari atasan. Bisa juga terjadi karena perkembangan zaman, dimana teknologi sekarang sudah mulai menggantikan fungsi manusia dan hasilnya lebih bagus.

Hal ini tentu akan membuat Anda waspada bukan, maka dari itu sebelum pemecatan ini terjadi. Ada baiknya peka dengan tanda-tanda akan dipecat, sehingga tidak kaget dan punya kesempatan memikirkan pekerjaan baru. Jangan sampai harus menganggur dan tidak punya pendapatan sama sekali di bulan mendatang.

5 Tanda Akan Dipecat Dari Pekerjaan

tanda akan dipecat

Sumber : erabaru.net

  1. Perusahaan Mulai Cari Kesalahan

    Anda sudah mengerjakan jobdesk dengan baik, namun kenapa atasan selalu ingin mencari kesalahan. Coba lihat lagi kondisi keuangan perusahaan saat ini, bisa jadi akan ada perampingan karyawan, sehingga perusahaan nampaknya mulai mencari-cari kesalahan setiap karyawannya. Hal ini memang tidak sehat, namun sudah banyak buktinya.

    Jika hal tersebut mulai terjadi dan sudah memakan korban, cara untuk terhindar dari pemecatan tersebut, cobalah perbaiki kinerja pekerjaan, jangan menunda semua pekerjaan dan buatkan bukti jika Anda selama ini bekerja dengan baik. Perusahaan tidak akan punya cukup bukti untuk membuat Anda dipecat dari pekerjaan sekarang ini.

  2. Zero Job

    Anda sebelumnya melakukan kesalahan berulang kali, sehingga pekerjaan di berikan pada karyawan lain. Bahkan bisa dalam satu hari, Anda tidak mengerjakan apapun, hanya disuruh-suruh saja oleh atasan. Ini biasanya tanda kuat akan segera dipecat, pasalnya jobdesk Anda sudah dilakukan orang lain dan tidak mungkin kembali.

    Baca juga : 4 Alasan Kenapa Anak Bungsu Selalu Lebih Sukses Dari Saudara Lainnya

    Jika hal ini terjadi, maka bersiap dengan kemungkinan pemanggilan dan bulan depan akan jadi penerimaan gaji terakhir. Ini semua memang cukup menyakitkan, namun bisa jadi kesalahan yang Anda lakukan sebelumnya cukup fatal sehingga membuat perusahaan mengalami kerugian besar. Tenang saja, masih ada gaji dan pesangon yang harus dibayarkan, ini bisa jadi modal mencari pekerjaan baru atau memilih membuka usaha baru.

  3. Perang Dingin Dengan Atasan

    Hubungan baik antara karyawan dan atasan memang harus terjalin, bisa jadi Anda tidak berada di departemen yang sama, namun masih dalam satu lingkungan kerja. Jangan sampai nantinya dipecat hanya karena satu atasan tidak menyukai Anda, bahkan parahnya ini secara personal bukan soal pekerjaan.

    kenali tanda akan dipecat

    Sumber : maxmanroe.com

    Ada baiknya untuk bersabar berhadapan dengan atasan, apalagi untuk perempuan yang sering kali cerewet dan banyak maunya. Ingat saja, jika Anda hanya bekerja dari jam 8 pagi hingga 4 sore, sisanya tidak perlu berhadapan lagi. Weekend juga milik Anda sepenuhnya, sehingga tidak perlu lagi terkekang dan bisa bekerja dengan santai.

  4. Selalu Mendapat Kritikan

    Kode keras karyawan akan segera dipecat, Anda akan selalu mendapatkan kritik pada semua pekerjaan dan ini memang jadi kesalahan Anda. Bahkan sudah banyak mendapatkan instruksi langsung, namun tidak bisa menangkap apa yang diinginkan atasan dengan baik. Jangan melawan, posisi Anda di bawahnya dan tidak akan bisa menang.

    Jika memang sudah tidak tahan dengan atasan, sebaiknya minta pindah pada bagian yang lain dan tidak usah berurusan setiap harinya. Bisa juga lebih ekstrem lagi, jika Anda pindah pekerjaan saja. Cara atmosfer kerja yang baru, ini akan membuat Anda bisa lebih baik lagi dan tidak mengalami tekanan terus menerus selama bekerja.

  5. Jobdesk Selalu Berubah

    Anda tidak selalu bekerja di posisi yang dilakukan sebelumnya, kadang pindah ke departemen A, besok bisa pindah ke departemen B. Ini bisa jadi tanda Anda akan dipecat, pasalnya tidak memiliki jobdesk tetap karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan baik. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang sulit bekerja sama dan ingin menang sendiri, hasilnya tidak bisa bekerja di perusahaan.

    Bisa juga Anda harus mengerjakan semua tugas, karena terlalu baik dengan menawarkan bantuan pada orang lain. Ingat, Anda juga punya jobdesk sendiri. Semua orang punya pekerjaan, kenapa tidak dikerjakan sendiri, jika sulit bisa minta bantuan bukan dikerjakan Anda dan membebani kinerja. Atasan tidak akan suka dengan sifat sok pahlawan kesiangan seperti ini.

Saat nantinya Anda dipecat, jangan menangis. Bisa jadi ini merupakan awal baru, boleh juga ini waktunya untuk mengembangkan usaha yang sebelumnya hanya direncanakan saja. Memulai dari awal bukan hal sulit, jika mau usaha dan kerja keras. Sebaliknya, jika ingin melanjutkan karir maka cari pekerjaan yang lebih baik.

Baca Juga:  5 Tanda Belum Siap Untuk Kembali Menjalin Hubungan Cinta

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply