Body & Skin Care

Kenali Tubuh Kekurangan Vitamin, Bukan Cuma Kurang Fokus!

Pernah mengalami kondisi tiba-tiba pusing, tak bertenaga dan lemas mendadak? Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan vitamin, bukan hanya karena lapar atau kurang istirahat. Kondisi ini bisa terjadi setelah makan sekalipun, bahkan setelah olahraga. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami hal serupa.

Hal ini memang bisa terjadi pada siapa pun, dimana menandakan kondisi tubuh sedang tidak sehat. Biasanya terjadi di saat perubahan cuaca, berada di tempat baru atau tidak menerapkan pola hidup seimbang. Tapi, setiap orang memiliki ketahanan tubuh berbeda, jadi belum tentu akibat kekurangan vitamin.

Jangan berpikiran negatif terlebih dahulu, dikutip dari curiosity.com, dimana menyebutkan beberapa kondisi tubuh kekurangan vitamin. Ini bisa jadi panduan tepat untuk mengenali tubuh dengan baik, bisa juga untuk wanita yang sedang menerapkan program diet. Agar tubuh tetap sehat dan tidak mengalami perubahan yang mengarah pada hal negatif.

4 Kondisi Saat Tubuh Kekurangan Vitamin

ciri tubuh kekurangan vitamin

Sumber : hthayat.haberturk.com

  1. Sering Sariawan

    Ini penyakit gigi yang paling sering dan ringan, banyak orang mengetahui jika terkena sariawan akibat kekurangan vitamin C, sehingga langsung konsumsi vitamin C dosis tinggi, namun kebanyakan langsung sembuh. Ternyata anggapan ini salah, pasalnya sariawan merupakan kondisi tubuh kekurangan vitamin B12 atau bisa dibilang B12 dalam tubuh berada di tingkat rendah.

    Jika konsumsi vitamin C, buah-buahan dan sayuran hijau saja sudah sembuh, maka tidak ada masalah. Namun jika benjolan masih ada, meskipun tidak lagi terasa sakit, sebaiknya periksakan diri ke dokter, bisa langsung ke dokter gigi atau minimal dokter umum. Pasalnya beberapa kondisi bisa menyebabkan penyakit lebih serius, seperti kanker mulut.

  2. Muncul Tanda Kemerahan

    Ini banyak diartikan sebagai alergi tapi kenapa tidak terasa gatal, bahkan saat di garuk juga tidak menyebabkan apapun. Kondisi ini terjadi karena keratosis pilaris, dimana tubuh kekurangan vitamin sehingga mengalami kemerahan. Biasanya terjadi pada mereka yang tidak menjaga pola makan, apalagi untuk anak-anak yang tidak suka makan sayur.

    Hal ini akibat kekurangan vitamin A dan seng, sehingga tubuh akan mudah terserang gatal, meskipun tidak terasa gatal dan ada keinginan untuk mengaruk. Gangguan tersebut bisa hilang sendiri, asalkan mendapatkan asupan makanan sehat dan vitamin yang dibutuhkan, coba lebih banyak makan sayur dan buah segar.

  3. Masalah Rambut dan Kulit Kepala

    Sering kali mengalami gatal dan saat di garuk terdapat sisa putih yang banyak disebut ketombe, hal ini ternyata akibat kekurangan vitamin. Apalagi jika rambut tiba-tiba beruban cukup banyak, bukan hanya berkaitan dengan usia, melainkan rambut dan kulit kepala mengalami kekurangan zat besi, ini juga bisa jadi tanda anemia.

    rambut gatal tanda tubuh kekurangan vitamin

    Sumber : alodokter.com

    Dalam kondisi tubuh kekurangan vitamin, biasanya rambut akan lebih rapuh, karena kekurangan vitamin B. Ini banyak terjadi saat kekurangan folat dan biotin,  namun jika kulit kepala terasa gatal, ini terjadi akibat kekurangan vitamin A dan C. Solusinya lebih banyak konsumsi buah dan sayur, selain itu pastikan membersihkan rambut secara rutin.

  4. Lelah Tanpa Sebab

    Ini tanda tubuh kekurangan vitamin yang banyak dirasakan anak milenial sekarang ini, pasalnya tidak melakukan aktivitas luar ruangan yang berat tapi sering lelah. Ini terjadi akibat kejurangan vitamin D, secara alami bisa didapatkan langsung dari sinar matahari, maka dari itu penting sekali keluar ruangan setiap harinya, minimal terkena sinar matahari setiap pagi sebelum pukul 9 pagi.

    Baca juga : 3 Cara Alami Hilangkan Mendengkur Saat Tidur

    Kelelahan yang terjadi akan menyebabkan penurunan nafsu makan, mudah mual dan muntah, bahkan sering mengalami sakit kepala hingga anemia. Gejala awal memang bisa diatasi dengan mudah, namun jika terus berlanjut, sekalipun sudah konsumsi vitamin cukup, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

Ada banyak penyebab tubuh kekurangan vitamin, namun gejala tubuh terasa lemah tanpa kejelasan kini banyak terjadi. Mulai dari terlalu jarang terkena sinar matahari, pola makan yang asal kenyang hingga tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Ada baiknya seimbang saat kerja, sehingga kondisi tubuh tidak mengalami penurunan secara mendadak.

Baca Juga:  Cara Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Beraktivitas

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply