manfaat minum air putih sebelum makan
Body & Skin Care

Kenapa Harus Minum Air Putih Sebelum Makan ?

Tubuh membutuhkan air putih minimal 2 liter setiap harinya, jika tida tubuh akan mengalami dehidrasi, kurang fokus dan menyebabkan penuaan dini. Sebelumnya banyak yang mengatakan jangan minum air putih sebelum makan, padahal ada banyak manfaat di dalamnya. Ini sebuah kebiasaan yang harus dirubah, untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Dimana para ahli mengatakan jika minum air putih bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya sebelum makan. Meskipun ini menyebabkan perut akan mudah kenyang, namun ada kebaikan di dalamnya. Hal serupa dilansir dari self.com, dimana turut membenarkan hal tersebut dan sebaiknya dilakukan setiap harinya.

Apa sebenarnya manfaat minum air putih sebelum makan, apakah menunda lapar, bisa membuat perut mudah kenyang atau memiliki manfaat lain untuk kulit dan tubuh. Ada baiknya cari tahu dan mendapatkan manfaat maksimal dari konsumsi air putih secara rutin, apalagi di waktu yang tepat, jangan sampai terlewatkan.

Manfaat Lebih Minum Air Putih Sebelum Makan

biasakan minum air putih sebelum makan

Sumber : shared.com

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

    Merasa kurang percaya diri dengan berat badan yang lebih dari patokan ideal, padahal masih merasa nyaman saja dengan tubuh sekarang. Apakah ini tanda perlu melakukan program diet? Hal yang tidak disukai semua orang, pasalnya pola makan sangat ketat diatur demi bisa menurunkan berat badan, percayakah jika minum air putih dapat membantu.

    Apalagi jika minum air putih sebelum makan, hal ini akan membuat lambung cepat penuh dan menghentikan makan karena sudah merasa kenyang. Sehingga tidak akan makan dalam jumlah banyak, karena memang tubuh tidak membutuhkan kalori cukup banyak setiap harinya. Cara ini dirasa cukup membantu dan tidak membatasi pola makan.

    Hanya perlu menambah jatah minum air putih saja, ini juga baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Pasalnya kulit akan terasa lembap dan tidak mudah dehidrasi, air putih juga bisa memberikan ilusi cepat merasa kenyang tanpa harus banyak makan. Namun titik kenyang ini tidak akan berlangsung lama, karena air mudah larut dalam tubuh.

    Ada baiknya minum air putih sebelum makan, sehingga bisa kontrol jumlah makanan yang masuk ke perut. Selain itu, bisa mengatasi masalah terlalu lapar akibat melewatkan jam makan, ini akan memicu keinginan untuk makan lebih banyak dan akhirnya merasa kekenyangan dan menyebabkan kantuk. Ada baiknya, minum air putih dahulu saat perut dalam kondisi kosong.

  • Air Putih Baik Untuk Kulit

    Hampir semua bagian tubuh tersusun oleh air, jika kekurangan asupan air maka akan menyebabkan dehidrasi yang akan membuat kulit kering dan mudah mengalami penunaan dini. Bukan itu saja, minum air putih lebih banyak akan memperbaiki kondisi kulit, bahkan bisa menjaga kelembapan kulit secara alami.

    kebaikan minum air putih sebelum makan

    Sumber : aox.com.sg

    Ini bisa jadi detoks yang akan mengeluarkan racun dalam tubuh, menjaga aliran darah tetap stabil dan membantu merangsang pertumbuhan sel baru. Bahkan dapat membantu mengeluarkan tumpukan sel kulit mati, ini akan membuat kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya. Minum air putih sebelum makan akan memberikan banyak kebaikan untuk kulit, bahkan bisa membuat kulit awet muda.

  • Tambahan Energi

    Siapa bilang air putih hanya minuman yang bisa menghilangkan rasa haus sesaat saja, ini juga bisa mengatasi masalah dehidrasi dan kulit menjadi kering. Kenapa penting minum air putih setiap harinya? Karena bisa menjadi tambahan energi, meskipun minum air putih tanpa tambahan apapun. Ini akan membuat sistem imun tubuh dapat berfungsi baik.

    Baca juga : 4 Cara Mudah Hilangkah Bau Di Rambut

    Bukan itu saja, beberapa organ tubuh juga mendapatkan kebaikan dari minum air putih sebelum makan. Ini akan membuat air ludah dapat di produksi lebih banyak, lebih lancar sistem pencernaan dan tanpa diduga bisa menjadi tambahan energi. Bahkan disarankan, minum air putih dahulu sebelum makan saat perut dalam kondisi kosong.

Ini bukan lagi mitos dan waktunya berhenti percaya jangan minum air putih sebelum makan, tapi batasi jumlahnya, karena air akan membuat perut mudah kenyang. Namun ini bagus untuk perempuan yang sedang menjalankan program diet, ada baiknya hanya minum air putih saja tanpa tambahan apapun, karena bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

Baca Juga:  Tips Pemilik Rambut Keriting Agar Bangun Tidur Tanpa Kusut

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply